Senin, 30 Juni 2014

Keblinger Fanatisme



Segelas kopi sudah tandas, maafkan karena saya memang tidak puasa.  Jelang Pemilu, 9 Juli nanti, udara makin panas. Lima tahun lalu mungkin sosmed tidak sedahsyat sekarang yang luar biasa, ganas. Bahkan saya nyaris tidak mengenali teman-teman saya di jejaring sosial yang awalnya kelihatan santun, manis, baik, tidak pernah berkata kasar, bisa tiba-tiba begitu ngototnya ngebela-belain satu kubu. Bahkan sampai menjatuhkan kubu lain, buka aib orang, ngomong kasar, menyerang satu sama lain, padahal apa mereka kenal bener sih, Capres yang dibela? Kalau mereka babak belur, berantem sama sahabat yang sudah bertahun-tahun bersama, suka dan duka, apa Capres itu juga bakal turun tangan, puk-puk bahu kita?
     Belajar dari kejadian ADP yang dapat kritik tajam, waktu membuat video klip buat kampanye.  Mulai dari hak cipta lagu dan kostumnya, jadi bahan omongan.   Tim Capres pilihannya malah mengatakan, tidak ikut bertanggungjawab  soal lagu hasil copas yang digunakan buat kampanye ADP.  Nah, lho! Kalau sudah begini, masih ngotot bertempur sendiri?

    Sebenernya pelajaran buat kita semua, ngebela-belain idolanya itu harus dengan akal sehat. Udah kenal bener nggak, siapa yang dibelain? Jangan fanatisme ngawur, sampai tiap hari berantem dengan orang lain dan ngejelek2in orang lain, tanpa tau bener masalahnya apa. Adu argumentasi boleh2 saja. Beda pendapat dan beda idola sih biasa. Tapi sewajarnya... karena kebenaran yang hakiki itu kan hanya milik Tuhan.
     Bukan hanya kasus bela-belain Capres, sederhana saja… Belain artis idolanya. Mmm, berapa banyak yang rela berantem di twitter, FB, ngebully dan caci maki satu sama lain, hanya buat ngebelain idolanya. Memang idolanya butuh dibela dengan twitwar?  Baru dibilang, Danu bakal digantikan Dewo, walah… langsung rame. Fans Danu bilang, Dewo jelek, gak bisa akting, muka kampung, blabblabla, sebaliknya fans Dewo juga ngejelekin Danu. Padahal tau mereka banget, nggak?  Bisa jadi mereka malah sering hangout bareng, sambil ngetawain status-status kita di jejaring sosial.
     Lain lagi, soal berita si C begini, si D begitu. Udah ngamuknya seubun-ubun. Yakin? Kita kenal dia, ngintilin dia di mana dan ngapain saja? Dan kalau terjadi apa-apa sama kita, mereka bakal turun langsung ngebelain kita? 

2 komentar:

Nurizka Tresna mengatakan...

bener, seharusnya kalau mau berargumen harus tau dan paham banget apa yang diomonginnya, ada temenku sih dia gak ngerti tentang politik tapi ikut menjatuhkan kubu lain, akibat tulisan yg makin banyak di social media

Anonim mengatakan...

Setuju banget. Udah gitu, menjelang pilpres 2014 (bahkan sampai sekarang), menjamur banget tuh portal berita, blog, dan segala macem yang tiba-tiba tumbuh dan jadi referensi buat para fanboy masing-masing kubu. Media-media semacem itu kayanya emang sengaja diciptain buat bikin panas suasana ya, udah gitu banyak juga lagi yang kemakan mentah-mentah berita yang belum jelas asal usulnya.