Kamis, 13 Januari 2011

MONEY CAN DO ANYTHING...


Cool. Koruptor yang divonis penjara, bisa nonton tennis di Bali, jjs ke Macao dan Malaysia. Napi di Bojonegoro bisa digantiin orang lain. Alasan petugas lapas, mereka tidak tahu tahanannya digantiin orang karena tidak ada foto, tanda pengenal atau sidik jari. Gokil juga mereka…Saya menginap di hotel,  beli tiket pesawat, menemui nara sumber di sebuah perkantoran, stasiun televisi atau apa pun itu, juga musti nyodorin kartu pengenal kok. Hukum di tanah air, seperti bahan becandaan…Nggak kaget, juga sih. Money can do anything.
             Bayangin saja, nenek-nenek tua yang dituduh maling semangkuk sup dan piring. Dia langsung masuk sel. Atau kasus seorang ibu yang mencuri susu kaleng di supermarket, pasti karena dia kepepet demi anak-anaknya. Mereka tidak memiliki kekuatan untuk “membeli” hukum…
             Uang juga bisa bikin apa pun yang kelihatannya tidak mungkin, menjadi 100% nyata. Suara jelek, materi lagu pas-pasan, tetap bisa bikin album. Gampang kok…Produserin album sendiri saja. Nggak perduli, merusak industri musik atau tidak. Ingin populer, kelihatan smart ya…hire saja orang, lantas cetak buku tentang diri sendiri. Mmm….(sambil lirik kanan kiri, moga nggak ada yang tersindir…)
            Powerfull banget… saya hanya bisa bilang, money can do anything….but money can not buy anything. I’m happy with my life…meski uang ya, pas-pas saja…saya tidak bisa membayar orang untuk lakuin apa yang saya mau. Saya tidak bisa main curang, agar semuanya kelihatann smooth dan mulus. Tapi saya bisa tenang, berleha-leha di depan televisi, duduk mengetik depan laptop atau membaca koran di teras…tanpa stress memikirkan taktik apa lagi yang harus dimainkan.
            Saya percaya, “orang-orang” itu sebenarnya tidak tenang…Mereka pasti memikirkan, siapa lagi yang harus di”aman”kan, berapa banyak lagi uang harus diputar, di mana harus ngumpetin dana pribadi, gimana kalau ada yang tahu, bla..bla..bla..Pusing. Ribet. Ingin jalan-jalan saja misalnya, harus menyembunyikan identitas. Rambut palsu, data palsu…nggak bisa menjadi diri sendiri.
            Be happy with our life…berapa pun yang kita punya, sejauh kita masih bisa menjadi diri sendiri. Jujur dan bermartabat…di mata Tuhan. Cukuplah, kita setiap hari hitung-hitungan uang…Rugi, untung…Biasa. Tapi the most important is…jangan sampai kehidupan kita terbeli dengan uang. Money can do anything, but money can’t buy anything, termasuk kebahagiaan!

Tidak ada komentar: