Kamis, 19 Juli 2012

Cerita dari Sebuah Gelang


             
             Cringgg! Cringgg! Cringgg! Lagi-lagi suara krincingan itu, terdengar. Entah, siapa yang suka mainin krincingan malam-malam gini. Nggak lucu!  Lihat saja, bawaannya bikin mrinding.  Paling nggak banget deh, tengah malam, ketika semua orang sudah lelap tidur, main klonengan. Sudah beberapa hari ini, tepatnya sejak aku pindahan ke rumah yang dulunya milik almarhumah  eyang putri. 

 
            Ya, eyang memang pernah punya beberapa rumah di daerah ini yang lantas dijadiin kost-kostan. Pinter juga, ibu kandung dari Mama itu. Soalnya, tempat rumah yang dibeli ini meski masuk dalam gang, tapi letaknya strategis banget.  Lihat saja, sebelah selatan ada kampus, trus sebelahan sama kantoran dan beberapa rumah makan yang pegawainya rata-rata orang rantau. Alias, mereka pasti membutuhkan tempat buat tinggal… ya kost’lah. Ngontrak hari gini mahal, kalo nggak punya temen yang bisa diajak patungan, repot.
            Ceritanya nih,  rumah ini satu-satunya miliki eyang putri yang tidak dijual, karena pesan almarhumah… sebaiknya dirawat sendiri, bisa digunakan sewaktu-waktu buat rumah singgah.  Waktu itu, Om Bara, adik Mama memang sering tugas ke Jakarta. Dia bisa nginap di rumah ini kapan saja. Soal kebersihan, kami bisa minta tolong, pembantu sebelah ngeberesin rumah. Soalnya dulu, Bik Maryam itu bekerja di rumah ini. Tapi setelah sebelah dijual, dia pindah ngurusin rumah sebelah.
            Masalahnya, kalo nggak ada yang liburan atau dinas ke Jakarta, rumah pun nggak ada yang menempati. Kosong. Sampai-sampai, tiap kali kami datang, musti kerja bakti seharian penuh buat ngebersihinnya. Bayangin, meski terkunci, kan tetep aja ada debu, sarang laba-laba, serangga atau kotoran cicak, macam-macam… termasuk cat dinding yang mulai mengelupas atau engsel pintu dan jendela yang seret, hingga bunyinya suka bikin hati teriris.
            “Jual aja, deh… Ma! Atau.. aku nginep di losmen ya.. ada kok yang murah, daripada seharian ngebersihin nih rumah, capeknya… “ tawarku sama Mama, waktu aku mau balik Jakarta, buat test kerja.
            Mama menjewer kupingku, sambil geleng kepala. “Males, tuh! Nggakkk.. Mama nggak kasih kamu tinggal di losmen.. Namanya anak cewek, kok kelayapan di penginapan sendirian.. Lagian kamu punya rumah, segede dan sebagus itu, sayang banget… Orang lain saja pengen punya tempat tinggal… hargai tuh, niat baik eyang putri. Beliau itu wanti-wanti banget, rumah itu bisa buat nyatuin semua keluarganya, termasuk cucu-cucunya.”
            “Tapi Ma,… Nggak praktisss… Capek doang, padahal nginepnya juga sebentar…”
            “ Males banget sih, kamu! Kan bisa bayar Bik Maryam, atau siapa tuh.. tukang kebunnya Bude Lastri yang tinggal di depan gang.. Beliau itu sepupuan sama iparnya dari kakak  angkatnya Papa kamu… jadi udah nganggep kamu, bukan orang lain lagi. Nggak usah sungkan, Bik Maryam itu juga pasti seneng dapat tambahan duit dari kamu…”
            Mama ribet banget, kalo sudah ngomongin Bude Lastri. Aku suka ketawa sendiri… Bayangin, sepupunya kakak angkatnya Papa. Nah lho, diurutinnya ribet kan? Heran juga, Bude Lastri itu juga kok ya baik banget, sama keluargaku kayak saudara deket aja, padahal silsilahnya nggak jelas gitu.
            Beliau sudah tinggal di depan gang rumah eyang putri, sejak aku masih kecil. Pantes saja, semua pembantu dan tukang jualan di sekitar sini, hormat banget sama beliau. Nah, tukang kebunnya ada dua orang,… satu ngurusin kebon depan beneran, satunya serabutan. Antara ngurusin kebersihan rumah, kebon, sampai nyuciin mobil. Komplit.
            Mereka sering ngebantuin, beresin rumah, terutama kalo ada engsel pintu, jendela, gembok rumah eyang yang sudah aus dan musti dibetulin atau diminyakin. Mama tau aja,  aku males berurusan sama mereka. Ya, risih aja. Ribet, nyuruh pembantu orang lain, meski sudah dibolehin. Lagian jujur, satu hal yang aku nggak mau cerita sama Mama atau siapa pun juga, kecuali sahabatku satu kampus, Fala.
            Aku takut!!!
            Yup, jujur perasaanku gamang tiap kali masuk rumah ini. Bayangin, rumah gede, jarang ditempati. Barang-barang perabotnya jaduls banget, sampai frame foto dan lukisan di dinding. Hadehhhh, serasa aku dibawa ke tahun 70-an, waktu aku belum lahir. Nggak bangets!
            Heran. Justru yang beginian ini nih yang selalu dibanggain Mama, serta Om Bara, tiap kali menceritakan masa kecil mereka bersama eyang di rumah ini. Kata Om Bara, dulu eyang memang rapi dan resik sekali orangnya. Anak-anaknya diajarin mandiri, bisa beberes sendiri, tanpa ngandelin pembantu. Meski pembantu beliau waktu itu, banyak.  Kebersihan lemari, kamar, tanggung jawab masing-masing penghuninya.  Eyang nggak segan, sidak ke kamar, trus ngomelin satu-satu anaknya yang nggak rapi.
            Saking rapi dan disiplinnya eyang, semua barang di rumah ini awet. Perabotnya, jarang ada yang rusak meski sudah digunakan bertahun-tahun dari generasi ke generasi. Seperti sofa, lemari, jam dinding kuno yang masih ngagetin bunyinya, sampai perlengkapan dapur. Buat Mama, masuk ke rumah eyang ini serasa dibalikin ke masa indah beliau waktu masih kanak-kanak. Ya, iyalah…buat Mama, momen yang membahagiakan. Tapi bagiku? Sereemmmmm!
            Hari pertama, aku tidur di rumah eyang sendirian, musti terbangun tiap satu atau dua jam, gara-gara suara dentang jamnya ngagetin. Gemanya seperti menggetarkan seluruh dinding rumah, giris.  Belum lagi suara jendela kamar yang suka berderak-derak karena angin. Pas banget, sekarang Jakarta lagi sering hujan. Anginnya kenceng…
            “Ma… aku nginep di rumah temen aja, ya?”  bujukku sekali lagi. Mama makin melotot. Beliau menarik lenganku, mengajakku duduk dan menatap mataku, dalam-dalam.
            “Teman? Temanku yang mana? Bohong aja sih, kamu… tadi mau cari losmen, sekarang ngaku tidur di temen. Mama makin ragu, kepikiran kalo cara kamu seperti ini. Nggakkk! Pokoknya kamu tidur di rumah eyang, selama kamu test di sana!”
            Aku lemes, ya mau gimana lagi?
            Pagi ini, barang-barangku sudah masuk ke kamar. Beberapa kali aku terbatuk-batuk, karena musti ngelapin debu yang numpuk di sejumlah perabot. Badan rasanya mau patah, bukannya masuk rumah langsung ngejeblak tidur, eh ini malah beres-beres. Bik Maryam yang katanya mau ngebantuin, belum datang. Maklum juga sih, pasti dia masak dan beberes dulu buat majikannya.
            Aku selonjoran kaki di teras belakang yang menghadap kebun dan jemuran pakaian, badanku kusandarkan di kursi rotan, milik eyang juga tuh…tiba-tiba, aku seperti mendengar suara gemerisik dari dalam.
            Cringgg… cringggg… Kerincingan?? Suaranya mirip krincingan gelang kaki. Kedengarannya jelas, berasal dari ruang tengah. Bukannya di rumah, aku sendirian? Aku mengeryitkan dahi, heran. Bukannya hilang, masih saja beberapa kali kudengar, seperti orang yang jalannya menandak-nandak ke lantai jadi suaranya terputus-putus.
            Cringgg! Bbbrrr, perasaanku jadi nggak enak. Aku menghela nafas, bete. Masa denger gitu aja, takut? Buru-buru aku masuk, mencari arah suara itu. Kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, sampai dapur… Kosong! Nggak ada siapa-siapa. Gilanya tuh, ketika pemilik krincingan ini kayak mau ngajakin petak umpet. Giliran aku ke dapur, suaranya terdengar ada di ruang tengah, pas kususul ke sana udah pindah ke kamar. Eh, aku di kamar, suaranya ada di ruang tamu…
            “Udah deh, nggak usah main-main! Awas ya, ntar… kalo ketangkep dan ketahuan siapa yang iseng, jahil!!!” kataku, setengah teriak. Padahal, hati kecilku takut banget lho. Nggak tau kenapa, mungkin karena capek dan bete kali ya, aku malah nantangin tuh suara.  Sambil bilang begitu, aku hempaskan pintu kamar, hingga suaranya  ngagetin. Blammmm!!
Pintu kubanting. Seisi rumah langsung, sunyi! Kerincingan itu, nggak kedengaran lagi.  Huh! Aku mengusap tengkukku sendiri… Mrinding, sumpah! Pasti sugesti saja, batinku berusaha menghibur diri. Buru-buru kusambar handuk, lantas ke kamar mandi. Abis beres-beres, badan rasanya lengket lagi, musti mandi.
********

            Jakarta emang ngebetein dari dulu, kalo udah nyangkut masalah macet. Ampun! Mustinya bisa pulang sebelum magrib tadi, eh.. sampai rumah udah gelap, lewat pukul delapan. Gila! Makan juga belum sempet. Tadi   berpapasan sama abang nasgor yang ngejual pake dorongan, mau beli eh.. habis. Apes banget.
            Lagi ngebuka majalah yang barusan kubeli,  sehabis mandi tiba-tiba… kudengar suara itu lagi. Cringgg…cringgg! Aku sampai nahan nafas, seolah takut nafasku pun bakal bikin pemilik krincingan itu kabur duluan.. buru-buru aku ke arah suara, sambil berjingkat, takut menimbulkan suara.
            Kuintip di kamar belakang, nggak ada siapa-siapa. Aku masuk ke dapur juga, kosong. Pas aku mau ke kamar depan, kamar yang dulu biasa dipake eyang, kulihat…. Cringgg…sebuah gelang rantai putih dengan krincingan, kayak gelang kaki gitu, setengah tergantung-gantung di kursi goyang eyang. Kursinya berayun, hingga sesekali gelangnya bunyi…Cringggg!
            Badanku langsung menggigil, ketakutan. Kenapa tuh kursi ngayun sendiri, trus.. gelang itu, gelang siapa??? Tanganku yang berpegangan pada daun pintu, sampai gemetaran, tubuhku mau merosot jatuh,.. karena jelas kulihat, kursi goyang eyang putri  bergoyang-goyang, kayak ada yang duduk  di sana.
            Keringat dingin mengucur deras, jantung ini rasanya mau copot. Kaki mau digerakkan, berat banget. Nafasku sampai terasa, suaranya saking takutnya. Tatapanku nanar ke depan, ketika kurasakan ada tangan dingin yang memegang bahuku… Jrengg!
            Blukkkk! Aku pingsan.

*******
            Bau ayam bakar?! Nggak banget! Halusinasi pasti… Aku berusaha menggerakkan badanku yang rasanya mau patah, sakit semua. Sekarang ada di mana.. kok baunya enak banget! Ajaib..
            “Weallahhhh, Mbak.. udah bangun. Kaget saya, sampai tadi teriakin tetangga, minta tolong…” Suara itu familiar banget. Astaga, Bik Maryam?
            Bik Maryam cengar cengir, melihatku bangun. Dia langsung nyodorin segelas teh hangat, trus ngambilin seporsi nasi plus ayam bakar yang tadinya ada di meja samping tempat tidurku. Bener, kan.  Ada ayam bakar, aku nggak berkhayal?
            “Maaf ya, tadi Bibik ngagetin, kok sampai Mbak semaput gitu. Kan Bibik tadi siang dipesenin sama sapa tuh, Omnya Mbak yang suka nginep sini…”
            “Om Bara???” Aku bengong… Om Bara lagi di Jakarta?
            “Yaa, bener.. Omnya Mbak tadi siang dateng, katanya ada dinas di Bogor, sekalian mampir, bawain Mbak makanan ini.. Nah, tadi pas Mbak pulang, saya langsung ke sini, nyusulin. Kan Mbak ninggalin kunci serep, buat saya bersih-bersih…”
            Ohhh, jelas sekarang. Siapa yang memegang pundakku, sampai aku kaget dan pingsan. Tapi, soal krincingan itu?
            “Bik Maryam, punya krincingan?Maksudnya gelang kaki gitu?”
            Bik Maryam ketawa, trus nowel bahuku. Badannya yang tambun itu sampai bergoncang, saking gelinya. “Ah, Mbak ini ada-ada saja.. Mana punya saya krincingan, emangnya bayi? Lagian nggak ada yang muat sih, Mbak? “
            “Trus, krincingan di kursi itu… punya siapa?”
            Bik Maryam menggeleng, sambil angkat bahu.
            “Krincingan mana, Mbak? Nggak ada tuh… Saya kan yang bersihin rumah, sebelum Mbak pulang tadi…”
            “Jadi, Bibik nggak pernah denger krincingan?”
            Dia menggeleng, yakin. Huuhhh! Kalo gitu, mungkinkah aku mimpi karena kecapekan?
            Ah, bodoh! Malam ini aku tidur dengan perut kekenyangan. Bik Maryam juga sudah pulang. Tapi belum pulas benar, kurasakan angin di kamar semakin dingin. Tengkukku saja sampai merinding, padahal kamar nggak pake AC, bukannya udara Jakarta panas bener? Aku membalikkan badan, berusaha tetap tidur, tapi.. sreeettt.. Cringgg…cringggg!
            Ya, Tuhan! Suara krincingan itu lagi? Suaranya jelas, kini ada di depan pintu kamar! Aku menutupi wajahku dengan guling, berusaha menghapus bayangan jelek di kepala. Tapi nyatanya, badanku makin menggigil, karena takut.
            Cringggg! Ampunnn! Kesal, takut, marah, campur aduk! Aku langsung turun dari tempat tidur, kali ini nggak boleh takut. Aku musti hadapi, apaan sih itu yang suka main krincingan? Manusia?
            Jantungku berdegup kencang, waktu nyebut kata manusia. Kalo bukan manusia, siapa?  Perlahan-lahan, pintu kamar kubuka, .. Cringgggg!!!! Deeegggg! Mau pingsan rasanya, aku melihat dengan jelas, seorang bocah kecil berambut ikal dikuncir dua lagi jalan di lorong depan kamarku, sambil menyeret boneka dari kain.. Wajah bocah itu, nggak kelihatan, karena dia menunduk dan memunggungiku.. tapi jelas, kakinya kulihat mengenakan gelang rantai yang ada krincingannya…
            “Kamu! Kamu siapa?” Tanyaku,  parau. Bocah itu nggak ngejawab. Dia juga nggak berhenti atau menoleh, ngeliat aku. Padahal sumpah, aku juga takut banget, nggak siap andai dia ngeliat aku…
            Cringggg! Bocah itu terus jalan, lantas belok ke kamar eyang! Aku terpaku di tempatku, nggak bisa bergerak. Pas sadar, nekad kuberanikan diri ke kamar eyang, kubuka pintunya hati-hati. Jrengg! Kosong! Hanya kulihat, kursi goyang eyang, bergoyang-goyang. Ampunnn! Bisa mati berdiri aku, kalo tiap kali musti ngeliat aneh-aneh gini!
            Malam ini, aku nyaris nggak bisa tidur. Sampai azan subuh terdengar pun, aku masih terjaga. Niatku hari ini, mau minta Bik Maryam, nemenin aku ntar malem. Biarin deh, dia kubayar dobel. Sayangnya, Bik Maryam entah kenapa nggak datang ke rumah. Aku pulang ke rumah udah capek banget, nggak sempet mikir macem-macem. Ingetnya hanya tidur, itu saja… Beberapa kali, suara krincingan itu terdengar, tapi tekadku bulat. Nggak bakal peduli, sama suara apa pun. Lebih baik aku diem di kamar, daripada stress ngeliat yang aneh-aneh.
*********
            Pagi ini, weekend. Mustinya, aku bisa nyantai, bangun siang dan bermalas-malasan di rumah. Nyatanya, pagi-pagi rumah sudah digedor orang, heboh banget pula. Kayak nggak sabaran banget. Kesel, sambil ngebetulin kancing bajuku, aku bukain pintu. Doengg! Bik Maryam dan…..seorang cowok bertubuh cungkring, berambut kriting, kriwel dengan tatapan kosong, sudah berdiri di depanku. Sementara di belakangnya, dua petugas, memakai jaket, tapi kelihatan mereka petugas kepolisian.
            Ya Tuhan, pertanyaanku soal krincingan itu terjawab sudah. Gelang krincingan yang bercampur tanah, diperlihatkan padaku, waktu kebon di belakang digali. Sesosok mayat yang sudah tinggal tulang belulang ditemukan, beserta sebuah boneka kain lusuh!
            Baru kutau, cowok cungkring tadi dulu pernah ngebetulin rumah eyang… Ya, sebelum aku datang, Mama pernah bilang sudah suruh tukang benerin. Karena pompa air dan gerendel belakang, rusak. Taunya cowok itu entah gimana, kerasukan setan pas ngeliat anak cewek kampung belakang, lagi main. Dia dibujukin, dibawa ke rumah eyang. Cewek itu ngelawan, malah sampai kejar-kejaran dan akhirnya kena getok palu kepalanya pas di kamar eyang! Dia jatuh dan meninggal seketika di deket kursi goyang eyang. Buat menutupi jejak, cowok itu menguburnya di kebon belakang.
            Aku menggelengkan kepala, rasanya seperti mimpi denger itu semua. Untung, kejahatan cowok itu terbongkar, karena cowok itu mengakui kesalahannya. Dia diteror bayangan bocah itu, sampai-sampai nyaris gila karena stress. Mama menelponku, malam ini, begitu denger semua kejadian itu..
            “Ya, udah… semuanya udah normal lagi kan? Kamu nggak usah takut, doakan saja,  supaya bocah itu tenang di alamnya…” kata Mama.
            “Ya, Ma… Aku juga besok pulang kok... Urusan di sini, udah selesai..” kataku, sambil menutup laptop. Pas laptop kututup….Jrenggg! Kulihat bocah kecil dengan gelang kaki itu, sudah ngedeprok di depanku!(foto: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: