Jumat, 20 September 2013

Sang Guru....



Thanks GOD it’s Friday.    Infotainment pagi ini  masih menyisakan berita Vicky Prasetyo yang doyan “ngebodor” dan kecelakaan Dul, putra Ahmad  Dani.   Sebenarnya kalo diperhatiin  dibalik kasus Dul, ada Maia Estianti. Wanita hebat yang meski udah dikhianati, bisa bangkit lagi, nggak mewek-mewek lebai, dan selalu ada buat anak-anaknya.   
Bicara soal wanita hebat,  saya jadi ingat salah satu wanita luar biasa yang pernah saya kenal dan ikut berperan besar  dalam hidup saya.
                Waktu itu, saya masih berstatus penulis freelance, menulis untuk beberapa media cetak. Tinggalnya masih di Semarang. Kebayang dong, giliran ada seleb ke daerah itu anugerah banget. Nara sumber buat tulisan saya, euy!  But herannya, waktu Aneka Yess! Magz ngadain acara off air di Semarang dengan pasukan gede-gedean dan seleb ngetop, siapa yang saya incer pertama kali? Pimpinan Redaksi atau Pimrednya! Kalo rekan-rekan saya sesama wartawan, sibuk ngejar artisnya duluan, entah kenapa saya malah lebih tertarik ngobrol dulu dengan pimrednya. Bayangan saya, mudah-mudahan someday saya bisa bekerja fulltime di sebuah media. Saya butuh banyak belajar dari beliau-beliau ini.
                Memang sih dalam pelajaran jurnalistik, name make news.  Lihat saja, infotainmen. Asal tempelannya “arteisss” aja deh. Semuanya bisa dijadiin berita yang ngabisin durasi.  Padahal beritanya nggak penting-penting amat.  Tapi menurut saya,  pemimpin sebuah media juga bisa dijadiin nara sumber lho. Ngomongin trend anak muda, ngomongin bisnis media, ngomongin  dampak social media, apa saja deh… tergantung kita sendiri, kok. Jeli nggak ngulik sesuatu  itu bisa layak diberitakan.  
                Kembali soal pimred tadi, ngobrol dengan Ibu Nuniek H. Musawa yang waktu itu menjabat sebagai Pimrednya Aneka Yess! Magz, asli… seru abis. Kesan pertama yang saya tangkap, sebagai anak daerah, beliau friendly, hangat, terbuka (bukan oven seperti kata Ibunya Vicky Prasetyo ya…), celetukannya suka bikin kita tersadar, oh.. iya ya.. kok bener.
                Thanks GOD, rencana Tuhan nggak ada yang tau. Kalo akhirnya tiga tahun kemudian, saya diterima bekerja, fulltime di Aneka Yess! Group. Bangga, happy, seneng, jingkrak-jingkrak deh!  Pulang salaman dengan Ibu Nuniek  dan Bapak Harun Musawa, orang nomer satu di majalah remaja yang sudah ngelahirin banyak Coverboy dan Covergirl ini,  kaki ini rasanya melayang. Bener nggak sih, saya diterima? 
                Dan nyatanya, Ibu Nuniek  masih tetap sama, seperti Ibu Nuniek yang saya temui waktu saya mewawancarai beliau di Semarang. Seru, hangat, tegas, pengalamannya banyak bener, celetukannya suka bikin kita nyadar, banyak hal. Memang sih, awalnya saya keder juga. Tiap kali rapat redaksi, kebanyakan nunduk, kalo bisa ngumpet di belakang badan redaktur senior saya. Takut ditunjuk dan ditanya, “ide kamu apa?” .
                 Ibu memang nggak suka setengah-setengah dalam banyak hal. Ngerjain isi majalah pun, ibu nggak suka kitanya nanggung. Rapat, musti ada bahan di kepala. Jangan berharap, ide datang dari orang lain saja. Cari sesuatu, gali apa yang seru, lihat trend,  nggak pasrah mau terima jadi doang.
                Lambat laut, ketika senior-senior saya sudah resign, otomatis, saya nggak bisa ngindar lagi dong. Aduh!! Ngeriiii.. Gimana kalo saya gagal? Gimana kalo kelihatan katroknya? Gimana kalo kena semprot ibu?  Ibarat pepatah, nggak kenal nggak sayang. Saya malah suka kangen sekarang, inget waktu ngerjain Rubrik Jalan-jalan. Yup!  Ibu suka memanggil saya ke ruang produksi, lantas kami duduk bersama, ngedit lagi tulisan yang tengah di lay out. Dan ternyata “sentuhan” ibu di situ, terasa banget.  Apa yang tadinya kelihatan datar-datar saja, berkat sentuhan ibu, bisa lebih hidup dan bermakna. Tulisannya lebih hangat, komplit.
                 Meski posisinya orang nomer satu di kantor, beliau juga nggak segan sharing ide, kalo ada tulisan kita kurang juicy (istilah beliau).   But inget ya, deadline ibarat dewa. Nggak bisa dilawan. Kalo kita bertanya, kapan deadline tulisan ini? Pasti ibu jawabnya, kalo bisa ya kemarin hehehehhe…
                Boleh dibilang, ibu wonder woman. Nggak cuma masalah ngedit isi majalah saja, soal managemen waktu, managemen team, a sampai z deh, ibu selalu tau, gimana mengantisipasinya. Ibu juga nggak segan, ikut turun langsung ke lapangan, tiap ada off air, ngecek lokasi, ngeliat model-model latihan dengan anak buahnya, ngedeketin penonton yang notabene juga pembaca majalah. Coba mengakomodir, apa sih kesukaan mereka? Apa sih yang lagi berkembang di luar sana? Mmm, padahal kalo mau bermalas-malasan, bisa saja kan.. tinggal minta anak buah jalan? Tapi, ibu nggak tuh!  Ibaratnya Jokowi, beliau ikut blusukan, nggak segan langsung berdekatan dengan pembaca dan anak buah.
                So, ketika saya resign dari media yang ikut membesarkan saya, saya nggak henti pengen bilang matur nuwun. Ilmu Ibu Nuniek itu, kebawa lho sampai sekarang.  Lihat saja, alumninya. Semua udah terbiasa strick dengan waktu, berani berinteraksi dengan orang lain, bisa memanage teamnya masing-masing.  Tegas, disiplin, friendly, hangat, wawasannya luas, nggak gampang nyerah,  itu yang saya kagumi dari beliau.
                Satu yang masih mengganjal dalam hati saya.. janji buat bikinin beliau buku. Sekitar empat tahun lalu, sebelum saya resign. Sayang, saya sakit waktu. Komunikasi kami jadi berkurang.  But  sampai sekarang bagi saya,  Ibu Nuniek tetap wonder woman, bukan hanya guru dalam pekerjaan, tapi juga guru dalam kehidupan.  Wanita luar biasa yang saya kenal. Nuhun ya, Bu… Jadi pengen ngopi bareng sama Ibu #kangen

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih ya Mba Steph, maaf baru kali ini saya berkesempatan buka blognya. Saya tersanjung lho. Semoga memang begitu adanya. Kangeeeeen... Kapan kopi darat -Bu Nuniek-

Unknown mengatakan...

Matur suwun, Bu.. Aih senangnya dibaca Bu Nuniek langsung (aslinya sambil deg-degan hehehehe), guru dalam kehidupan saya #LoveNRespect