Selasa, 07 Agustus 2012

Kata Peramal Dian


            
           Bosan!  Peramal gue bilang.. bla bla bla, gitu deh kalo kamu ngedengerin omongan  Dian yang masih sepupuan denganku.  Anak kuliahan kok percaya tahyul. Sebenernya, aku sih tau mitos orangtua jaman dulu, kadang ada benernya. Misalnya: jangan duduk di depan pintu,  menyapu atau menggunting kuku malam hari. Semua itu secara logika, bisa diterima. Bayangin saja, duduk di depan pintu? Jelas ganggu orang lewat. 


Lantas menyapu malam-malam, pasti nggak bersih. Kalo gunting kuku? Gelap-gelap, bisa kegunting. Bahaya. Mitos itu bisa kuterima, sepanjang masuk akal. Nah, beda dengan Dian. Apa pun yang dilakuin, suka dikaitkan dengan mitos. Bahkan dia punya sahabat, seorang tarot reader atau pembaca kartu tarot yang punya indra keenam.
            Percaya? Sempet ragu juga sih. Soalnya, pernah aku  lagi pindahan kamar, selama seminggu, sakit mlulu. Tiap malam, bawaannya panas dingin. Tidur nggak bisa nyenyak, bolak balik diganggu bayangan hitam, serem, gede, suka nindih. Sampai aku nggak bisa nafas, seperti kecekik, gitu.
            Dian ngeliat aku nggak seger, langsung nembak. “Lagi ada masalah ya, Ri? Ntar gue tanyain  Deva. Kok wajahmu cekung gitu, kayak kurang tidur? Kamarmu gimana?  Gue udah nggak sreg aja tuh, waktu elo bilang mau pindah ke kamar belakang… yaa, meski lebih gedean sihhh.. tapi hiiiiihhhh! Sereeemm auranya!” kata Dian yang selama kuliah, tinggal di rumahku.  Soalnya kedua orangtuanya tinggal di Bandung.
            “Kurang tidur aja.. Suka mimpi jelek. Kamu ih, apa-apa dihubungin ama magic.. Nggak ah, nggak usah nakut-nakutin,” kataku, sambil nimpuk dia pake bantal. Dian ketawa. Tapi belakangan,  aku nggak tahan juga untuk tidak cerita sama Dian. Ternyata dia malah nanyain ke Deva. 
            “Ri, kata Deva, sebaiknya cermin gede di kamar  elo posisinya jangan pas di kaki lo, pindahin ke samping. Trus, posisi bantal, jangan deket jendela…” Jrenggg! Kok Deva tau, cermin kamarku pas di kaki, trus bantal biasa aku sukanya deket jendela. Adem, angin dari luar kadang sepoi-sepoi masuk.
            “Ngapain sih, pake ceritain aku segala?  Pasti kamu bilang ya, isi kamarku apaan aja? Jangan-jangan, sampai kebiasaanku juga diomongin? Kok nggak nanya weton lahir, bintang, trus shio sekalian?“ protesku sewot, meski dalam hati deg-degan juga sih. Dian malah manyunin mulutnya.
            “Ihhh, siapa yang cerita isi kamar elo? Bukannya gue juga belum pernah masuk tuh, sejak lo pindah kamar? Menegetehe isinya gimana? Gue sewa Bibik, buat mata-matain isi kamar lo?”
            Mau nggak mau, ketawa juga aku denger dia mrepet, berkepanjangan. Bener juga. Nih anak, nggak cerita posisi kamarku. Dia hanya bilang, aku, sepupunya suka mimpi buruk dan ngerasa ketindihan, sejak pindah kamar.
            Saran Deva itu aku lakuin. Ternyata, bener loh. Tidurku pulas, gangguan apa pun nggak ada lagi. Aku titip salam saja sama Dian, yahh sekedar bilang makasih. Tapi buat percaya sepenuhnya sama dia, nggak lah… Tuhan yang kuasa segalanya, bukan manusia.
            Sayangnya, Dian malah makin geer dan yakin, kata Deva itu sakti. Bahkan, apa pun dia ikuti. Seperti pagi ini, pulang shopping dia ngeborong semua pernik dengan warna shocking pink. Jreeengg! Silau, man! Aku sampai geleng kepala. Dia biasanya suka warna hitam, ala-ala anak gothic dan biru tua. Katanya, auranya nggak cocok. Bikin dia sering galau, temperamen, parahnya lagi makhluk halus suka itu. Gelap, dingin, adem. Beeeuh! Ada-ada saja. Masa warna kesukaan aja berubah, gara-gara kata temennya itu sih?
            Nggak hanya itu lho, suatu hari Dian ngedadak mau ngejual motor matic’nya. Hah?! Bukannya tuh motor baru, belum lewat setahun? Ngapain dijual? Mau ganti mobil? Atau… dia butuh uang?
            “Kata peramal gue, sebaiknya gue ngurangin bawa motor yang ini, sendiri.  Soalnya, ada kejadian nggak terduga yang bikin jalan hidup gue bisa berubah,” kata Dian, waktu aku temui di kamar, lagi ngetik peer pake laptop.
            “Ya, ampuunnn! Dan kamu percaya itu?”
            “Ya, iyalahhhh.. secara, gue suka lengah di jalan, entah berapa kali tuh hampir nyerempet orang, trus belakangnya ditabrak angkot, sampai penyok kan? Artinya, tuh motor emang nggak hoki sama gue.  So, gue mau tuker, katanya kalo ganti bawaan, aura gue baikan…”
            Aku nepok jidat. Pusing. Ya amploppp, masih aja percaya hari gini. Soal dia mau nyerempet orang, lha bukannya Dian yang memang grasa  grusu orangnya. Main salip, suka teledor, wajar dong kalo dia suka apes sama motornya. Tapi bukan salah nih motor, salah pengendaranya yang nggak hati-hati.
            Biar dikasih tau juga, namanya Dian. Percuma tak berguna. Dia bilang, nggak mau nanggung resikonya kalo kenapa-napa, gara-gara cuek sama kata ramalan. Ya ellah, masih aja ramalan.
            Sore ini pun, pas aku lihat dia repot, mindahin meja  belajar, tukeran posisinya sama meja rias, itu pun karena “kata Deva”. Hadeeehh! Siapa sih, Deva? Sakti banget, kata-katanya seperti sabda buat Dian.  Jujur, aku makin nggak simpati dan sebel sama tuh cowok. Celakanya, bukannya mereka makin jauhan, Dian malah makin nempel. Baru kutau, adik Deva itu lagi pedekate sama Dian. Mereka pacaran!
           
            Sore ini, aku lagi enak-enaknya baca buku di teras, ketika kulihat Deva datang. Dia nganterin buku, titipan adiknya, buat Dian. Kebetulan juga, Diannya lagi nggak ada. Kesempatan  buatku negor.
            “Deva, pliss deh. Jangan ngaruhin sepupuku yang tidak-tidak deh. Dia jadi parno, tau.. Apa aja dilakuin, karena kata kamu.. auranya jelek lah, bahaya lah..”
            Deva kaget, menatapku dengan ekspresi bingung.
            “Ngaruhin gimana, Ri?  Aku nggak suruh dia macem-macem kok.. Dia nanya, aku jawab aja..”
            “Lhaaaa…itu? Dia nanya apa, trus kamu komennya yang aneh-aneh kan? Masa motor aja, sampe dia jual gara-gara kamu bilang, bahaya buat dia. Auranya nggak pas…”
            Deva senyum,  mengacak rambutnya sendiri. “Trus satu lagi… kamarnya yang biasa metal abis, hitam asesorisnya, jadi pink ngejrenk gitu.. Maksudnya apa? Itu kan ngubah kepribadiannya?”
            Aku masih emosi, sampai ngomong pun nggak pake jeda. Deva geleng kepala, dia sampai belum kusuruh duduk. Pas Deva nunjuk kursi, baru nyadar. “ Ya, silahkan duduk…”
            “Gini ya, Ria yang  care banget sama sepupunya.. Aku tuh, nggak pernah nyuruh dia ganti motor, trus ganti warna kesukaannya segala…”
            “Nah, tuh buktinya? Dia ganti semuanya karena ngikutin kata kamu… Dian bilang, kata peramalku… “ Aku niruin gaya Dian kalo ngomong soal Deva.  Deva malah ngakak abis, ngeliat aku bicara.
            “Aku hanya bilang, bahaya di jalan karena dia bawanya suka slebor. Dia musti hati-hati, bahaya di jalan banyak. Bener kan? Trus soal warna, aku Cuma bilang, kok kamu cewek nggak suka warna pink ya.. biar cerah dikit, nggak gelap kayak horor aja.. Eh, tau-tau malah terjemahinnya salah ya? Aduhhhh!!”
            Aku juga bengong, Deva angkat bahu di depanku. Dia nggak salah. Bener juga, kalo maksudnya gitu. Ntar deh, Dian balik aku bicara lagi. Jujur, aku nggak mau dia terlalu terobsesi sama apa kata Deva… meski Deva sebenernya nggak niat  buruk.
******

            Hujan mengguyur Jakarta, sejak sore tadi, sehabis Deva pulang. Kemana tuh Dian, nggak balik-balik. BBnya juga dimatiin, nggak bisa dibbm.  Iseng, aku coba telpon ke HP satunya yang jarang dipakai. Eh, nyambung! Tumben.
            “Gue masih di mall,  Ri.  Pulang kuliah, mampir ke mall, eh malah hujan… “ katanya, sambil setengah teriak. Musik di belakangnya rame, memang kayaknya dia masih dalam mall.
            “Ya udah, kalo reda, buruan pulang. Naik taksi  kan?”
            “Ya, Ri… gue  udah jalan keluar mau cari taksi. Perasaan gue nggak enak nih, doain ya.. Soalnya  gue  tadi buru-buru ke kampus, lupa.. kebiasaan main samber baju aja. Nih, gue masih gothik aja gayanya.. tshirt dan cardigan gue item.. takut gue…”
            Aku nepok jidat, ada-ada aja sih. Bener nih, terlalu banget Dian. Masa, baju aja diributin. Biasanya juga tiap hari dia pake item, aku juga apalagi… favoritku. “Ya, udah deh, cepet pulang. Ntar kemaleman!” kataku sambil nutup HP.     
            Lewat pukul sepuluh malam, HPku bunyi lagi.  Jangan-jangan Dian, nih anak kok dari tadi nggak nyampe juga ke rumah?
            “Ya, Hallo?”
            “Mbak Ria?  Saudara  Mbak, bernama Dian,  taksinya mengalami kecelakaan, sekarang dibawa ke rumah sakit… tolong Mbak… “ Aku nggak denger lagi, kata-kata selanjutnya di telpon. Mama yang keluar kamar, langsung menyambar HP-ku, karena aku langsung duduk ngedeprok di kursi. Lemas.   Aku percaya, semua ini sebuah kebetulan. Bukan karena kata Deva, tapi memang sudah takdirnya Dian.. (ft:berbagai sumber)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

lumayan buat dibaca disaat santai.. ditunggu kunjungan baliknya..
http://sarmanpsagala.blogspot.com/