Senin, 10 Januari 2011

UNIQUE ISLAND


PULAU-PULAU TERUNIK DI DUNIA
            Luar biasa, ciptaan Tuhan. Pulau-pulau ini bukan daratan biasa, namun memiliki kelebihan dari usia, luas daratan, iklim, konstruksi bangunannya, sampai aura mistis yang ada di sana.

Ometepe - Nicaragua 

             Pulau ini termasuk pulau tertua di dunia yang memiliki dua gunung api yang menyembul dari danau Nicaragua, yaitu: Maderas dan Conception. Kedua gunung ini bagaikan piramid magma yang dibalut dengan hutan tropis. Buat kita yang suka bertualang, jalan-jalan ke pulau ini bakal menjadi pengalaman tidak terlupakan. Selain bisa melakukan pendakian, kita juga bisa mengelilingi hutan dengan berkuda, mengikuti petualangan di alam liar atau berjemur di pantai Playa Santo Domingo. Penduduk yang tinggal di wilayah ini biasa beternak dan bertani. Pemerintah setempat sudah menyediakan paket wisata, buat mereka yang ingin merasakan indahnya pulau eksotik  yang namanya berasal dari bahasa Nahuatl; ome artinya dua dan tepeti pegunungan.  

Ellesmere - Canada 
   
            Lokasinya ada di bagian utara Canada dengan luas 196.235 km2 membuat pulau ini masuk sepuluh besar pulau terluas sedunia. Ellesmere yang memiliki pegunungan Arctic Cordillera  dengan hutan kayu di sekelilingnya itu  memiliki julukan Little Ice Age, karena sebagian besar wilayah ini tertutup pegunungan es, suhu di sana mencapai titik beku.  Perubahan iklim yang sangat ekstrim di pulau ini membuat para pakar geologi sering menggunakan tempat ini untuk penelitian mereka.  

Azores – Portugal

            Bingung, memikirkan BBM mahal atau gas elpiji yang mudah meledak? Bila kita datang ke pulau ini, tidak perlu bingung memikirkan gas elpiji atau mencari minyak tanah. Cukup dengan menggali tanah, letakkan panci untuk memasak, makanan pun akan matang. Lokasi kepulauan vulkanik ini ada di Portugal, dengan cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu, maka jangan heran bila kira bisa melihat empat musim dalam satu hari! Wow…
            Penduduk setempat mengandalkan hidup mereka dengan mencari ikan, beternak buat home industri keju dan mentega serta pariwisata. Kondisi alamnya sangat indah, membuat turis yang datang bisa menikmati semua fasilitas yang sudah disiapkan oleh pemerintah setempat.

Spratly – Laut Cina Selatan 

            Lokasinya ada di antara Philiphina dan Vietnam, terdiri dari 650 pulau karang. Sungguh, luar biasa,  kita bisa menyelam, buat melihat langsung indahnya dasar laut yang airnya begitu jernih ini. Kabarnya, kepulauan ini mengandung minyak dan gas bumi. 

Dubai’s Large-Scale Sand Art – Dubai

            Fantastis! Bukan hanya membangun gedung pencakar langit, pulau pun bisa dibuat oleh manusia! Ya, Emirat Dubai membangun pulau buatan di lepas pantai Uni Emirat Arab, tepatnya di Teluk Persia. Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum perancangnya  mendesain pulau-pulau itu berjajar sedemikian rupa hingga menyerupai pohon palem. Kita bisa menikmati fasilitas sedikitnya 100 hotel mewah, mall eksklusif dan berbagai fasilitas berkelas lainnya.   

Gunkanjima – Jepang

            Nama asli pulau yang panjangnya hanya 480 meter dan lebar 160 meter ini, Hashima, namun kini julukannya Gunkanjima, artinya pulau kapal perang karena siluet pulau ini mirip kapal perang. Awalnya pulau ini dihuni penduduk yang pekerjaannya mengandalkan pertambangan. Fasilitas pulau kecil ini, lengkap. Asrama, apartemen, sekolah, lengkap sekitar tahun 1887 sampai 1974.
            Sayang sekali, produksi pertambangan menurun, sampai akhirnya perusahaan Mitsubishi yang ada di wilayah ini memilih menghentikan kegiatannya. Mereka mengembalikan pekerjanya ke asal mereka masing-masing. Pulau pun dikosongkan dan ditutup buat pendatang dari tahun 1974 sampai 2009. Namun kini Gunkanjima yang mirip pulau berhantu  karena semua bangunan mulai runtuh, tak terawat ini, dibuka buat wisatawan. Mmm…kebayang dong, bagaimana bila kita menyusuri pulau yang sudah lama tidak ada penghuninya?

Tristan da Cunha -  Samudera Atlantik


            Boleh dibilang, pulau yang lokasinya 2.816 km dari Afrika Selatan ini terisolir dari dunia luar, karena akses masuk ke sini, sangat sulit. Bila ingin masuk ke Tristan da Cunha yang masih tercatat di bawah kekuasaan Inggris, kita harus menggunakan perahu, karena tidak ada landasan pesawat.  Sekelilingnya terdiri dari pegunungan dan laut.
            Meski terisolir, penduduknya bisa mengandalkan hidup mereka dari peternakan dan pertanian. Mereka tercatat berhasil dalam mengembangkan budidaya lobster dan perkebunan kentang. Sayangnya, mereka sangat tertinggal dalam hal komunikasi dan pendidikan.  

Samosir, Danau Toba – Sumatera Utara

            Pulau ini unik karena berada di tengah Danau Toba dengan luas 630 km3, hampir seluas Singapura yang 714 km2. Kabarnya Samosir terbentuk 30 ribu tahun lalu, ketika sebuah gunung berapi meletus.  Pemandangan dari pulau ini sangat indah, maka terkenal sebagai salah satu tujuan utama wisatawan bila datang ke Indonesia. Bila ingin mencapai Samosir, bisa dengan menggunakan kapal feri dari Parapat.

Tidak ada komentar: