Kamis, 19 Juli 2012

sahabat Yoga dari Gedong Sanga



            Miris, ngeliat evakuasi korban pesawat Sukhoi yang jatuh di gunung Salak, Bogor.  Beberapa relawan, petugas media dan polisi, menembus medan yang curam, penuh lumpur, batuan terjal, apalagi pas  abis hujan… belum lagi, kalo ada kabut karena sekelilingnya hutan dan gunung. Fiuuh, bukan sekali ini saja, aku ngeliat tayangan pesawat jatuh, tapi kondisi hutan dan jurang curam di kawasan gunung Salak itu yang membuatku mau tidak mau ingat kembali, kejadian beberapa tahun silam, waktu aku masih sering bolak balik naik gunung.

 
            Aneh? Yup! Teman-teman cewek sekampus, suka ngejulukin aku, cewek aneh. Bayangin saja, ketika teman-temanku ngomongin baju, film baru dan tempat clubbing seru, aku malahan memilih berburu perlengkapan buat naik gunung, kayak sepatu, jaket, raincoat, beserta perlengkapan buat hiking lainnya. Mereka sibuk ke salon, takut kulitnya kering, kasar, aku malah sengaja menerabas hutan, naik ke gunung dan bermalam di tenda, meski dijamin… banyak nyamuk dan serangga.
            Namanya juga sudah hobi, susah mengubahnya. Mama bilang, dulu ketuker kali. Mustinya mama ngelahirin anak cowok, eh keluarnya aku cewek. Jadinya ya, cewek jadi-jadian, ledek Mama tiap kali ngeliat aku pulang ke rumah dengan sepatu penuh lumpur,  baju belepotan, rambut acak-acakan, karena abis ikutan off road atau naik gunung.
            Weekend ini, boleh disebut long weekend. Karena Kamis, pas tanggal merah, sedangkan Jum’at-nya dianggap hari kejepit. So, liburan diborong tiga hari.. mantap banget tuh buat jalan. Rain, temanku satu angkatan di kampus, udah wanti-wanti minggu lalu, sebaiknya aku mengosongkan jadwalku.  Biar bisa ikutan jalan bareng mereka, rencananya mau naik Gedongsongo atau Gedung Sanga yang ada di dataran tinggi Bandungan.
            Beneran, sesuai kesepakatan,  kami jalan pagi-pagi bener sampai di posko satu, Rain masih semangat naik, tapi Dewi, temanku kelihatannya sudah kepayahan. Berempat, bareng Rain, Dewi dan Yoga, kami menyusuri tanjakan yang menghubungkan satu candi dengan candi lainnya. Dewi bilang, sebaiknya kita berhenti di tengah saja, nggak usah pasang tenda di puncak. Meski Rain udah ngomporin, kami cewek-cewek pasti bisa, Dewi keukeuh mau istirahat. Nggak kuat, alasannya.
            “Ya, udahlah, Rain… Kondisinya lagi drop kali, jangan dipaksain. Kalo kalian mau naik duluan, ngeliat di atas ya… duluan aja…Ntar kita nyusul,” kataku, sambil ngebantuin Dewi ngebuka perlengkapan kami.  Yoga nyengir, ngeliat tampang Dewi yang udah kucel, abis. Lagian, sejak awal juga aku sudah ingetin, Dewi minggu ini lagi nggak enak badan. Sebaiknya nggak usah ikutan naik. Eh, dianya ngotot. Apalagi kalo bukan karena ada Yoga, cowok yang baru enam bulan resmi berstatus pacarnya. Giliran dia teler gini, kan temen-temen lainnya yang repot…
            Untungnya, Rain kesabarannya luar biasa. Dia bilang, mau naik duluan, cari view bagus buat foto. Ntar turun lagi, ke tempat kami ngegelar tenda.
            “Aku ikut  Rain, ya.. Kalian berdua di sini, aja. Nggak lama kok, berani kan? “ tanya Yoga, setengah meledek. Dewi manyun, tampangnya kayak mau ngambek gitu. Aku hanya bisa tepuk-tepuk bahunya, sambil memberi kode supaya Rain dan Yoga buruan pergi.
            “Sori ya,  gara-gara aku, kamu ngendon di sini nemenin.. padahal kamu pasti udah nggak sabar mau naik ke atas…”
            Aku menggeleng. Dewi emang kayaknya kepayahan banget. Tumben tuh anak, biasanya paling semangat. Sebaiknya, kucariin aja makanan yang anget-anget, di daerah sini kan banyak tuh sate kelinci, trus sekoteng atau wedang ronde.
            “Bentar, aku turun ya… cari yang enak-enak..” kataku, sambil ngambil tas slempang berikut dompet. Dewi nggak komen, pas aku turun. Dia beneran setengah ketiduran, lemes. Aku juga nggak bisa lama-lama ninggalin dia tuh.
            Pas tanjakan pertama, penjual sate kelinci yang biasanya ada nggak kelihatan. Apa libur? Aku sering beli, tiap kali ke sini soalnya. Kulihat dari kejauhan, kabut mulai turun, aku berusaha menghindari beberapa batuan yang menjorok terjal. Waduh, jalannya mulai susah dilewatin nih,  rada curam batu-batuannya. Entah ini jalanan menuju candi keberapa, kok perasaan nggak nyampe- nyampe bagian datarannya?
            Antara ngantuk, laper dan ngelamun kali ya, nggak konsen, kakinya salah menginjak dataran yang mudah ambrol. Sekali injak, wingggggg!!! Aku terpeleset, pijakanku ambrol, aku ngerasa, badanku terguling, ngegelinding beberapa kali, nyusruk ke bawah…. Ya Tuhan, mampus deh!
            Akar-akaran pohon, batu, sebiasanya kuraih buat pegangan, tapi sia-sia. Badanku merosot begitu cepat ke bawah, gubraaakkk! Tiba-tiba, sebelum badanku benar-benar menghantam batu-batuan di bawah, sepasang lengan kokoh menangkah lenganku.. Dingin, sama dinginnya dengan udara di Bandungan yang memang bikin bibir biru. Apalagi di puncak Gedong Sanga.
            “Tolong…  Jangan lepasin…” kataku, terbata-bata. Aku nggak sempet lagi ngeliat wajahnya, hanya tangan kokohnya saja yang bisa kulihat,  memegang tanganku. Kelihatannya cowok, karena tenaganya kuat. Dia nggak ngejawab, tapi sekali tarik, badanku terayun ke atas, terasa ringan banget, kakiku juga menjejak ke batuan sebisanya, agar badanku naik ke atas.
            Doengg! Berhasil! Aku masih terduduk lemas, ngedeprok di rerumputan, mengusap keringat yang membanjir. “Makasih ya! Kalo nggak ada kamu, mati deh kali… bawah sono batu-batuan gede.”
            Cowok itu senyum. Manis banget. “Lain kali, jalan jangan pake ngelamun. Lagi galau, malah ke sini… nyusruk ke bawah ntar!”
            Kurang ajar, tau-taunya nuduh orang lagi galau. By the way busway, dia ganteng juga.. Kok aku jadi ngebandingin dia sama temen-temen di kampus ya? Dia juga nggak belagu atau malah lebai, seperti yang kuduga.
            Banu, namanya. Katanya lagi naik ke Gedung Sanga, karena nengokin temennya. Ajaib. Masa nengokin temen di sini.. Emang ada yang tempat tinggalnya di bukit ini?
            “Janji ketemuannya di sini kaliii, tapi bukan rumah dia di sini… Waduh, bahasanya musti diedit nih…” candaku, ketika melihat Banu ngelongok kanan kiri, kayak cari sesorang.
“Nungguin dia di sini? “
            Banu mengangguk. Wajahnya berubah, nggak tenang. Kayak terburu-buru, dia pamitan. Katanya temennya, Dito itu pasti udah nungguin. Udah telat. Ya udahlah, kupikir aku juga bisa jalan sendiri, balik ke tempat Dewi.
            ‘Thanks, ya….” Kataku, sebelum Banu menghilang di antara pohon-pohonan. Aneh, kenapa perasaanku jadi nggak tenang gini ya. Bodohnya aku lagi, baru pertama ketemu udah speechless, sampai nanya nomer telpon atau tukeran pin saja, lupa.
            “Kamu sih,  ngeliat bening dikit aja.. grogi. Coba kenalan, siapa tau… daripada ngejomblo berlama-lama…” Aku nyengir. Pengen ngejitak Dewi, tuh cewek ngakak ngeliat wajahku merah marun. Memang di kampus, julukanku jomblo abadi. Abisnya, semua udah pernah ngerasain pacaran, aku masih sendiri aja. Ngerasain pacaran juga, nggak pernah.
            Lewat magrib, Rain dan Yoga belum balik juga. Perasaanku kenapa nggak enak ya. Kami berdua, mikir, sebaiknya nyusul deh. Apalagi kabut mulai turun, gelap bentar lagi. Berulangkali BBm dan telpon juga, nggak ada respons. Bikin stress kan?
            Saat ngelewatin candi ke enam, Dewi memilih duduk sebentar, ketika aku mengitari candi, kulihat dua cowok lagi ngobrol di dataran terbuka. Mmm, bukannya itu Banu? Oh, itu temennya yang janjian ketemuan?
            “Banuu, lagi di sini? Nggak dingin, udah mulai malem gini?” tanyaku, ketika ngeliat, mereka berdua nggak mengenakan jaket setebal jaketku. Banu kaget, ngeliatku. Temen cowoknya itu, hanya senyum.
            “Oh, kamu.. Ya… hummm.. nggak, nggak dingin, kan aku udah biasa, sering banget ke sini, “ kata Banu, matanya masih ngelirik temennya. Cowok satunya itu mengangguk, tanpa menyalamiku dia sebutin namanya, “Dito…”
            Mmm, bener. Cowok ini yang janjian ketemuan sama Rain.
            “Sori, aku ganggu.. ya udah lanjutin aja ngobrolnya, aku jalan duluan ya..” Rain mengangguk, tapi dia nasih menatapku dalam-dalam.  Apalagi Dito, dia nggak komen apa-apa, matanya saja yang nunjukin dia merhatiin aku.
            Pas balik badan, nggak sengaja, kakiku tergelincir batuan, wusssss! Nyaris saja aku terjerembab, terjengkang ke belakang. Hanya dalam hitungan detik, Banu langsung menangkap tangan dan tubuhku. Ya, Tuhannnn… mimpi apa semalam ya? Pas banget aku kini dalam pelukannya. Banu kaget, aku apalagi…. Sampai dia ngelepasin tangannya, spontan dan aku…… Brukkk! Jatuh ke tanah….Konyol. Dito sampai ketawa, ngakak. Tuh cowok imut banget. Giginya rapi, putih, kalo pas ketawa keren.
            “Sorrriii, nggak sengaja…” Banu gugup. Dito noyor pundaknya.. “Hadehhh. Ngaku ajaa suka…”
            Duuuh! Terus terang banget sih, nih cowok. Aku nggak berani ngeliat wajah mereka lagi, langsung ngeloyor pergi, sementara itu kudengar sekilas Banu masih ngomelin Dito, “Kamu sih, ngeledekin.. Kabur kan dia…”
            Rain dan Yoga, akhirnya ditemuin juga. Mereka juga sempet nyasar, makanya lama. Rain sampai wajahnya kusut, masai. Masih tegang, sementara Yoga pucat banget. Malah dia ngajakin, kita buruan turun ke bawah, pulang.
            “Tumben… Kecapekan ya?”
            Yoga menggeleng, seribu bahasa. Rain juga nggak komen, dia hanya kasih tanda supaya kasih kesempatan Yoga tenang.  Kami duduk di tenda bareng, ngegelar makanan yang tadi kubeli dan bikin minuman panas.  Lumayan, Yoga yang tadinya kelihatan stress, mulai ketawa lagi…
            “Kenapa ngedadak dia berubah gitu sih, Rain? Gara-gara nyasar tadi ya?”  tanyaku, setengah berbisik, di samping tenda. Rain menggeleng. “Kamu inget kan, cerita Yoga dulu pernah punya sahabat dekat yang meninggal di gunung?”
            Aku mengangguk. Ya! Bahkan dia bilang, sahabatnya itu udah kayak kembarannya aja. Mereka saling tau isi hati masing-masing dan saling menguatkan.  Sampai-sampai, detik terakhir sahabatnya mau pergi, dia udah dikasih banyak tanda, tapi nggak ngeh. Makanya nyeselnya sampai sekarang, nggak hilang-hilang.
            “Nah, dia tadi ketemu tuh sama sahabat lamanya satu tim yang biasa naik gunung, bareng. Dia nggak nyangka, sahabatnya itu tiap tahun masih sering ketemuan…”
            “Ketemuan sama dia gitu? Sama Yoga?”
            “Nggak, lahhh.. Kalo itu mah nggak kaget.. Tapi ketemuan sama temennya yang udah meninggal ituuu!! Dan shock-nya lagi, aku juga baru tau, temennya itu menghilangnya di sini…maksudnya meninggalnya. Kok dia nggak cerita ya.. nyantai aja waktu diajakin ke sini…” kata Rain, bikin aku melongo.
            Ketemuan sama orang meninggal? Hihhh!  Rain ngeluarin dompet dari kantongnya, kok dompet Yoga? “Ssst, ini dompetnya tadi dititipin ke aku… Dia nunjukin fotonya genk dia naik gunung…:”
            Mataku nanar, waktu melihat foto yang disodorin Rain. Lha, itu kan Banu! Artinya, Banu sebenernya ….. Hiiiiihhhhh! Bulu kudukku meremang, gemetaran. Rasanya mau pingsan. Rain trus nunjuk ke satu orang.. kayak Dito, temennya Banu…
            “Nih, ini temen Yoga yang meninggal itu… dia tadi shock, karena nggak sengaja ngeliat temennya ini ada di candi ke berapa tadi tuh…lupa!  Nah, kalo yang ini….” Rain menunjuk Banu…. “Ini temennya yang masih hidup yang ternyata suka nemuin temennya yang meninggal itu…”
            Aku udah nggak bisa denger lagi penjelasan Rain. Mataku berkabut, kepalaku terasa panas dan cenut-cenut, pusing. Apalagi dari seberang kami berdiri, kulihat satu cowok diam-diam merhatiin kamu. Dia tersenyum  ke arahku, sambil telunjuknya dia silangkan di bibirnya. Alias “diam” . Cowok itu.. Dito!!! (Ft: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: