Kamis, 13 Januari 2011

KISAH TRAGIS SUPERMAN


 SIAPA KORBAN BERIKUTNYA?
            Siapa yang tidak mengenal Superman? Ya. Sosok pahlawan pembela kebenaran yang memiliki kekuatan ekstra ini, semula hanya cerita dalam komik saja. Namun kini film dan serial televisinya selalu ditunggu.  Bahkan berbagai pernik yang berkaitan dengannya, diburu kolektor action figure. Herannya sukses film ini tidak dibarengi dengan sukses para pemainnya. Kemalangan beruntun justru sering mereka rasakan, sampai-sampai film ini dianggap menuai kutukan. Hiiihhh! 

Tokoh hero bersimbol S di dadanya yang berarti Shield atau tameng ini diciptakan oleh Joe Shuster dan Jerry Siegel tahun 1932 asal Kanada. Detective Comics, Inc tahun 1938 membeli dan menerbitkannya dalam serial Action Comics. Luar biasa. Hasilnya Superman diterima di berbagai acara televisi, film, komik, novel, sampai video games.  Bila karakter awalnya kasar dan agresif, sosok pahlawan yang memiliki kekuatan super itu pun kini berubah menjadi laki-laki penyayang, pemalu dan mudah berempati dengan orang-orang yang kesusahan.
Ironisnya, sukses penjualannya bukan berarti sukses pula kehidupan pemain-pemainnya. Sebaliknya, mereka yang pernah terlibat penggarapan film Superman, mempunyai kisah hidup mengenaskan. Keluarga hancur, sakit kronis, sampai perseteruan dengan sesama pemain.
Beberapa paranormal menduga, kisah heroik ini memang memperoleh kutukan. Kate Bosworth, misalnya. Selebritis yang baru saja putus cinta dengan Orlando Bloom, bintang Lord of The Ring itu, mengatakan hubungannya kandas karena “kutukan” gara-gara dia main dalam Superman Returns bersama Brandon Routh. Sedangkan Ashton Kutcher yang pernah ditawari memerankan sosok legendaris ini, juga menolak. Konon, dia tidak ingin nasibnya sama dengan pemeran Superman lainnya. Bila tidak tragis kehidupannya, ya…kariernya tamat sampai di film itu saja.
Kini, kita tunggu saja film terbaru dari Superman yang rencananya berjudul Superman: Man of Steel dengan sutradara Christopher Nolan. Siapa lagi “korban” berikutnya?  

KORBAN-KORBAN SUPERMAN
George Reeves
            Cowok yang main dalam film Superman and the Mole Men tahun 1951 ini, dikabarkan akan membintangi serial televisi tokoh hero itu; Adventures of Superman. Sayang, 16 Juni 1959, sehari sebelum hari pernikahannya, George Reeves ditemukan tewas dengan luka tembakan di kediamannya. Kesimpulan polisi, laki-laki itu bunuh diri.

Richard Donner
            Laki-laki ini memperoleh kepercayaan menyutradarai Superman: The Movie dan Superman II. Namun belum tuntas film itu digarap, Donner dipecat. Padahal film itu hanya kurang 25 persen saja. Penyelesaian Superman II dilanjutkan oleh Richard Lester. Beberapa pengamat mengatakan, Donner kena “tulah” dari Superman. Entah benar atau tidak, nyatanya pria ini sukses ketika menyutradarai Lethal Weapon yang dibintangi Mel Gibson, The Goonies dan Scrooged dengan pemain Bill Murray.

Christopher Reeve
            Sosok hero itu lekat sekali dengan cowok yang main dalam Superman: The Movie, Superman II, Superman III, dan Superman IV: The Quesr for Peace ini. Ganteng, bertubuh atletis, bersih dari gosip, kurang apa lagi? Tragis. Reeve lumpuh, sehabis terjatuh saat menjalankan salah satu hobinya berkuda, 27 Mei 1995. “Super hero” ini pun meninggal dunia karena gagal jantung, 10 Oktober 2004.

Dana Reeve
            Istri Christopher Reeve yang mensponsori berdirinya yayasan the Christopher and Dana Reeve didiagnosa mengidap kanker, 9 Agustus 2005. Janda “Superman” ini pun meninggal 6 Maret 2006 dalam usia 45 tahun.

Margot Kidder
            Pemeran Lois Lane, kekasih Superman selesai membintangi film legendaris itu, dikabarkan memiliki kepribadian ganda. Kidder sempat menghilang beberapa waktu lamanya, sampai polisi yang menemukannya menyatakan dia kehilangan ingatan, seperti orang paranoid.

Marlon Brando
            Pemeran tokoh Jor El, ayah Superman tahun 1978 ini, kehidupannya tidak pernah tenang setelah membintangi film itu. Christian putra pertamanya menembak mati pacar saudaranya Cheyenne Brando,  Mei 1990 di Beverly Hills. Dia divonis penjara 10 tahun lamanya. Christian meninggal dalam usia 49 tahun. Sedangkan Cheyenne yang depresi karena kematian sang pacar, tewas gantung diri saat umurnya baru 25 tahun. Brando sendiri meninggal, 1 Juli 2004 setelah lama menderita kanker lever, jantung dan diabetes.

Richard Pryor
            Komedian yang membintangi Superman III  ini hampir tewas karena mengemudikan mobil, setelah mengkonsumsi drugs. Tiga tahun setelah filmnya beredar, laki-laki ini divonis mengidap beberapa penyakit kronis. Dia meninggal karena serangan jantung, 10 Desember 2005.

Mariel Hemingway
            Bintang Superman IV  ini, ketika memperingati kematian sang nenek yang bunuh diri, 2 Juli 1996, Margaux kakak perempuannya yang berprofesi sebagai model dan artis, ditemukan meninggal dalam usia 41 tahun karena overdosis. Belakangan baru ketahuan, sebelum meninggal wanita itu terlibat perselisihan dengan Mariel.  

KISAH SUPERMAN YANG DIFILMKAN:
1948 : Serial Superman dibintangi Kirk Alyn dan Noel Neill sebanyak 15 episode.
1950 : Serial Atom Man vs Superman sebanyak 15 episode
1951 : Superman and the Mole Man, film layar lebar. Bintang: George Reeves.
1954 : Stamp Day for Superman, film durasi pendek dengan bintang George Reeves.
1978 : Superman, film layar lebar yang disutradarai Richard Donner. Bintang: Christopher Reeve.
1981 : Superman II sutradara Richard Lester.
1983 : Superman III
1987 : Superman IV dutradara Sidney J. Furie
2006 :  - Superman Returns sutradara Bryan Singer. Bintang Brandon Routh
-          Superman II: The Richard Donner’s Cut. Editing baru dari film Superman II dengan sutradara Richard Donner.

1 komentar:

Endy-FidiComp mengatakan...

Ayo rame2 nonton tgl 14 Juni 2013.