Minggu, 08 September 2013

Bila waktu tlah memanggil...



Bila waktu tlah memanggil, teman sejati hanyalah amal. Bila waktu tlah terhenti, teman sejati tinggallah sepi... (Opick)
                Segelas kopi, laptop  dengan modem full tank plus musik. Hari yang sempurna. Nggak ngefek ini Senin atau weekend, toh bagi gw  hari apa pun tidak ada bedanya. Bernafas, ngerjain peer, berkumpul dengan orang-orang yang support gw, that’s it. Kalo pun ada beda, paling sedikit goncangan kecil di sana sini.
 Silang pendapat dengan orang lain itu biasa. Berantem kecil, manusiawi. Asal jangan kelamaan. Nggak asik lho, jutek-jutekan dan saling nyolot. Apalagi sampai diem-dieman sekian lama. Emang enak, kalo akhirnya kita nggak akan pernah bisa “bertegursapa” lagi dengan teman, saudara atau siapa pun itu?
                 Yup. Entah kenapa, seperti flashback lagi, ketika gw nonton berita Dul anak Ahmad Dani yang terlibat tabrakan beruntun di tol jagorawi. Enam orang meninggal dunia. Kebayang nggak sih, gimana keluarganya? Menurut kesaksian salah satu istri korban, satu jam sebelumnya masih sempat telpon-telponan, setelah itu? Blammm!!! Selesai.
                Gw juga inget, gimana kesaksian mantan teman sekantor, waktu sopir kantor yang sudah 20 tahun bekerja di sana, meninggal mendadak. “Siang itu masih sempet ngomong, mbak.. Masih lewat di depanku.. Eh, kok sorenya, dikabarkan pingsan dan besoknya nggak ada…”  Ya, Tuhan.
                Kalo lagi leha-leha, ngelakuin apa yang kita suka seperti: kulineran, nonton, denger musik, traveling, becanda dengan teman atau keluarga, pasti nggak keinget kalo waktu kita itu terbatas. Peer tiap hari, pasti ketahuan deadlinenya kapan. Hingga kita bisa berusaha “sebaik” mungkin, pas waktunya dikumpulin. Lha, kalo deadline yang satu itu? Pernah nggak ngebayangin, jutek-jutekan sama si A, tiba-tiba besok A nggak bisa kita lihat lagi? Gimana rasanya, kita nolak-nolak nyamperin si B dengan banyak alasan, tiba-tiba B kolaps dan kita hanya bisa melihat prosesi pemakamannya? Masih bisa, ngediemin berhari-hari seseorang, hanya karena masalah kecil? Ya, kalo masih sempet ketemu Lebaran tahun depan buat bermaaf-maafan. Kalo tidak?
                Entah ini firasat atau bukan, sejak kecil gw emang  keras dan rada kaku orangnya. Maklum Aries kali ya? Hahahaha.. bahkan untuk ngungkapin, gue sayang aja kadang nggak keucap. Gue bisa sayang banget sama seseorang, bahkan rela ngapain aja demi dia, tapi untuk dikatakan? Susah. Ceritanya, tiba-tiba gw pengen aja sms ke nyokap, waktu gw masih kost di Jakarta, nyokap ada di Semarang. Gw pengen tulis “I love u, mom”.  Ya, pengen banget. Gue nyadar, gimana kerasnya usaha nyokap gw bikin gw bisa seperti sekarang ini. Gw masih mikir seribu kali. Ntar nyokap malah curiga, gw udah ngelakuin satu kesalahan, trus ngebaik-baikin? Atau… jangan-jangan, nyokap pikir gue ada maunya? Pengen minta sesuatu? Atau ntar gw dibilang lebai? Berhari-hari, gw hanya sebatas “pengen” sms dan bilang itu, tapi nggak juga gw lakuin. Hingga suatu siang, adik gw telpon, nyokap udah nggak ada :’(
                Damn! Penyesalan gw waktu itu, kenapa gw nggak sms aja sih? Terserah, mau dianggap apa, kek. Setidaknya gw udah bicara apa yang gw rasa. Dan sekarang, kalo gw punya sahabat, saudara, bahkan musuh sekalipun, gw pikir lebih baik katakan apa yang jadi ganjelan sekarang. Suka atau tidak, senang atau susah, daripada kita nyesel belakangan. Entah dia yang duluan pergi atau malah kita?  

2 komentar:

Inung Djuwari mengatakan...

Bener mbak....Umur orang siapa yang tahu.
Harus selalu ingat bahwa kapanpun kita atau siapapun akan dipanggil olehNYA.

Inung Djuwari mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.