Minggu, 05 Agustus 2012

Penari Ronggeng


          
           Pernah denger goyang Karawang? Mungkin nggak jauh beda dengan tarian dari Jawa Barat itu, energik, goyangan penarinya yang rata-rata cewek dengan  ngikutin musiknya,  bikin laki-laki normal, seperti aku ini tergoda.  Sudah dua hari ini, aku tinggal di sebuah dusun,  beberapa kilometer dari pusat kota Garut. Ngakunya sih, nemenin Eka, teman kuliahku dulu yang kini satu kantor denganku di Jakarta. Dia pengen nengokin salah satu kerabatnya, sekaligus liburan lah. Ngadem… cari ketenangan, setelah tiap hari dihajar polusi Jakarta, macet dan orang-orangnya yang temperamental.  Nah, balik ke goyangan tadi, jujur aku bukan tipe cowok gaul yang deket sama banyak perempuan. Apalagi nonton hiburan, macam jaipongan gini.

 
          Entah kenapa, sehari setelah aku diajak nonton jogetan di alun-alun, pikiranku nggak bisa lepas dari cewek bertubuh langsing, mungil, kulit kuning langsat, dan bibirnya yang pakai lipstik warna merah menyala itu, seksi abis! Pusing. Beneran. Gimana nggak? Dia bolak balik, ngelirik ke arahku, bahkan tiap kali goyang pinggulnya atau dia lemparin selendangnya, itu ditujukan pas ke arahku!

 
          Geer?! Boleh jadi! Panas dingin, pastinya. Cewek itu cantik. Sungguh, seperti lakon-lakon dalam pewanyangan atau dongeng yang dulu kubaca di buku cerita, sekolah. Legenda Nawang Wulan, atau Putri-putri dari Kayangan. Mmm, nggak bisa dibayangin kan, cantiknya?
          Mungkin ini cinta pada pandangan pertama. Sejak duduk, nonton, aku terkesima, nggak bergerak. Bahkan,  Eka ngomong apa, aku nggak dengerin, sampai dia nepok bahuku, keras banget.
          “Gila lo, Ndra! Baru diajak nonton beginian, udah kayak orang kesirep! Hati-hati lho, jangan main-main sama goyangan cewek itu…”
          “Cewek manaaaa?! Sembarangan!” kataku, sambil noyor bahunya. Eka ketawa ngakak, wajahku udah merah kaliii.
          Malu kalau inget, kelakuanku kok jadi abg lagi ya? ABG yang lagi naksir cewek! Padahal siapa namanya dan asal usulnya saja, aku nggak tau. Malam itu beneran, aku susah tidur, ngebayangin lagi irama gendang, suling, trus goyangan pinggul dan senyum mautnya itu!
******
          Gendang dan beragam gamelan, terdengar. Suaranya jauh, tapi jelas banget di telinga.  Aku yang setengah tertidur, terbangun juga. Kelihatannya nggak jauh dari rumah ini?  Masa sih, ada panggung gembira tengah malam gini?
          Aku memicingkan mataku yang masih pedes, sulit dibuka. Tapi lagi-lagi musik itu menggodaku. Bayangan penari ronggeng itu, kembali terbayang di kepala. Jangan-jangan, dia juga ada di sana? Buru-buru kuturun dari tempat tidur, menyambar jaket dan sendal. Ah, Eka pasti sudah pulas. Ngapain dibangunin, ntar malah aku yang diketawain, terlalu terobsesi sama perempuan itu.
          Suara itu makin jelas, aku keluar dengan membawa lampu senter, takut kalau-kalau jalanan gelap. Tapi pas keluar,  aku menyusuri jalan ke arah alun-alun, sepi-sepi aja tuh! Lho, kok cepet banget bubarnya?
          “Pulang, Mas… “ Suara renyah itu mengejutkan. Jrenggg! Aku menoleh, nyaris melompat kaget. Gimana nggak shock, udah jalanan rada gelap, sepi, tiba-tiba ada satu sosok di sampingku, krudungan kain pula. 

           “Astagaaaa…” Spontan aku tersentak, sambil ngelus dada. Tapi begitu kain selendang yang buat nutupin sebagian kepala itu dibuka, aku terhenyak, kaget. Ohhh! Penari ronggeng itu?!
          “Mas mau nonton kan? Acaranya sudah selesai, baru saja…” katanya lagi, sambil menatapku. Ya Tuhan, matanya itu indah bangetttt!
          “Kok tau? Hehehehe..”
          “Tau dong, Mas.. Tengah malam gini, jalan sendirian ke alun-alun, mau ngapain?  Lagian, saya ngeliat Mas kemarin malam, kok. Waktu saya joget…”
          Nyessss! Hatiku serasa masuk ke kulkas. Adem bener! Taunya, nih cewek masih ngenalin aku. Inget!
          “Yaaaa.. Trus, kamu mau pulang? Jauh ya? Aku temenin jalan, boleh?” Doengg! Pengen aku ngejitak kepalaku sendiri. Kok jadi gombal gini sih, belum kenal main pepet aja. Gimana dia ngamuk, trus aku dilabrak orangtuanya?
          “Boleh, Mas… nggak jauh kok.. Yuk, mariii…”
          Jreeenggg! Yesss! Rasanya mau melompat, saking senangnya. Dodol banget. Kok baru sekarang sih, tau rasanya naksir cewek? Sementara teman-teman sebayaku, udah pada kawin, minimal mereka punya tunangan. Aku? Pacar aja, belum ada.
          Udara malam yang dingin, sepi, plus lampu penerangan jalan yang terbatas, membuat kami makin dekat, jaraknya. Welas, nama perempuan ini. Katanya,  asalnya dari Karawang, tapi dia ikut neneknya, dibesarkan di dusun ini.
          “Sebenernya, udah capek mas.. Goyang mlulu, hampir tiap malam. Apalagi komentar tetangga, kerabat saya yang di Jawa, trus teman-teman sekolah dulu.. semuanya melecehkan. Katanya, saya cewek panggilan, bisa dicolek-colek, semaunya. Gampangan…” keluh Welas, ketika kami sampai di sebuah pondokan, pintunya sudah rapat tertutup semua. Gelap.
          “Kamu sendirian?”
          Dia menggeleng.
          “Sama nenek… mungkin udah tidur. Biasa, lampu dimatiin kalo malem.. hemat energi…” Dia senyum, coba becanda. Aku menghela nafas, kasihan. Welas duduk di bangku depan, otomatis aku ngikutin dia… Kapan lagi coba, ngobrol langsung sama si cantik ini. 
          “Kenapa dulu, kamu nggak cari kerjaan lain? Gimana ceritanya kamu sampai jadi penari ronggeng?”
          “Ya, gimana Mas? Saya waktu kecil, suka nari… Trus dibawa sama temen pakde, main  bareng kelompok musiknya. Satu, dua kali, hasilnya lumayan. Sawerannya banyak, temen pakde itu senang. Langsung saya diminta, buat jadi salah satu penari tetapnya…Saya juga mau keluar, susah Mas! Temen pakde itu galak, saya ngerasa seperti tawanan. Pakde juga terlanjur percaya dan nyerahin saya sama dia…”
          Ohhhh! Hatiku tersentak, kasian. Kuingat lagi, profesinya itu memang butuh hati baja. Apalagi gadis belia seperti Welas, musti nari sampai tengah malam dengan selembar kain minim di depan sejumlah laki-laki. Karena jarang, kulihat perempuan suka nonton jaipongan dan ronggeng begini. Masih untung, kalau penontonnya nggak lagi mabok. Giliran mereka nge-fly, abis deh, bisa-bisa ditowel sana sini. Untung, Welas orangnya keras dan punya prinsip.
          Dia bilang, sampai detik ini, dia nggak mau diajak nginep atau jalan sama laki-laki mana pun, apalagi abis dia nari. Soalnya, pasti pikirannya udah negatif duluan. Bawaannya, dia bisa diapa-apain saja.
          “Suka sakit hati, Mas.. Kalau mereka nyawer.. trus uangnya main dimasukin ke kemben saya.. Tapi, gimana lagi ya? Asal mereka nggak lebih dari itu, saya masih bisa nahan diri… Saya sampai putus asa, pernah nekad, pengen mati saja…”
          “Husss! “ Aku tersentak kaget, kutatap Welas yang matanya sudah berkaca-kaca. Kasian banget. Kayaknya dia udah nahan sekian lama, baru bisa curhat sedalam ini. Selama ini, teman dia siapa? Paling neneknya, trus teman-teman sesama penari?
          “Udah-udah, jangan ngaco ah, ngomongnya! Aku nggak mau denger yang sedih-sedih. Ntar kita pikirin lagi, jalan keluarnya ya..  Siapa tau, kamu kan bisa kerja di Garut atau malah ngikut aku ke Jakarta?”
          Dia menggeleng, sambil senyum.
          “Ya, Mas. Maaf, saya jadi kebanyakan ngomong. Ceritanya ngelantur…”
          Aku senyum. “Nggak apa-apa, aku seneng bisa berteman sama kamu. Udah, ah, jangan sedih gitu. Kamu istirahat aja.. Besok pagi, aku main ke sini. Temenin aku, lihat-lihat dusun ini ya… Dua hari di sini, belum kemana-mana…”
          Welas masuk ke dalam, setelah aku sempat memberikan kartu namaku, pada dia. Trus kubilang, tempat tinggalku di mana, selama di dusun ini. Siapa tau, dia lewat, trus mampir.
          Sampai di rumah, badanku rasanya mau patah. Capek banget. Baru nyadar, rumah Welas tadi jauh bener ya, .. aku nggak biasa jalan kaki. Jakarta, apa-apa ngandelin ojek, bajaj, angkot. Tadi, entah kenapa pas nganterin dia ke rumahnya aja, nggak berasa capek. Mungkin saking girangnya, sepanjang jalan ngobrol. Giliran pulang, jauhhhh.. kaki rasanya berotot semua.
          Tidurku beneran nggak nyenyak. Padahal suara ngoroknya Eka dari kamar sebelah, kedengaran sampai kamarku. Maklum, rumah dusun kan dindingnya papan. Beberapa kali aku terbangun. Mimpiin yang serem-serem. Ngeliat kucing hitam mati di depan rumahku di Jakarta, ngebuka kran air kamar mandi taunya yang ngalir darah segar, trus terakhir aku ngerasa bantalku basah, trus bau anyir.  Lampu kunyalakan, astagaaaaa! Darah? Bantalku basah oleh darah?  Aku melihat tanganku, kedua telapak tanganku juga basah… basah oleh darah!!
          Aku mau menyambar kaos di kursi, sreeettttt! Tiba-tiba seraut wajah perempuan sudah ada di sampingku. Separuh wajahnya seperti bekas guratan pisau, masih menganga lebar lukanya, berdarahhh… Aku shock, coba lari tapi entah kenapa kaki sulit di gerakkan. Perempuan itu makin depat, wajahnya dia sorongkan ke wajahku. Aku menampiknya sekuat tenaga, badanku lemasss…
          “Pergiii…pergiiiii! Jangan deket…pergiiiii!!!’’’ PLAAAKKK! Tiba-tiba pipiku terasa panas, aku terbangun. Eka di sampingku, bingung. Rupanya tadi dia menamparku, keras banget, sampai gerahamku rasanya mau copot.
          “Soriiii,  Ndraaa! Abis, lo ngelindurnya susah dibangunin. Aku panik, tampar saja… Sakit ya?” Eka nyengir, sambil memegang daguku yang sekarang terasa nut-nutan. Aku menggeleng, buru-buru duduk di kasur. Astagaaa. Mimpi?  Taunya sudah hampir subuh. Mau tidur lagi, males. Aku langsung bangun, buat sholat subuh, trus rencananya lari pagi, sekaligus nengokin Welas. Soalnya, Eka kan pagi ini mau nengokin kerabatnya di dusun tetangga.
          Jalanan menuju rumah Welas, masih kuingat banget. Nggak susah, kok. Lagian dusun sekecil ini, paling juga belokannya nggak banyak. Pas sampai di depan rumah Welas, masih tutup semua pintunya. Lagi kemana ya? Aku duduk saja di depan rumah, nungguin dia. Eh, sampai setengah jam, masih aja nggak ada tanda-tanda dia balik. Kulihat, seorang ibu-ibu yang lagi bawa sayuran, lewat.
          “Maaf, Bu.. Tau Welas nggak ya? Penghuni rumah ini… lagi ke mana ya, Bu?”
          Ibu-ibu tadi kaget. Dia menatapku dari ujung kaki sampai ujung rambut, trus … kabuuurrrrr! Hahhhh! Emang tampangku kriminal ya? Pas seorang remaja tanggung, lewat, kucegat aja. “Dik, tau nggak Mbak Welas yang tinggal di sini? Lagi ke mana ya?”
          Anak muda itu menatapku, sambil mengeryitkan dahi. Setengah bergidik, dia nunjuk rumah Welas. “Rumah itu kan sudah kosong, Mas.. Sejak cucu perempuan si nenek, penari ronggeng itu, bunuh diri. Katanya  malu, abis dibawa gerombolan berandalan dari kota, gitu… Neneknya sih, langsung pindah dari situ. Ikut sama kerabatnya di kota.”
          Aku menelan ludah. Maksudnya, Welas?  Badanku langsung menggigil, dingin. Buru-buru aku balik ke rumah, ketika tiba-tiba HP-ku yang kukantongin bunyi. Nomer asing. Mm, mungkin temenku di Jakarta? “Hallooo.. Eka, ya? Aku Welas…” Brukkkk! Aku pingsan!(ft: berbagai sumber)

1 komentar:

PAK KARDI mengatakan...

INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT





INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT




INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT