Sabtu, 10 September 2011

WORLD TRADE CENTER sepuluh tahun lalu



            Pernah memperoleh predikat sebagai bangunan tertinggi di dunia tahun 1971-1973, World Trade Center yang berada di Lower Manhattan, New York  mulai beroperasi 4 April 1973. Sepuluh tahun lalu, tepatnya 11 September 2001  rata dengan tanah. Serangan teroris yang diklaim Al-Qaeda, membuat sedikitnya 2.753 orang tewas. Belum terhitung, berapa orang yang terkena dampak ledakan, seperti: sakit asma akut, bahkan kanker paru-paru akibat menghirup debu reruntuhan.
            Kisah tragis korban WTC sempat dijadiin film layar lebar besutan sutradara Oliver Stone dan Nicholas Cage sebagai pemeran utama. Sedih. Kasihan. Tragis. Ngebayangin dua bangunan pencakar langit di negara adi kuasa bisa luluh lantah dalam sekali hentakan.
            Peringatan tragedi  WTC itu, bagi gw ngingetin banyak hal. Kekerasan apa pun tidak menyelesaikan masalah. Malah sebaliknya, korban tak bersalah, tidak tahu apa-apa, berjatuhan. Saling tuding, ngerasa kelompoknya paling benar, super power, hingga nggak bisa menghargai perbedaan atau keberagaman, juga bikin hidup kita yang “numpang lewat” doang ini juga nggak nyaman. Lantas, negara sekuat apa pun, sebesar apa pun, seperti Amerika misalnya juga tetap bisa kecolongan. Nggak ada yang sempurna. So, enjoy what we have…dan alangkah nyamannya bisa saling berbagi, menguatkan satu sama lain, ketimbang ngejatuhin, ngerusak, menyakiti. (Ft: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: