Selasa, 06 September 2011

DANAU-DANAU BER"PENGHUNI"


            Orang-orang tua bilang, tempat paling disukai makhluk halus ya…dingin, gelap, sepi dan lembab. Salah satunya, danau alam atau pun danau buatan. Berbagai kejadian yang sulit diterima akal sehat, pernah dialami penduduk setempat. Bahkan di Amerika, sempat dideteksi oleh stasiun televisi yang menayangkan acara Paranormal Activity dan dibukukan. Kejadian apa saja yang pernah terekam dan gimana storinya?

Fort Phantom Hill, Abilene-Texas

            Lebih dari 100 tahun penduduk Abilene, sebuah kota kecil di Texas ini mengandalkan mata pencaharian mereka dari perkebunan, minyak dan pabrik. Apalagi setelah Perang Dunia II, mereka musti hidup dari hasil kekayaan alam mereka sendiri. Nggak heran, mereka musti membangun danau buatan atau tempat penampungan air, untuk mensuplai kebutuhan air, sekaligus pembangkit listrik di wilayah Abilene, yaitu: Lytle, Abilene, Kirby dan Fort Phantom Hill.
            Forth Phantom Hill yang dibangun 1937 lokasinya ada di Elm Creek, timur laut dari Abilene. Penduduk menggunakannya untuk pengairan di ladang gandum. Meski dibalik air yang berlimpah dan kelihatan tenang di danau ini tersimpan misteri tentang Lady of the Lake. Legenda wanita penunggu danau itu sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun 1800-an.
Jauh sebelum penampungan air ini dibangun, seorang wartawan dari Abilene News mengatakan di wilayah ini pernah tinggal sepasang suami istri. Mereka memiliki rumah kayu yang dibangun di atas tanah milik suku Indian. Hasil kesepakatan dengan penduduk asli setempat, siapa pun yang melintas wilayah itu tanpa bisa menyebutkan kata kunci tertentu, bakal ditembak mati.
Suatu hari, sang pria pergi berburu ke hutan. Sayangnya dia kepergok dengan suku Indian hingga dikejar sampai ke rumah. Sang istri lupa menyebutkan passwordnya, ketika membukakan pintu. Wanita ini pun tewas ditembak.  Sejak kejadian itu, seorang wanita bergaun putih yang sedang membawa lentera sering terlintas berjalan, mengelilingi danau.
Legenda seorang pengantin yang tewas terapung di danau ini, juga dipercaya kebenarannya turun temurun. Konon sekitar tahun 1940-an, sepasang kekasih berjanji akan bertemu di sebuah gereja dekat danau ini untuk mengucapkan janji setia. Calon mempelai wanita yang terlalu bersemangat, datang lebih pagi dari waktu yang ditentukan. Sayangnya, hingga berjam-jam dia menunggu, mempelai pria tidak pernah muncul.
Kasihan. Wanita itu hancur hatinya. Dia memutuskan, mengerahkan penduduk di sekitar danau untuk mencari kekasihnya. Khawatirnya, cowok itu tersesat atau mengalami kecelakaan. Soalnya dia percaya, sang kekasih pasti menepati janji, untuk bersama-sama mengucapkan janji perkawinan di depan altar gereja.
Esok paginya, laki-laki malang itu ditemukan tewas di sebuah sampan yang terapung-apung di tengah danau. Hasil otopsi, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan atau penganiayaan. Meski ekspresi dari wajah korban, seperti orang ketakutan dan kesakitan.  Penduduk setempat yang dimintai keterangan menganggap, kejadian ini ada hubungannya dengan Lady of the Lake. Penunggu danau yang menuntut balas…Dia menganggap, laki-laki itu ada hubungan dengan masa lalunya.
Percaya atau tidak, kejadian tragis terulang kembali di tahun 1980-an. Seorang wanita muda yang nekad bikin janji kencan di dekat danau dengan kekasihnya. Mereka sengaja memilih tempat itu, untuk membuktikan cerita seram penunggu danau tidak pernah ada. Konyol. Kencan mereka berakhir petaka.
Tanpa sadar, mereka bertengkar hebat. Sang pria tiba-tiba mengoceh dalam bahasa yang tidak dimengerti. Mirip orang kerasukan. Cowok itu menjambak rambut pacarnya, lantas membenamkannya ke danau sampai perempuan itu mati lemas.  Begitu sang pacar mati, pria itu baru sadar. Kabarnya dia kerasukan arwah wanita penunggu danau.
Versi lain mengatakan, perempuan malang yang dibunuh pacarnya itu bukan ditenggelamkan kekasihnya sendiri. Tapi Lady of  the Lake yang berubah wujud, seakan-akan itu kekasihnya.  Ingin janjian “ketemuan” dengannya? Bisa. Acara televisi macam Paranormal Activity atau Dunia Lain-nya Indonesia, menyebutkan “mengundang” lady ini mudah. Coba bermalam di sekitar danau, minimal dua hari. Malam kedua, tepatnya tengah malam…kita bisa melihat seorang wanita muncul dari balik batu-batuan dan rimbunnya pohon dengan mengenakan gaun putih dan membawa lentera. Dia berjalan sangat lamban menuju danau, lantas menghilang begitu saja.

White Rock Lake, Dallas

            Usai perang sipil, Freedmen dan keluarga besarnya memilih tinggal di kawasan White Rock Lake. Mereka membentuk satu komunitas kecil yang sebut  Egypt. Lengkap, sarana prasarana di sana. Mulai sekolah, gereja, bahkan pemakaman umum. Sayangnya, komunitas ini tidak bertahan lama. Soalnya wilayah ini mulai dilirik pemilik modal seiring dengan populasi yang berkembang cepat sekitar 1890-an.
            Danau yang mulai dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan pengairan di wilayah White Rock ini sejak 1907 ini pun berubah menjadi tempat rekreasi, tahun 1920-an. Fasilitas untuk berenang dan berkeliling dengan boat disediakan. Suatu hari ketika sebuah pesta digelar di tempat ini, peristiwa menghebohkan terjadi.  Seorang wanita tiba-tiba berlari ke atas dek kapal boat yang berada di tepi danau, lantas melompat dan…Bum! Badannya terhembas ke bawah, mengenai batu-batuan. Dia tewas seketika. Tak jelas, apa alasannya dia berlari kesetanan…
            Kejadian mengenaskan ini, tidak sekali ditemui. Seorang wanita yang tengah mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, saat ikut acara touring atau off road, tiba-tiba  membanting kemudi, hingga lepas kendali. Mobilnya langsung masuk, terjebur ke dalam danau. Pertolongan yang dilakukan oleh tim medis, sia-sia. Dia meninggal di lokasi kejadian. Nggak jelas, mengapa dia lepas kontrol. Padahal kondisi kendaraan dan jalan, terbilang aman. Kabarnya nih, setelah peristiwa itu terjadi pengunjung sering melihat sosok wanita berdiri termangu di tepi danau. Kadang wanita cantik, bergaun putih menjuntai itu berjalan di sekitar danau, lantas menghilang begitu saja. 
            Beberapa paranormal yang melakukan investigasi di wilayah ini mengatakan, spirit dari korban masih tinggal di sekitar danau.  Bahkan Anne Clark yang menulis buku tentang beberapa cerita rakyat di Texas, juga mencantumkan legenda The Ghost of White Rock atau Hantu White Rock.  
            Lain lagi kesaksian dari sepasang kekasih yang pernah melintas di danau ini, jelang malam di bulan Juli. Mereka melihat, seorang wanita cantik tengah berdiri di pinggir jalan dengan kondisi mengenaskan. Basah kuyub. Waktu mobil mereka berhenti, wanita itu mendekati jendela mobil dan mengatakan, butuh tumpangan.
            Tanpa banyak bertanya, pasangan itu mengantarkan wanita misterius ini ke alamat yang disebutkan di daerah Oak Cliff, sekitar Dallas. Tapi apa yang terjadi? Sampai di lokasi yang disebutkan, penumpang misterius itu menghilang. Padahal selama perjalanan, mereka tidak berhenti. Kapan wanita itu turun? Seremnya lagi, kursi tempat penumpang aneh duduk masih terlihat basah. Artinya dia benar-benar duduk di situ….Hiiihhh!
            Rasa penasaran pasangan ini terjawab sudah, ketika mereka mengetuk pintu rumah yang disebutan wanita misterius itu. Seorang laki-laki yang membukakan pintu bilang, mereka adalah pasangan ke sekian yang datang dengan cerita sama. Sama-sama dimintai tolong, mengantarkan wanita muda dengan kondisi basah kuyub. Ternyata wanita itu sudah meninggal tiga minggu yang lalu, ketika tengah memancing di White Rock Lake. Mmm…Jadi?    

INDONESIA PUN ADA…
            Bukan hanya di Amerika saja terdapat danau dengan cerita melegenda, konon negara kita pun ada. Seperti:
Danau Perkemahan Pramuka Cibubur
            Masuk akal juga, lokasinya danau ini yang sepi dan jarang dikunjungi orang hingga membuat makhluk halus suka banget tinggal di situ. Apalagi kabarnya, pernah kejadian seorang perempuan berseragam pramuka ditemukan tewas di dekat  danau. Entah energinya yang masih tinggal di sana atau roh gentayangan lainnya,   konon orang yang melewati daerah ini sering melihat seorang perempuan duduk sendirian di tepi danau. Dia duduk melamun atau kadang bersenandung, lirih.  Ekspresinya sedih banget. Tapi begitu kita dekati, dia akan hilang  tanpa bekas. 

Danau Tiga Warna, Gunung Kelimutu – Flores 

             Danau yang berada di Gunung Kelimutu di Desa Koanara, Kecamaran Wolowaru, Kabupaten Ende ini, sebenarnya ada tiga danau kawah. Sebutannya Danau Tiga Warna. Sesuai namanya, masing-masing memiliki nama dan warna berbeda. Merah (Tiwu Ata Polo), putih  (Tiwu Ata Mbupu) dan biru (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai).
            Luas ketiga danau ini sekitar 1.051.000 meter persegi. Batas antar danau 50 sampai 150 meter, berupa dinding batu yang mudah longsor dan terjal. Konon danau ini angker banget, karena dipercaya merupakan tempat berkumpulnya roh orang meninggal. Danau biru isinya roh remaja,  danau merah tempat orang yang waktu masih hidup sering melakukan kejahatan, sedangkan danau putih tempat orangtua. Wilayah ini ditetapkan sebagai kawasan konservasi alam nasional sejak 26 Februari 1992.(foto: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: