Senin, 28 Februari 2011

COPY PASTE...


            Download lagu hanya dengan ngebuka situs internet? Gw sudah tahu sih…Gara-gara ingin mengisi ringtone handphone, ternyata semudah itu meng”klik” lagu karya orang yang ngebikinnya susah bener. Parahnya, bukan lagu-lagu lama saja bisa “diperoleh” dengan mudah semudah copy paste tulisan. Prihatin banget, waktu gw tahu single my fave band Gigi berjudul Bye bye…yang baru launching sehari sudah bisa didownload dari internet. Kabarnya lagi, beberapa lapak VCD bajakan sudah menjual MP3-nya. Ggrrrh… Padahal album mereka saja baru launching 22 Maret, bertepatan dengan ultah ke 17 mereka.
            Gw ngebayangin, gimana sulitnya menciptakan lagu, mixing, sampai nentuin materi yang bisa layak disodorin ke pendengar musik Indonesia… Ngebikinnya saja nggak memakai magic, tetapi otak, tenaga… Sama halnya ketika gw menulis, lantas orang lain dengan mudahnya copy paste.. Pasti nggak akan terima…Bukan hanya hitungan nominal masalahnya, tetapi karya man! Kreativitas, talent seseorang…Lantas gimana CD asli mereka bisa terjual, jika di lapak-lapak masih sah-sah saja ngejual jutaan CD bajakan…Nggak nyalahin pembeli yang “tidak nyadar” atau “tidak tahu” atau bahkan tahu, tetapi pilih “hemat” hingga mereka memilih membeli bajakan.
            Ngomongin pembajakan, ya…gimana lagi. Aturan mainnnya tidak digunakan dengan jelas dan tegas. Gimana musisi-musisi, sineas, bisa terlindungi karyanya. Repot juga. Jelas-jelas lapaknya ada, tetapi jelas pula…diamini, sah saja. Sebaliknya, gw juga nggak bisa menyalahkan pedagang yang mata pencahariannya mengandalkan dari berjualan CD bajakan. Mereka juga butuh hidup…Nyatanya pembeli juga membutuhkan mereka… Daya beli sebagian orang terbatas. Nggak sanggup andai harus membeli aslinya. Gimana caranya nonton film asing, dengerin lagu bagus, tapi rupiah yang dikeluarkan terbatas. Repot.
            Ya sudahlah, daripada pusing dan stress sendiri… Gw lebih baik koleksi CD my fave band yang asli, selama gw masih bs memilikinya. Karena kalau ngebajak karya idol gw sendiri, kok nggak relaaaa ya…hahahahaha… (Peace, Love ‘n Respect **)

1 komentar:

Sundari mengatakan...

aku tertampar! haha...

bukannya gak respek sama mereka, tapi kadang aku memang menggunakan fasilitas yang ada untuk mendapat apa yang aku suka..
my bad..
berasa legal tapinya..

masalah kayak gini memang susah dihilangkan. Salah satu cara paling baik ya dengan kayak mbak stey gitu..

mudahmudahan aku juga bisa lebih menghargai karya mereka..

*kecuali kalo mereka memang dengan rela hati memberikan link untuk mengunduh lagunya geratis :p