Rabu, 18 Juni 2014

Sosmed vs Attitude




Twitter, Facebook, Path, Instagram? Bohong besar, kalo bilang nggak tau atau nggak pernah denger.  Anak SD aja sudah tau Facebook, kok. Alasannya gaul, lah. Biar up date kejadian di sekitar kita. Biar luas wawasan, punya banyak teman, bisa deket sama idolanya dengan menyapa langsung di sosmed, apalagi? Banyak, ya.
     Beruntung banget, sekarang apa pun bisa kita lakukan dengan sekali klik. Pengen cari teman-teman yang udah belasan tahun nggak ketemu, tinggal search aja di FB. Butuh info belanja, resep masakan, tips, link kerjaan, tinggal say hi dengan teman-teman di jejaring sosial.  Dan nggak kalah cetarnya, bisa mention langsung ke orangnya.


      Dulu boro-boro bisa kasih komen ke idola atau tokoh penting, paling bisanya hanya tulis surat. Dan itu pun belum tentu dibalas atau dibaca. Kemungkinannya kecil banget. Sekarang? Hehehehe… ngomong ke orang yang belum mengenal kita aja, udah akrab banget gayanya. “Kok Jani sama Jono, ganti dong!” atau “Bun, masukin Jini dan Jaka!”  Yang manis juga ada sih, “Miley, jaga kesehatan ya. Jangan lupa makan,” atau “Stanley tadi mainnya keren banget, deh.”
     Boleh aja, sih. Nggak ada yang ngelarang. But kalo boleh nih, nggak ada salahnya bertanya atau komentar pada orang yang tepat dengan komentar yang tepat dan waktu yang tepat pula.
     Orang yang tepat?  Bayangin aja, kalo kita mau ngomongin film Superman, tapi nanyanya sama penulisnya film Batman. Nyambung? Atau mau ngomongin ganti pemain, sama penulis cerita atau sama sutradara. Mereka memang bisa mengusulkan, tapi bukannya lebih berkompeten produsernya? Pemilik Production House-nya? Misalnya ngomongin masalah pemekaran waduk Pluit Jakarta, tapi  ngomongnya sama Walikota Surabaya.
     Komentar atau pertanyaan yang tepat?  Ya, seperti  saya bilang tadi. Nggak lucu kan, ngomongin Superman, sama orang yang menggarap Batman. So, sebelum bertanya, check dulu, bener nggak sih  mereka yang berkompeten?  Mereka yang pas buat ngejawab semua curcol kita? Kalo nggak, sama sama buang energy dan nggak asik juga buat yang ditanya.
     Belum lagi soal bahasa. Tanda baca, kelihatan sepele. Tapi tau nggak sih, tanda seru itu kesannya marah? Kesannya membentak? Tau nggak sih, orang yang kita mention itu tokoh yang sudah tidak muda lagi?  Apakah sama saja mention teman sekelas dengan mention seorang programming acara, creative director, politikus atau siapa lah itu yang pastinya belum kita kenal bener?   
    Dikacangin? Karena permintaan kita nggak ditanggapi? Bukan dikacangin.  Bisa jadi, karena mereka menerima ribuan mention dalam setiap jam-nya. Atau, permintaannya ngada-ngada.  Misalnya aja, “pliz, masukin Superman di film Batman, dong!” Lah, emang masukin pemain tambahan kayak bikin ceplok telor? Hihihi…  hari ini minta, minggu depan jadi? Lantas, tokoh Superman yang sekaliber Batman, misalnya. Sama-sama biasa jadi peran utama, apa semudah itu dijadiin dalam satu frame? Siapa yang mau ngalah, jadi peran pembantu?  Gimana dengan tambahan budjet, perubahan cerita, dll. Ngefeknya ke banyak hal, tapi nggak pernah terpikir sebelumnya ya?
      Waktu yang tepat? Emang sih, namanya sosmed itu buka 24 jam. Tapi manusianya masa ngeladenin kita 24 jam juga? Bayangkan kita lagi setengah terlelap setelah seharian bekerja, tiba-tiba HP bunyi. Mention masuk. Entah twitter, line, whatsapp, weChat, Kakaotalk, whatever, huaaaaa….  Pernah tuh, saya buka line jam 24.00 lewat. Oh my gosh! Atau pukul enam pagi, sementara ada yang kerjanya sampai dini hari. Baru sempet tidur setengah jam, udah terkaget-kaget dengar mention masuk. Pasti mikirnya ada revisi, ada masalah di kerjaan, taunya… “kapan bikin Jeritan Setan season 2?” atau “Kapan nyatuin Gundala Putra Petir dengan Wonderwoman lagi?” Gubrakkk… #pingsan.
      So, be wise dengan sosial media. Nggak boleh marah, kalo nggak semua orang yang kita mention, membalas. Jangan negative thinking, si A sombong, si B belagu, etc. Bisa saja, mereka bener-bener sibuk, mention nggak kebaca/tenggelam dengan mention lain, atau “capek” dengan komen yang sama berulangkali. Coba introspeksi diri dulu, apakah dalam bermain-main dengan sosial media, kita udah mention orang yang tepat dengan komentar yang tepat di waktu yang tepat pula.
     Nggak usah langsung terbakar, baca statemen seseorang. Belum tentu dia nguasain banget, masalahnya. Dan kita juga nggak usah ikutan “panik”, ikutan ribut, retweet sana sini, marah-marah… Be wise, be patient. Seperti kutipan yang saya ambil dari Winston Churchill:  Attitude is a little thing that makes a big difference.  Gampang kan, ngelakuinnya? Toosss!

Tidak ada komentar: