Kamis, 12 September 2013

Time flies



Wilujeng enjing! Sugeng morning, happy Jum’at. Kalo soal ngacak-ngacak bahasa, Vicky Prasetyo masih topnya deh. Cowok yang berhasil membuat Zaskia Gothic terkesima itu memang lagi hits minggu ini.   Kasihan. Nggak perlu ditertawakan. Mungkin saja dia punya impian yang tidak kesampaian, tapi maksa. Hiyaaaa…
                Ceritanya, gw juga punya mimpi-mimpi kecil. Inget banget, waktu pertama kali kirim tulisan ke sebuah surat kabar. Masih pake mesin tik  punya bokap yang wadahnya aja seperti koper mau mudik. Gede dan beratsss man! 
Bunyinya, brisik. Dijamin kalo deadlinenya tengah malam, bikin seluruh cicak dan nyamuk kliyengan, karena suaranya heboh. Jedak jedok, kreeetttt! Hahahahahaha…  Apalagi rumah gw waktu di Semarang kan kecil tuh. Kebayang dong, seisi rumah ostnya bukan lagunya Afgan atau Judika, tapi irama jedar jeder mesin ketik gw.  Trus kalo ada salah kata, musti pake tipe ex.  Sekarang masih dipakai kali ya, tipe ex cair yang berbentuk botol yang tiap saat musti dicampur thinner biar nggak kering. Kalo salah satu dua kata doang sih, oke. Kalo sebaris kalimat? Bayangin! Bersyukur banget, sampai sekarang pun gw nggak hentinya mau bilang makasih buat redaktur gw waktu itu. Sabar banget, mereka melihat naskah gw yang mbleber sana sini.
                Gw sempet terkesima, waktu pertama kali masuk ruang redaksi mereka. Rapi, wangi, ber-ac, trus komputer semua (komputer jaman itu juga masih pake ws kali ya).  Gw masih SMA ceritanya, masih terkagum-kagum.  Giliran gw bisa pegang komputer (thanks GOD, alhamdulillah, puji Tuhan), eh… kok ada yang lebih oke ya? Laptop atau notebook. Yahhh, ngeces lagi!
                Sama seperti pertamakali gw ngantor di Jakarta, pertamakali. Lirik kanan kiri, udah pada pake handphone. Meski jaman itu, masih gede dan mantep buat nimpuk maling. Gw  mikir, aseek kali ye kalo pake handphone. Dan HP gw pertama kali, beli bekas temen sekantor. Duitnya pun minjem nyokap, karena gaji gw belum cukup buat beli handphone. Masih harus bayar kost dan makan kan? Hiks derita banget ya, nasib perantau.
                HPnya unik, warnanya kuning gonjreng. Kalo dicharge, harus dikaretin pake karet gelang. Udah rada kendor soalnya. Biar keren, gw ganti chasing. Antenanya bisa nyala-nyala hahahaha norak, ya. Taunya, sinyalnya pun ajrut-ajrutan. Kalo masuk mall, langsung sinyal hilang. Di kantor, harus ditarok deket jendela biar dapet sinyal. Gubrak. Yahhh, namanya usaha.
                Nah, sekarang ketika gw harusnya bersyukur  teknologi makin canggih. Social media, banyak bener. Mau ngomong, ngetik, foto, tinggal pegang satualat komunikasi, kenapa malah senewen ya? Lihat aja, waktu gw pegang nokia jadul yang gw beli 4 tahun lalu, harganya 250 ribu perak. Sekarang pun dijual 100 ribu nggak laku kali. Pasaran udah nggak ada.  Selama gw pake, nggak pernah ngadat masalah sinyal. Nggak pernah, batere bocor atau hang. Sementara Blackberry hang bolak balik,  batere juga pernah bocor, hingga terpaksa diganti, sinyal amit-amit  tergantung moodnya dia. Kalo lagi bete, bisa cenat cenut kepala. Mendingan nelpon orangnya langsung deh, daripada bbm atau sms. Isinya jam muter-muter terus alias mikir.
                Time flies. Waktu cepet banget, berganti dan banyak yang berubah. Kali ini, mimpi gw pengen macbook air. Laptop yang logonya apel kroak itu loh.. harganya amit-amit. Nggak tega,  duit hasil begadang dan jumpalitan dikumpulin hanya untuk beli sebuah laptop semahal itu.  Kedua, pengen Iphone terbaru. Tauk deh, Iphone5 atau berapa, yang tercanggih deh. Tipis, logonya lagi-lagi apel kroak. Damn! Mahal ya, bowww hahahahaha…
                Ya sutralah, work hard, think smart aja. Tanpa sadar dari hal kecil, bisa jadi sesuatu yang besar. Siapa tau, kan.. dari mesin ketik jadul, jedar jeder, jari jontor, kapalan, bisa membuat gw nyebrang ke media, sampai sekarang?  Siapa tau, camera gw dulu poket kecil yang kalo diputer filmnya krak krek krak krek, bisa membuat gw kenal seleb, dan akhirnya ada yang nyambung sampai sekarang?  Dan siapa tau, laptop dan Hp gw yang tidak bersimbol apel kroak ini juga bisa bikin gw……  (takut ngisi ah, asal  jangan bikin halusinasi kayak Vicky aja hahahaha)

1 komentar:

Inung Djuwari mengatakan...

Mbak Steph....semoga tercapai ya...untuk memiliki apel kroak, aamiin.
Aku cukup apel kroak yang ada di pasar mbulu/johar aja deh,,,,,hehehe....