Kamis, 31 Oktober 2013

Skenario TUHAN



Hello November!   Apa bedanya dengan bulan-bulan lain?   Sama-sama ngebuka hari dengan nyeduh kopi, colok modem dan nyalain laptop.  But, itu kan sekarang… dan itu mungkin tidak akan terjadi, andaikan 26 tahun lalu, pas November juga… gw tidak menemui orang-orang yang membuat hidup gw berubah.
     Flashback  (ala-ala sinetron aja wkwkwk) :   Waktu masih sekolah dulu, jaman-jaman abg gitulah, gw bukan siapa-siapa di sekolah. Aktivis? Jiahhh! Boro-boro aktif.  Ngumpul aja, kalo ditowel baru maju.  
     Apa sih yang gw bisa? Nari? Main musik? Nyanyi? Gubrak… Bisa-bisa seisi aula sekolah pingsan dah. Mau pilih ekskul pun, mikirnya seribu kali. Masa basket, sih? Inget pernah kena smash bola volley aja,  udah parno duluan. Kapok! Marching Band? Yang bener aja, cynnnn… Ya udahlah, ada dua yang gw incer. Fotografi atau jurnalistik. But fotografi, pasti beli ini ono ya… Jurnalistik, secara gw memang suka nulis dari SMP. Kecil-kecilan sih, ngisi majalah sekolah gitu.
     But jodoh emang nggak kemana kok, ya.  Bersyukur banget, gw ikut ekskul ini. Pak L. Budianto atau Pak Didiet yang ngajarin, padahal beliau statusnya guru sejarah.  Memang sih, beliau bukan wartawan atau penulis buku, tapi teori atau istilah-istilah kepenulisan banyak juga yang gw dapat dari beliau. Dulu kan nggak ada Mr. Goggle bowww!! Mau apa-apa, harus rajin-rajin buka buku, baca koran.  Seperti lead itu apa sih, headline apa, gimana memilih judul yang tepat biar tulisan kita dibaca orang, etc. But lagi-lagi memang semuanya teori.  Ntar dipraktekinnya pas nulis buat majalah sekolah.  Biar namanya cuma majalah sekolah, tapi waktu itu bangga bener lho… sumpah, suwerr! Yaqin!  Apalagi kalo pas jam istirahat, ngeliat anak-anak lagi baca. Senengnya… Syukur deh, dulu belum ada twitter, fb, path,  hihihihi. Kalo nggak, pasti mereka tiap mojok, pegangannya HP, Ipad, tablet.
     Pas banget, Lupus booming. Cerpen serial yang awalnya dimuat bersambung di Majalah HAI itu, bikin semangat jadi “wartawan” majalah sekolah berkobar-kobar. Welehhhh… dulu gitu aja dibanggain ya? Kalo anak-anak sekarang? Follower twitternya berapa? Deket sama seleb siapa aja?  Biasa shopping dimana? Hahahahaha gubrak!
     Gw pikir, masak majalah sekolah isinya opini, puisi dan kegiatan di sekolah aja sih? Temuin Lupus, yukkkss!! Jrengg! Berdua nih, ceritanya. Sama temen gw , Titik namanya. Anak lain jurusan, tapi kami sama-sama ikut ekskul jurnalistik. Kami santronin hotel tempat Lupus cs nginep. Ketemu deh yang namanya mas Hilman, wawancara (gayanya) pake contekan pula. Doeng. Contekannya jatuh, pas di depannya wkwkwk dibaca pula. Hadehhh. Malu banget nggak sih? Ketahuan nggak profesional banget ya? Hihihihi.
      Satu kata-katanya yang gw inget, coba kirim ke majalah/koran. Kalo nggak dimuat, samperin redakturnya. Tanya, kurangnya di mana? Buat evaluasi, nulis lebih baik lagi. Wokehhh! Saya nulis, kirim deh ke Mbak Yuli Ambarwati di Harian Sore Wawasan. Waktu itu belum tau nama redakturnya, pokoknya dikirim ke redaksinya deh. Entah bakal diterima siapa. Ngirimnya juga langsung datang, nggak kayak sekarang. Bisa by email atau TIKI.
      Eh, seminggu kemudian,   nggak muncul di koran. Kecewa? Nggak. Kan kata mas Hilman, suruh samperin? Wkwkwkwk.. gw samperin kantornya, masih pake seragam dan dekil banget. Abis pulang sekolah, pula! Kebayang nggak sih, bau matahari kali ye… huhuhu.. untung nggak diusir Satpam. Nah, ketemu deh tuh, Mbak Yuli.  Mbak Yuli hanya mengeryitkan dahi, ketika gw bilang… “Mbak, saya mau tanya, naskah saya nggak dimuat kurangnya di mana ya?” Jiahhh nih anak nantangin hahahahaha..  Jawabnya apa?
      “Lho, dimuat kok. Edisi Minggu ini… Besok terbit.“ Jreengg!! Gw yang bengong plus speechless. Dimuat? Ah, yang bener? Taunya, bukan cuma profile mas Hilman yang dimuat, tapi juga opini gw yang nggak gede-gede amat, tapi buat gw guedeeeeee pisaaaann!  Dua tulisan gw dimuat!! Di koran umum! Yessss!! Pas November 1987!
      Senengnya Gustiiii… pas ekskul, Pak Didiet ngomongin tulisan saya yang dimuat itu di depan temen-temen. And minggu berikutnya, tulisan saya rajin muncul di koran, nggak hanya Wawasan, beberapa media cetak umum, koran, majalah terbitan Semarang, sampai  terbitan Jakarta.  Trusss..trusss sampai kerja serius pun nggak jauh dari nulis. Ya iyalah, masa gw main sinetron, rekaman album atau masuk timnas? Wkwkwkwkw..  yah, gitu deh. So, November bagi gw bulan istimewa. Bulan yang mengubah gw yang tadinya  berpikir hanya bisa jadi orang kantoran, ngetik, nulis pembukuan, atau ngelesin bahasa asing, ternyata gw bisa ketemu  banyak orang, pesan gw bisa dibaca banyak orang, bisa kenal deket sama idola gue ahaiiiii (sombong dikit bolehlah yang part ini wkwkwkwk).   Sayang banget, Alm Pak Didiet nggak bisa melihat gw serius terjun di media. Beliau meninggal, waktu gw baru naik kelas 3 waktu itu.  
      Satu yang  gw pegang sampai sekarang, penulis skenario terbaik  itu hanya Tuhan. DIA yang paling tau, kapan tokoh ini akan bertemu dengan tokoh lain, apa konfliknya, dimana kejadiannya dan gimana endingnya.   Thanks GOD. Makasih Tuhan. Makasih Mas Hilman, Mbak Yuli, Pak Didiet,  dan semua redaktur yang sudah berbaik hati pernah memuat tulisan saya.  Suwun sangettttt. 

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Saluuut untukmu, dear Steph!

Unknown mengatakan...

Nuhun... belum apa2. Masih harus belajar banyakkkk

Inung Djuwari mengatakan...

salutttt mbak Steph...:)
mbak Steph memang hebatttt (y)

Lutfiamaliyah mengatakan...

Boleh nih mba saya belajar nulis dari mba :)

Lutfiamaliyah mengatakan...

boleh nih mba saya belajar nulis dari mba :)

Unknown mengatakan...

Mbak Inung Nie, Mbak Siti Lutfi, saya juga masih banyak bolong dan errornya kok hihihi jadi malu... Nuhun ya

Nadiah Alwi mengatakan...

Wuih, keren! Makasih dah share pengalamannya, Mbak. Aku akan suruh Hana baca, supaya terinspirasi :).

Nadiah Alwi mengatakan...

Wuih, keren! Makasih dah share pengalamannya, Mbak. Aku akan suruh Hana baca, supaya terinspirasi :).