Sabtu, 01 Januari 2011

TEBAK KARAKTER LEWAT SHIO


DIBALIK PERSETERUAN TIKUS DAN KUCING
            Astrologi yang biasa kita kenal dipengaruhi oleh rasi bintang. Watak seseorang, keberuntungan, jodoh dan pantangannya pun sering dikaitkan dengen zodiak. Namun Cina memiliki penanggalan berbeda. Mereka menyebutnya shio yang diambil dari bahasa dialek Hokkian, sheshio. Sistem penanggalannya menggunakan hewan untuk melambangkan dua belas cabang bumi.  Bagaimana misteri di balik penentuan urutan shio yang dikaitkan dengan tahun kelahiran?
            Konon, ketika manusia belum mengenal waktu, mereka kebingungan memikirkan  cara memberi tanda waktu yang sudah mereka lalui. Sang Dewa Langit pun kasihan. Beliau turun menemui seluruh binatang yang ada di bumi, sekaligus mengumumkan sayembara akan dipilih 12 jenis binatang yang dijadikan raja setiap tahun sekali. Syarat lomba? Mereka harus bisa menyeberangi sungai menuju istana dewa. 
            Sebelum pertandingan digelar, kucing dan tikus berunding. Mereka sepakat, bekerjasama dengan kerbau. Akhirnya, perlombaan pun dimulai. Saat menyeberang sungai, tikus dan kucing dibantu kerbau. Namun sayangnya, tikus licik. Dia mendorong kucing ke sungai, ketika mereka sedang berada di tengah-tengah sungai. Kucing pun gagal, kembali ke daratan. Sedangkan keculasan tikus berlanjut… Ketika mendekati garis finish, dia melompat dari punggung kerbau. Otomatis, dia menjadi binatang pertama yang masuk finish. Akhirnya, sesuai janji raja, urutan hewan yang masuk garis finish dijadikan urutan shio, diawali dengan tikus, kerbau dan seterusnya.
Percaya atau tidak, tikus sampai sekarang takut setiap kali bertemu dengan kucing.Mungkin ingat kecurangan yang dilakukan nenek moyang mereka kali ya…  Masing-masing shio ini juga dianggap mewakili sifat dasar manusia yang lahir pada waktu urutan mereka. Legenda Cina pun percaya, sifat manusia tercermin dalam sifat 12 binatang ini. Gimana saja karakter, jodoh dan tokoh yang mewakili shio mereka? Kita lihat saja:

Tikus
Tahun kelahiran 1912, 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, 2020
            Binatang pengerat ini memang ditakuti karena dianggap suka membawa penyakit. Kediamannya di selokan, tempat sampah, kumuh. Namun bila dikaitkan dengan astrologi Cina, binatang ini menjadi simbol shio yang membawa keberuntungan. Penghibur yang baik, pandai membawakan diri, suka melestarikan tradisi yang sudah ada dan cerdas. Setiap ada masalah, geraknya cepat. Dia pandai mencari jalan keluarnya, tanpa banyak ribet.
            Sesuai sifat alami tikus yang lucu, sahabat yang baik dan menyenangkan, pemilik shio tikus juga terkenal baik, ramah, tidak suka membeda-bedakan teman-temannya dan ringan tangan.  Feelingnya tajam. Dia tahu, oeang-orang di sekitarnya sedang bahagia atau sedih.
            Sisi negatifnya, shio ini juga sering lupa diri soal uang. Dia mudah terlena oleh kebendaan, sehingga tidak pandai menyusun skala prioritas dalam hal keuangan. Alias, sering kebobolan.  Dua sisi mata uang yang berbeda. Tikus mudah sekali dicintai, namun sisi lain sebagai rekan kerja yang suka teledor jika sudah berkaitan dengan nominal, dia bisa sangat dibenci. Pasangan yang cocok untuknya: naga atau monyet.  Public figure yang bershio tikus, antara lain: George HW Bush, Antonio Banderas, Zinedine Zidane, Gwyneth Paltrow.

Kerbau
Tahun kelahiran: 1901, 1913, 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009
            Pas banget dengan penampilan kerbau…Pemilik shio ini keras kepala, agak emosional alias gampang marah, perfeksionis, namun dia juga pekerja keras dan jujur. Kerasnya mereka membuat orang-orang di sekitarnya suka merasa terlalu diawasi dan ditekan, untuk hasil sempurna. Padahal maksud hati kerbau, positif. Irama kerjanya saja yang kadang dirasakan terlalu cepat, bagi semua partner kerjanya.
            Karakternya yang kuat memang mendukung kerbau menjadi pemimpin. Dia memiliki perencanaan hebat dan detail. Setiap pekerjaannya selalu terencana, sempurna. Targetnya tinggi. Mereka tidak pernah lelah menghadapi kegagalan. Hal kecil sedetail apa pun tidak pernah mereka lewatkan.
            Keseriusan kerbau dan keras hatinya, membuat dia dianggap kurang bergaul. Sangat introvert, malah… Parahnya lagi, mereka cuek sekali dengan pendapat orang lain. Mereka tidak khawatir dianggap jelek. Sebenarnya sih, kerbau suka merasa tertekan dan kesepian. Obat ampuh untuk mengembalikan keceriaannya ya…keluarga. Buat dijadiin pasangan hidup, pemilik shio kerbau penyayang, sabar dan sangat melindungi. Dia boleh dipercaya kesetiaannya.  Pasangan yang cocok untuk Kerbau adalah Ular atau Ayam. Selebriti yang bershio kerbau, seperti: Meg Ryan, Jim Carrey dan Anthony Hopkins.

Macan
Tahun kelahiran 1938, 1950, 1962,1974, 1986, 1998
            Pemilik shio ini mempunyai bakat menjadi pemimpin. Tegas, pandai membagi tugas dan mencari solusi dalam menghadapi tiap masalah. Meskipun mereka friendly dan suka berteman, tapi dia juga suka menyendiri. Ambisinya besar untuk menjadi yang terbaik. Nggak heran, bila seorang bershio macan bisa menghabiskan sebagian hidupnya hanya untuk pekerjaan.
            Hatinya sebenarnya baik. Hangat dan menyenangkan. Dia juga tidak segan menolong dan membela siapa pun yang dia anggap benar. Keras dan gahar, tapi baik hati. Masalahnya, dia juga memiliki kemampuan mengecoh orang-orang di sekitarnya. Moodynya sulit ditebak. Si macan, bisa marah kapan pun bila ngerasa tersinggung atau terdsak. Mereka bisa nekad dan nggak menggunakan basa basi lagi. 
            Kelembutan dan kesabaran, dia butuhkan. Apalagi soal kesetiaan, nomer satu… Pasangan yang bisa nyambung dengannya, musti bersabar dengan keras kepalanya. Kadang kelakuan ekstremnya, juga bikin mereka yang ada di dekatnya, kabur. So, pasangan yang cocok untuknya, kuda atau anjing.  Seleb atau tokoh yang bershio macan, seperti: Tom Cruise, Leonardo DiCaprio, Ratu Elizabeth II, dan Stephen Chow.

Kelinci
Tahun kelahiran:  1939, 1951, 1963, 1975, 1987,
            Simbol shio ini memang binatang yang imut, lucu, lincah, dan menggemaskan. Aslinya nih, mereka yang bernaung di bawah shio ini pemalu dan atraktif. Kelakuannya kadang mirip kelinci. Suka berteman dan memiliki keluarga besar. Nalurinya selalu menjaga orang-orang yang dia sayang, besar. Karena besarnya, dia bisa sangat posesif, meski romantis dan sensitif. Dia juga sering merelakan dirinya sendiri, demi keselamatan dan kebahagiaan orang lain. Untung saja, kebaikannya itu selalu mendapat balasan positif. Kapan dan di mana pun mereka berada, selalu banyak yang mendukung.
             Kelihatannya santai dan always ceria. Tapi sesungguhnya, kelinci shio yang mudah patah semangat. Dia butuh orang yang setiap saat bisa menyakinkannya. Tanpa dukungan itu, dia mudah gagal. Lembut hatinya, membuat pemilik shio ini gampang sedih,  menyerah ketika diajak adu argumen dan pesimis. Agak lamban dan membuang-buang waktu, setiap menghadapi konflik. Dia lebih suka mengulur waktu daripada menghadapinya langsung.
            Pemilik shio ini membutuhkan mitra kerja yang jujur dan idealis. Karena dia mudah sekali dimanfaatkan orang. Nggak tegaan dan pemaaf. Meski jelas-jelas dimanfaatkan, dia bisa dengan mudah memaafkan. Kelembutan hatinya juga membuat si kelinci lebih suka berdiam diri di rumah, berkumpul bersama orang-orang yang dia sayangi, daripada jalan nggak jelas dengan rekan-rekan kerjanya di luar.  Pasangan yang cocok untuknya: babi dan kambing.  Selebriti bershio kelinci, seperti:  Brad Pitt, Michael Jordan,  Angelina Jolie, dan Jet Lee

Naga
Tahun kelahiran  1940, 1952, 1964, 1976, 1988.
            Kabarnya, pemilik shio naga ini merupakan shio yang selalu menemui keberuntungan dalam hidupnya. Tangguh dan pantang menyerah ketika menghadapi masalah. Cerdas, murah hati, tetapi keras kepala. Semua keinginannya, musti terwujud. Positifnya, mereka juga memiliki kharisma, selalu menjadi pusat perhatian di mana pun dia ada, serta jago banget mempengaruhi orang lain untuk mengikuti kemauannya. Dia bukan pendengar yang baik, namun dia mampu membuat orang lain betah berlama-lama untuk memperhatikan apa yang dia omongin. Nasehatnya selalu dipercaya, ampuh.
            Sisi lain, ego naga besar. Bakat alaminya untuk menjadi penguasa, besar. Baginya, kekuasaan utama. Oportunis. Uang bukan segalanya, tapi kekuasaan mutlak. Mereka tidak pernah mau berada dalam posisi kalah.
            Sebagai pemimpin, orang nomor satu dalam komunitasnya, pemilik shio naga tahu betul bagaimana menjadi pejuang yang baik. Dia tidak segan, jatuh bangun hanya untuk menggapai obsesinya. Hati-hati bila mengajak mereka berkompetisi! Mereka bisa membakar kamu, habis. Keberhasilan dan kepemimpinan yang selalu dia pegang, membuat naga sulit toleransi dan suka mengampangkan masalah. Padahal dia perlu banyak belajar dari hal kecil yang bisa menjadi besar…
            Pasangan cocok untuk naga, monyet atau tikus.  Soal cinta, pemilik shio ini pandai membuat lawan jenisnya tergila-gila. Namun ketika mereka mulai benar-benar jatuh cinta, kemauan keras si naga, susah banget ditentang. Ya, namanya juga waktu pendekatan. Kelihatannya mulus dan baik, setelah itu…Public figure yang bershio naga:  Bruce Lee, Keanu Reeves, Sandra Bullock, dan Ronaldo. 

Ular
Tahun kelahiran  1941, 1953, 1965, 1977, 1989.
            Serem… geraknya gesit, patokannya mematikan. Namun itu hanya binatang aslinya yang tinggal di alam bebas. Namun sesungguhnya shio ular pandai berdiplomasi, sangat supel dan populer. Meski introvert, dia punya rasa sosial yang tinggi. Instingnya soal bisnis, tajam. Soal uang, selalu menemui keberuntungan. Standar hidupnya pun tinggi. Mereka pandai mengelola uang mereka. Waktu kosongnya mereka habiskan dengan membaca buku atau duduk di depan televisi. Ya, pemalas. Padahal mereka tidak berdiam diri. Mereka suka menganalisa apa pun yang akan mereka kerjakan. Nggak gegabah!
            Hati-hati, bila kamu termasuk pacar yang posesif. Dia pandai menggoda lawan jenisnya. Sedikit pecemburu dan instingnya kuat. Dia tidak suka bergantung pada orang lain. Semua peluang bisnis, dia kuasai. Maklum, ular sebenarnya juga termasuk pekerja keras dan cerdas. Nalurinya bagus. Sebagian besar, hasilnya pasti dahsyat. 
            Murah hati, lembut dan mudah berempati dengan orang lain, membuat sosoknya gampang dicintai. Namun jangan sekali-kali mengecewakan dia dengan berkhianat. Dia paling benci dibohongi. Balasannya bisa lebih menakutkan! Pasangan yang bisa ngertiin dia, ayam atau kerbau. Public figure yang bershio ular, seperti: John F. Kennedy dan Afgansyah Reza. 

Kuda
Tahun kelahiran 1930, 1942,1954, 1966, 1978, 1990.
            Sesuai dengan fisik kuda yang suka kebebasan, lincah geraknya dan tangguh dalam segala cuaca…Pemilik shio ini juga pandai, energik alias tidak pernah ketinggalan dalam setiap acara yang diadakan oleh komunitasnya. Mereka nggak betah diam, serta suka berpindah-pindah dari satu tempat dan tempat lain. Petualang, suka tantangan dan tidak menyukai rutinitas.
            Soal cinta, dia sangat memuja pasangannya, namun juga selalu menuntut dinomorsatukan. Masalahnya, daya tariknya kuat, sehingga banyak lawan jenis mudah jatuh cinta. Pemilik shio ini juga penggoda yang handal. Herannya, masalah pribadi dia bisa sangat tertutup terhadap pasangannya.
            Agak nggak sabaran dan sulit berempati, membuat mereka menjadi pribadi sensitif. Mudah tersinggung. Nggak bisa menerima penolakan, serta cenderung mendominasi dalam tiap hubungan. Karena sifat ego dan keras hatinya membuat beberapa pemilik shio ini dijauhi sebagian orang yang belum mengenal, sisi baiknya.
            Soal logika, kuda juga sering menomorduakan. Dia memilih mengikuti kata hatinya saja. Bahaya bila dikaitkan dengan pekerjaan, usaha atau bisnis. Meski suka semaunya sendiri, pemilik shio ini pandai memotivasi orang lain. Pasangan yang paling cocok untuknya, pemilik shio anjing dan macan. Tokoh yang bershio kuda, seperti:  Jackie Chan, John Travolta, Sherina Munaf, dan Cindy Crawford.

Kambing
Tahun kelahiran  1931, 1943,1955, 1967, 1979, 1991.
            Penampilan kambing yang diam, tidak suka keteraturan dan sedikit misterius, berpengaruh terhadap pemilik shio ini. Kesukaan mereka mencoba hal-hal baru alias kreatif, selalu saja banyak ide, tapi mereka juga suka menyendiri. Kesendirian itu mereka gunakan buat berpikir dan merenung. Untuk karier, pemilik shio ini lebih nyaman bila bekerja di bidang seni. Materi bukan faktor utama, jika dibandingkan dengan orang yang dia suka. Pantas saja, kambing sangat murah hati. Mereka nggak perhitungan, memanjakan pasangannya.
Sisi negatifnya, mereka yang bershio kambing selalu merasa perlu pengakuan dan dicintai orang-orang di sekitarnya. Kasihan. Soal cinta, mereka selalu merasa kesulitan. Sensitif. Nggak percaya diri. Dukungan dan keterbukaan dari lawan jenis, sangat dia butuhkan. Nggak pede ini juga membuat kambing ribet soal dandanan.  Dia tidak suka, tampil ala kadarnya. Musti berkesan wah…
Ingin sukses mendekati mereka? Kita musti belajar bersabar dan memberi kesempatan pemilik shio ini menenangkan diri, setiap ada masalah. Karena semakin dia kita desak, dia bisa semakin menghindar.  Debat terbuka dengannya tidak berefek bagus, justru sebaliknya. Pasangan yang cocok untuknya: babi atau kelinci. Tokoh bershio kambing, antara lain:  Bruce Willis,  Happy Salma, Zhang Ziyi, dan Mel Gibson.

Monyet
Tahun kelahiran  1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992.

            Sesuai karakter monyet yang energik, nggak bisa diam, suka menggoda, dan selalu happy dalam keadaan apapun, pemilik shio ini pun supel dalam pergaulan, aktif dan suka pesta.  Mereka pandai memikat banyak orang, selalu meramaikan suasana di setiap acara dan semangatnya luar biasa. Selera humornya tinggi. Pandai mencari solusi dalam menghadapi berbagai masalag, serta keingintahuannya besar. Jangan salah, pemilik shio monyet juga suka mencari perhatian orang, karena ingin membanggakan dirinya sendiri.
            Ceroboh, salah satu sifat negatifnya. Akibatnya, shio monyet rawan kecelakaan. Otaknya hanya memikirkan kesenangan instant, tanpa berpikir efek sampingnya. Kecerobohannya ini membuat teman-temannya, musti peka menghadapi masalah yang dia timbulkan kemudian hari.
            Positifnya, monyet romantis, lembut dan punya selera humor bagus. Apalagi buat pasangannya…Mereka tidak memperdulikan istilah kalah atau menang, tapi kesenangan pribadinya saja. Asal dia nyaman, happy, ya…cukup. Kesukaannya berhura-hura atau pesta, membuat monyet tidak mampu mengontrol diri terhadap makanan atau kesenangan sesaat. 
            Pasangan cocok untuk monyet, tikus dan naga. Pasalnya, pemilik shio ini pandai mengambil hati lawan jenis, tapi tidak pandai memimpin. Bukan penasehat atau motivator yang baik.  Bintang yang bershio monyet, seperti:  Michael Schumacher, Elijah Wood, Rod Stewart, dan Jennifer Aniston.

Ayam
Tahun kelahiran 1933, 1945, 1957, 1969, 1981, 1993.
            Kelihatannya binatang ini cuek, namun dalam shio ayam dikenal mereka pemikir. Suka hal praktis, cerdas, selalu fokus dengan apa pun yang mereka kerjakan dan tidak suka mengambil resiko. Semua tindakan yang dia ambil, selalu dengan pemikiran panjang dan matang. Konsentrasinya bagus. Ya, seakan mereka mempunyai mata di belakang kepalanya. Sangan awas! Kadang mereka juga dianggap mirip paranormal, karena instingnya tajam.  Profesi seperti pengacara, akuntan, cocok untuknya. Pemikirannya brilyan.
            Gayanya memang selalu santai. Dia tidak pernah negative thinking. Polos. Terbuka. Apa adanya. Mereka juga sangat menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran. Loyalitas mereka juga luar biasa. Sekali kamu menolongnya, dia akan berlipat ganda membalasnya.  Asal jangan coba menipu dia…Ayam meski jinak, bisa mematok juga kan!
            Perfeksionis dan suka memegang kendali dalam tiap kesempatan, sisi lain dari ayam. Jangan memancing perdebatan dengannya, karena dia siap meladeni kamu kapan saja. Argumennya pantang dipatahkan. Kesukaannya yang lain traveling dan bekerjasama dalam kelompok. Sedikit pesolek, suka kerapihan dan keteraturan. Soal cinta, dia pasangan yang sangat setia.  Pasangan cocok untuknya: kerbau atau ular. Selebriti yang bershio ayam, seperti: Eric Clapton, Britney Spears, Anna Kouenikova, dan Natalie Portman. 

Anjing
Tahun kelahiran 1934, 1946, 1958, 1970, 1982, 1994.
            Believe it or not, manusia di dunia barat suka menyebut anjing sebagai binatang paling setia. Penciumannya tajam. Tahu betul, siapa tuannya dan siapa orang yang memiliki niat jahat. Mereka yang berada dalam naungan shio ini pun, dikenal setia, jujur dan bisa dipercaya ucapannya. Dia sangat loyal dengan orang yang sudah berbuat baik padanya. Namun satu sisi, pemilik shio anjing sulit mempercayai orang lain. Dia lebih percaya dengan kata hatinya sendiri.
            Jujur, polos, apa adanya. Namun dia juga tidak segan berbohong untuk kebaikan. Dia tidak suka mencari masalah, simple dan pandai menjaga rahasia. Sebagai sahabat, shio anjing juga bisa diandalkan. Pendengar yang baik, suka hidup sesuai aturan, tidak segan orang kecil yang membutuhkan dan penentang nomer satu bila ada ketidakadilan. 
            Gara-gara terlalu sederhana cara berpikirnya, selalu mengikuti norma yang ada, mereka sedikit keras kepala, serta berpikiran sempit.  Sesuai karakter anjing, temperamental. Emosinya suka berubah-ubah, sedikit meletup-letup. Kadang kekhawatirannya terlalu berlebihan, ketika menghadapi satu masalah. Untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, mereka lebih suka menyendiri daripada berbagi.
            Pantas saja. Bakatnya memimpin dan memotivasi orang lain, membuat mereka cocok dalam dunia bisnis. Mereka juga terbiasa melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan fisik. Masalah cinta, mmm…butuh keseriusan, pendekatan sangat lama. Dia tidak mudah percaya seratus prosen pada pasangannya. Namun, ketika pemilik shio anjing jatuh cinta, dia sangat posesif.  Pasangan untuk shio anjing: pemilik shio macan, kelinci atau kuda. Tokoh atau selebriti yang bershio anjing, seperti: Bill Clinton, Michael Jackson, Andre Agassi, dan Bunda Teressa.

Babi
Tahun kelahiran  1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995.
Babi memang binatang yang kelihatan pemalas dan acuh, namun berbeda sekali dengan pemilik shio ini. Menurut perhitungan astrologi Cina, mereka justru sangat royal, tulis dan dihormati. Kelakuannya baik, sangat menghargai keberadaan orang-orang di sekitarnya. Selera mereka pun boleh diacungi ibu jari.
Soal kemewahan, babi tidak bisa mengelak. Mereka terobsesi hidup dalam kemewahan. Sedikit rewel dan perfeksionis, sehingga sering terasa mengganggu teman-teman yang selalu ada didekatnya. Sebenarnya, pemilik shio babi tidak arogan. Mereka sangat peduli teman dan keluarganya. Tapi ya…karena obsesinya yang berlebihan suka menjadi bumerang. Cap negatif sudah duluan diberikan orang-orang di sekitarnya.
Ringan tangan, salah satu kelebihan pemilik shio babi. Mereka juga rela bekerja keras demi orang-orang yang dia cintai, hanya caranya saja yang sering disalahartikan.  Banyak orang yang tahu kelemahannya, mengambil keuntungan. Mereka memanfaatkan kebaikan hati babi. Tapi  hati-hati saja…pemilik shio ini bisa sangat sakit hati dan dendam, bila kebaikan mereka dibalas dengan pengkhianatan. Pasangan yang cocok: kelinci dan kambing. Selebritis yang memiliki shio babi:Arnorld Schwarzenegger, Sandra Dewi, Scarlett Johansson, dan Bunga Citra Lestari. (steph)

Tidak ada komentar: