Rabu, 24 April 2013

Bangun Lagi Dong Lupus


         Amazing! Hanya itu yang bisa gw bilang, waktu nonton film Bangun Lagi Dong Lupus. Gimana Lupus yang udah “tidur” sekian lama, bener-bener dibangunin lagi. Inget banget, 27 tahun lalu… (gokil man!! Long..long time ago!!) tokoh remaja yang ditulis Hilman Hariwijaya ini booming. Awalnya series di Majalah Hai, berlanjut ke novel and then… film. BOOM!!!
        Ryan Hidayat Alm, gw akui Lupus bangetttts!!! Gokil, berjambut, kocak dan slenge’annya gila. Romantis abis. Gombalannya juga dapet wkwkwkwk.. Cowok blasteran Chekov ini emang nyatu banget sama Lupus di layar lebar. Tanpa mengurangi respect gw sama Rico Karindra, Oka Sugawa, Irgi A. Fahrezi yang coba memerankan tokoh yang sama untuk sinetron seriesnya di Indosiar

        But kini, gimana dengan Migdad Addausy pemeran Lupus di Bangun Lagi Dong Lupus? Memang sih, ga fair kalo mau ngebandingin “dulu” dan “sekarang”.   Karena dalam film yang diproduseri Ekomando ini, terkesan lebih rapi dan santun. Ga ada Lupus yang suka loncat jendela, suit-suitin cewek, ngejahilin orang, nempelin sisa permen karet seenaknya atau main petak umpet dengan guru.
        Upaya mas Benni Setiawan menterjemahkan kemauan penulisnya, patut dihargai. Setting yang terkesan oldschool, masih ada. Suasana di sekolah, angle-angle’nya bikin  gw (dan mungkin kamu…) kangen balik ke bangku sekolah, pake seragam putih abu-abu lagi. 
        Banyak “pesan” coba diselipkan di sini.  Lupus jadi terkesan paket “komplit”. Udah cuek, simple, oke ibadahnya, tanggungjawab ama keluarga,  ga mata keranjang, aduhhhh.. nice banget, dah! Sampai-sampai, gw berpikir, cari cowok seperti Lupus susah bener ya..  He’s too perfect!
        Andai gw bisa bilang… thanks Lupus.. siapa pun itu, dari Ryan Hidayat hingga Migdad.. love you, guys!! Tokoh ini, legend. Coba, cari… tokoh dalam novel yang bisa happening sampai sekian lama? Andai ada novel booming, pasti penulisnya doang yang diingat. But Lupus??? Yessss!!!!

        It’s oke  lah.. kalo  Bangun Lagi Dong Lupus, Lupusnya jauh lebih modern dari era Ryan Hidayat. Kita ga bisa keukeuh musti jadul seutuhnya. Wow! Gimana coba…  Semuanya udah computerized, Lupus masih ga kenal HP?  Kalo ada bumbu guru olahraga yang suka poco-poco atau kepsek narsis, ya sudahlah. Kita musti belajar compromise meski di story aslinya tidak ada. Hargai juga gokilnya Alfie Alfandy  (Boim) dan Jeremy Christian (Gusur).  Boleh dibilang, trio ini  bikin Lupus beneran bangun! Lupus’s back!! Mudah-mudahan, generasi sekarang nonton film ini. Minimal, kenal tokoh ini lewat bukunya dan Lupus jangan tidur lagi dongggg…  (Ft: Hendy Augusta, Oke Rahadian, Kecotz /Komando Pictures)  

1 komentar:

Evi Sri Rezeki mengatakan...

Belum sempet nonton. Mungkin udah ga ada di bioskop ya Mba?