Senin, 05 September 2011

Tambang Emas Sovereign Hill, Aussie


           
           Ingin ngerasain berada di tahun 1850-an? Semua bangunan bergaya Victoria diset sedemikian rupa, seakan-akan ada bar, barber shop, toko gula-gula, bahkan studio foto, persis di film-film cowboy dulu. Ingatan saya langsung ke film Little House on The Praire. Jaduls banget ya… Klasik. Wisatawan bisa masuk wilayah ini dengan berjalan kaki. Tapi mau nyobain naik kereta kuda, bener-bener mirip seperti di film cowboy yang sering saya tonton, juga bisa.
            Awalnya kawasan Victoria ini dikenal dengan tambang emas. Dulu banget, masyarakat setempat mata pencahariannya menambang emas.  Kini, sebagai obyek wisata, kita bisa mencoba ngerasain gimana mencari  emas dengan ayakan di sungai yang masih berada di wilayah obyek wisata Ballarat. Lantas, melihat terowongan yang dulu digunakan buat para penambang. Ada guidenya khusus kok. Mereka juga pakai kostum ala abad 19-an.  Mereka nunjukin lift darurat yang dulu pernah digunakan buat naik turun pekerja tambang, trus pos-pos tertentu, tempat emas ditemukan. 

           Puncaknya, wisatawan diajak nonton gimana proses mengolah emas dari yang masih seperti butiran pasir menjadi emas batangan. Mmm, tadinya sih pengen tuh bawa emas batangan yang sudah mereka “masak” dan jadi hehehehe….Lumayan lho, katanya satu batang 250 kg. Kaya mendadak niii….   (ft: berbagai sumber/jjs saya ke sana duluuuu 'cause Aneka Magz)

Tidak ada komentar: