Senin, 16 Juni 2014

RIP Media Cetak



Oh my gosh!  Lagi-lagi  mendengar beberapa tabloid dan majalah, gulung tikar. Tutup. Alias nggak terbit lagi.  Miris dan sedih, dengernya. Karena tanpa media cetak, mungkin sampai detik ini, saya hanya seorang cewek penakut, pemalu, minder, tidak kenal siapa pun kecuali teman satu sekolah saja, tidak berani jalan sendiri di tengah keramaian, apalagi menjelajah kota yang belum pernah disambangi, sendirian.  
Pasti saat ini, saya juga masih ngantor di sebuah perusahaan, masuk pagi, pulang sore. Berkutat dengan kertas, file, hitungan angka-angka. Itu saja.
     Kalau dibilang, media cetak yang membesarkan saya?  Ya! Meski pun saya belum siapa-siapa sih. Hihihihi.. geer banget, ya. Inget banget, waktu masih SMP. Puisi atau opini saya masuk majalah sekolah aja, senengnya bukan main. Apalagi waktu tulisan saya dimuat di Harian Umum, koran beneran gituuuu… pas saya masih duduk kelas dua SMA. Saingan saya, penulis freelance yang udah mas-mas atau malah, sebaya bapak saya… hahahaha.. Trus honornya pertamakali, dua tulisan 17 ribu perak. Bangganya minta ampun dah.  Apalagi pas guru ekskul jurnalistik saya, tunjukin tulisan saya itu di depan kelas. Yaelaaahhh, siapa sih saya? Gak penting, gitu loh. Dulu itu ya, anak-anak yang disebut di depan kelas ya, kalau nggak cantik, pinter, juara, jagoan deh. Sempurna. Lha, saya?
     Inget banget, dah.  Waktu itu lagi happening-happeningnya… Lupus’nya Hilman Hariwijaya dan Balada Si Roy’nya Gola Gong.  Kalau ada buku baru mereka, langsung deh cari di toko buku.   Kalau sekarang, enak kan. Tinggal klik, beli online. Celakanya itu pun nggak dilakukan lagi.  Abegeh sekarang mah, ngekliknya sosial media. Nulisnya bukan nulis cerita, opini atau feature buat dikirim ke media, tapi nulis tweet, status, posting foto selfie… hehehehehe… untung, saya nggak ada di jaman selfie2an pas abegeh dulu. Soalnya dari sudut mana pun, saya nggak oke difoto. Beneran! Suerrr!
     Inget banget, gimana saya pengen banget, tulisan bisa rutin dimuat di media cetak. Nggak hanya satu koran, tapi dua, tiga, empat koran. Lantas merembet ke majalah. Nggak hanya majalah di daerah (karena saat itu saya masih di Semarang), tapi juga majalah terbitan Jakarta.  Tulisan ditolak, biasa. Tiap pulang kuliah, baca naskah yang dikembaliin. Setelah amplop ke lima belas kali, ya… Akhirnya, saya tembus majalah terbitan Jakarta juga, sampai bikin cerita serial. Yeaayyy!!! 
     Nulis bikin saya berasa hidup. Media cetak udah seperti pacar, ganja, separuh bagian hidup saya. Bayangin, separuh umur saya ada di penerbitan. Dari yang wartawan freelance ecek-ecek, masih pake seragam putih abu-abu, kejepit-jepit sama wartawan beneran, sampai  setua ini.  So, meski sekarang nulis skenario, tetap saja dunia penerbitan itu nggak bisa tergantikan.   Thanks GOD. Puji Tuhan. Alhamdulillah. Luar biasa cinta Tuhan sama saya. Pantas kan, kalau sekarang saya bilang miris? Mungkin lima atau sepuluh tahun lagi, nggak ada anak yang ngerasain happy-nya nulis di media cetak. Mungkin juga, malah nggak ada yang pengen? (Ft: serial saya di Aneka Yess! Magz “Party of Three”)   

5 komentar:

Mawi Wijna mengatakan...

Kalau saya perhatikan malah ukuran majalah kini menyusut. Contohnya majalah Hai, Kawanku, Bobo, dll. Mungkin biaya produksinya tidak sebanding ya dengan penjualannya.

Kalau menurut saya sih, media cetak tetap akan eksis dalam beberapa dekade ke depan. Hanya saja, kontennya menjadi kian ringkas. Sebab konten yang lebih rinci bisa diakses dari media daring.

Lagipula media cetak adalah media baca paling portabel yang pernah ada. Praktis dibawa kemana-mana dan bisa dibaca asal tidak gelap. Termasuk sebagai bahan inspirasi di kamar kecil, hahaha.

Denny Prabowo mengatakan...

saya malah baru tahu Aneka udah wafat :(

Naura Nurlela mengatakan...

Saya juga baru tau...... RIP Aneka yess majalah kesayangan waktu sekolah...... Setelah kuliah cuma satu kali beli aneka yess..... Hiks hiks sedih

Ryanti mengatakan...

:'( baru tau ANEKA YESS!!! Da ga ada...

bow-bow mengatakan...

sedih...hik..hik