Jumat, 13 Juni 2014

karena gw menulis...



Secangkir kopi dan laptop yang menyala, nyaris jadi pemandangan tetap setiap hari di salah satu sudut rumah gw. Thanks GOD! Sampai saat ini masih dikasih kesempatan menulis, meski udah ngerasain pahit, manis, asem, pedesnya pekerjaan di bidang ini, tapi makin ke sini makin cinta. You know what?
     Karena gw menulis…
     Gw jadi punya keberanian. Berani bertemu orang-orang yang belum pernah gw kenal sebelumnya. Percaya, nggak? Boleh dibilang, sejak kecil gw tidak pede’an orangnya. Boro-boro maju di depan umum atau kenal dengan anak dari lain kelas, maju di muka kelas aja malu. Swear!  Soalnya gw berpikir, apa sih yang gw punya saat itu? Cakep? Nggak! Pinter, juara kelas? Biasa aja tuh. Standar. Kaya raya, babe gw milyuner atau tokoh terkenal? Hadehhh!! Kagak!!! Giliran di sekolah ada acara, pasti yang ditunjuk juga bukan gw lah! Gw bukan siapa-siapa…

     Hingga gw mulai nulis buat majalah sekolah, ketemu Lupus asli, trus nulis di koran umum yang penulisnya wartawan seumuran bokap gw saat itu… horeee!! Gw bisa, ternyata!  Gw jadi punya keberanian, nemuin artis, tokoh masyarakat, politisi, dll. Yess!! Dengan menulis, gw nggak pemalu lagi. Nekad deh. Kalo nggak, gw nggak dapat bahan tulisan. Hayooo… ya udah, tabrak aja. Tahan malu hihihihi… Mereka juga respect sama gw. Nggak anggep gw main-main.
    Karena gw menulis…
    Gw bisa selangkah di depan, dibanding orang lain. Bukan apa-apa, sih. Banyak kan yang pengen bertatap muka langsung dengan seleb, tokoh, politisi, dll, tapi apakah mereka bisa begitu saja ditemui? Gw bisa lho! Hihihihi.. ya, karena gw menulis. Gw wawancarai mereka, gw tembus nara sumber. Sampai boyband luar pun, gw bisaaaa. Yeaayy!!  Kadang gw suka bingung sendiri, bener ya… tadi gw bisa temui mereka? Mereka juga respect sama gw? OMG! Thanks GOD!
     Gak jarang, idenya juga spontan. Nakal sesekali, boleh. Asal kreatif dan positif dong, hasilnya. Pernah gw datang ke sebuah acara, targetnya sih nulis launching sebuah radio. Nggak sengaja, lihat cowok lucu. Hitam-hitam, gondrong, cool abis. Penasaran dong! Ternyata  dia sutradara vidklip.  Jadi deh, gw bikin tulisan soal vidklip, trus disangkut-sangkutin dia sebagai nara sumbernya. Yess!! Gw bisa kenalan dan deketan hahahahaaa… ternyata dia Jose Poernomo yang kini hits sebagai sutradara film.  So, bayangin… kalo kamu juga menulis, maybe… kamu tidak hanya bisa mengagumi seseorang dari jauh, tapi langsung dari dekat, bahkan “berteman” dengan mereka. 

    Karena gw menulis…
    Gw bisa jalan-jalan gratis! Gw bisa ke tempat yang tidak pernah gw bayangin sebelumnya. Contohnya ke daerah-daerah yang mungkin, kalo bareng keluarga pun nggak akan sempat. Lagian di sana, gw juga nggak punya kenalan. Tapi dengan menulis, gw bisa ke daerah. Bahkan ke kota kecil sekali pun.
     Waktu bekerja di sebuah majalah remaja, gw jadi sering keluar kota. Dari kota kecil, seperti Pati, Jepara, Sidoarjo, Jember, sampai Bali, Surabaya, etc. Nggak hanya itu, gw juga bisa jalan ke luar negeri. Pegang salju, OMG!  Andai gw sendiri yang pergi, berapa duit? Dan ngurus paper-nya aja ribet. Lha, ini… karena kerjaan gw nulis, semuanya beres. Tinggal jalan, dapat uang saku pula.  
     Karena gw menulis…
     Gw bisa mempengaruhi emosi orang lain. Waktu nulis cerita horor, ada yang ketakutan, sampai kebawa mimpi hihihihi… Maaf, ya. Waktu bikin zodiak, tebak-tebakan jodoh, ada yang ikutan berbunga-bunga. Ngerasa jodohnya udah deket. Nggak apa-apa, kan. Nyenengin orang? Waktu nulis skenario, bisa bikin si A nangis bombai, si B ditampar si C.  Bahkan tokohnya kecemplung ke danau hihihi.. fansnya marah-marah, tokohnya jutek, dll.  Maaf, bukan sengaja. Ini tuntutan cerita juga, hehehe…
    Karena gw menulis…
    Masuk televisi? Hahahahaha… gubrak. Norak, ya? Tapi beneran, lho. Gara-gara nulis zodiak, ngomongin ramalan cinta, gw jadi bintang tamu bareng Jupiter, Shahnaz Haque di Trans TV. Haiyaaaa… jadul banget, sih. But itu nggak mungkin dilupain. Atau setelah itu, muncul di acara kuis bareng temen-temen sekantor di Indosiar? Hahahaha…
    Karena gw menulis…
    Ketika gw sakit, gw sulit jalan ke mana-mana, gw tetap bisa bekerja. Nggak terbatas ruang dan waktu. Semua bs gw lakukan, di mana saja. Asal ada laptop dan listrik tentunya. Hihihi….
     Indah banget, kan? Menulis membuat gw juga bisa dekat dengan orang-orang hebat yang kayaknya nggak level deh, kalau sama gw yang nggak ada apa-apanya ini.  Gw siapa? Nggak keren, nggak cakep, nggak seksi, nggak kaya, nggak pinter… tapi gw bisa menulis.
       So, daripada ngoceh nggak penting di sosmed, mengkritisi orang lain tanpa dasar, ngejelek-jelekin karya orang tanpa tau yang bagus gimana,  lebih baik waktu dan energy “marah-marah”nya buat nulis aja. Siapa tau, ide-idemu jadi sesuatu. Gimana?


3 komentar:

Fandhy Achmad R mengatakan...

enak banget jadi penulis :D

Fandhy Achmad R mengatakan...

enak banget jadi penulis :D

Ila Rizky mengatakan...

memang lebih enak nulis aja di blog/ buat buku. bisa menghasilkan uang :D