Minggu, 08 Mei 2011

my chef



             Master Chef Indonesia : Juna Rorimpandey
         Jujur saja, gw lebih suka berburu kuliner enak daripada shopping baju atau asesoris, layaknya cewek pada umumnya. Nggak perlu musti resto mahal, tempat makan kaki lima pun oke. Western food sampai yang tradisional, seperti nasi liwet, gado-gado dan pecel, i love it… Secara nggak langsung, gw juga suka nonton acara kuliner, seperti ala maknyus-nya Pak Bondan Winarno, this is it-nya Farah Quiin atau hao che-nya ala Benu Buloe. Padahal aslinya, gw sama sekali tidak jago memasak. Asal bikin tumis atau rebus mie instant sih bisa…
Takjub juga dengan mereka yang menamakan dirinya “chef” dan punya program acara sendiri di televisi. Edwin Law, Farah Quinn, Marinka, Aryo, Rudy Choeruddin… Dulu banget, boleh dihitung siapa sih yang bisa gawangin acara masak memasak?  Kayaknya juga penontonnya dipastikan hanya ibu-ibu, mereka yang biasa harus menyiapkan hidangan untuk keluarga. Namun sekarang? Berbagai kalangan dan usia, nonton.
Surprise banget gw ketika muncul masterchef Indonesia. Sebenarnya acara ini sudah diselenggarakan di 20 negara, bahkan disiarkan juga di 145 negara lainnya, dan baru kali ini Indonesia (RCTI kerjasama dengan fremantlemedia) ikutan menggarapnya.  Komen pertama gw, dahsyat.
Property, kemasan acara, peserta, bahkan sampai juri atau chef masternya… Tiga karakter yang berbeda, chef master Vindex, Marinka dan Juna Rorimpandey, bagi gw pribadi (ntar ada nggak setuju) angkat ibu jari. Menariknya, peserta juga tidak “dimanjakan”. Gw jadi inget waktu perploncoan di kampus, pas ngelihat chef master Juna ngomentarin peserta. Waktu browsing background cowok bertato ini, … pengalamannya memang nggak main-main. Pantas, dia boleh galak, keras dan nggak punya ampun buat mereka yang masak “ala kadar”nya.
 Ala Chef: Farah Quinn
Boleh ditebak, acara masak memasak yang biasanya dianggap nggak masuk ke kalangan anak muda, sekarang tidak ditabukan. Bayangan chef identik dengan seragam putih-putih, tempatnya musti di dapur, nggak lagi. Mereka malah eksis dalam berbagai acara layaknya selebritis, packagingnya keren… Lihat saja Farah Quinn, Edwin Law, dan kini… Juna.  Hingga gw nyadar, gw nonton acara ini sebenarnya mau belajar masak atau pengen melototin chefnya? OMG… (Ft: berbagai sumber / I wish, gw bs wawancarai dia suatu saat nanti…)

Tidak ada komentar: