Kamis, 25 Oktober 2012

Halloween Party



           Blaarrr! Lampu mati, bersamaan dengan suara guntur dan air yang seperti ditumpahkan dari langit. Deres banget. Kelas yang tadinya gaduh oleh suara dari CD Player yang biasa digunakan buat latihan ekskul dance,  langsung sepi. Hanya terdengar gemuruh hujan di luar sana. 

          Guys, tungguin gue, plizzz…” Sambil menggigit bibir, Netha tubuhnya menggigil, ketakutan.  Tangannya meraba-raba meja, berusaha menemukan tas yang tadi dia letakkan di sana. Karena biasanya, dia selalu membawa senter berukuran mini, buat jaga-jaga.
          “Dante, kamu masih di situ? Nyalain lampu HP-nya, dong?“
          Sepi! Netha menelan ludah, panik. Tangannya meraba tengkuknya, yang ngedadak ngerasa dingin. “Dannn! Plizzz deh, jangan becanda. Nyalain lampu HPnyaaa…”
          Dante nggak ngejawab juga. Padahal seingat Netha, tadi di ruang kelas, masih ada Dante bersamanya. Nyesel, kalo tau bakalan mati lampu gini, dia nggak akan berlama-lama di kelas.Gara-gara tergoda, masih pengen dengerin CD –nya One Direction yang limited edition milik cowok blasteran Jerman Sunda itu, dia memilih pulang ekskul paling akhir.
          Bbbbrr! Lagi-lagi tengkuknya terasa dingin. Punggung tangannya,  mengusap peluh di keningnya, begitu saja. Matanya sampai pedih, kemasukan keringet yang membanjir. Kemana sih, tuh cowok?  Perasaan tadi masih masuk-masukin CD koleksinya dalam tas deh, kok udah nggak ada jejaknya sama sekali?
          Sreeet. Sreeeettt! Suara langkah kaki yang seperti diseret itu, lamat-lamat terdengar. Degg! Jantung cewek bermata bulat, hidung mancung dan rambut sebahu dengan poni mirip tokoh kartun Dora itu, mau copot. My GOD! Wangi bunga sedap malam, ngedadak tercium. Aromanya makin santer, bersamaan dengan langkah kaki yang rasanya sudah begitu dekat dengannya.
          “Dante!! Nggak usah becanda, deh! “
          Sreeeettt!  Suara langkah kaki itu, lagi. Sekarang, begitu dekat!  Ada di bawah kakinya! Sampai-sampai, dia bisa ngerasain, hembusan nafasnya di betisnya!  Netha stress. Matanya sudah basah. Kakinya gemetaran, buru-buru kakinya dinaikin,  dia duduk di atas kursi, sambil memeluk kedua lututnya. Badannya menggigil,  air matanya nggak bisa dibendung lagi. Dia menangkupkan wajahnya di lututnya, sambil berharap, apa yang dia rasain itu halusinasi.
          Blarrrr! Lampu nyala, bersamaan dengan terdengarnya tawa Dante dan Wina, teman satu ekskulnya.
          “Jiaaahh! Gitu aja, takuttt sihhh?!” Dante ngakak, nunjuk wajah Netha yang terbengong-bengong kaget dengan mata merah dan pipi basah, karena tangis. Wina senyum, nyamperin Netha, sambil noyor bahunya.
          “Sori, say.. Ide Dante nih,  gue sih penggembira doang.” 
          Whattt???!  Kalian sengaja, ngejebak dan nakut-nakutin gue?” Wina meringis, Dante nyengir. “Tega banget sih, lo!”
          Netha langsung menyambar tasnya dan menghambur ke luar, sambil berusaha menahan tangisnya yang kembali pecah. Antara malu, kecewa dan marah, campur aduk menjadi satu.  Wina  dan Dante, berpandang-pandangan.
          “Kali ini, kita keterlaluan, Dante…”
          “Ah, biasa aja kaleee! By the way busway, oke juga tuh ide lho, ngebawa bunga sedap malam dan niup-niupin kakinya pake sedotan.”
          Wina nggak ngejawab pujian Dante. Dia juga menyambar tasnya di meja, trus ninggalin cowok itu, sendiri di kelas.

*****

          Yup, semua orang di sekolah, juga tau, Netha penakut akut. Sampai kalo tidur pun di rumah, lampu tidak pernah dimatiin. Dua teman curcolnya, Maya dan Dara  saksinya. Setiap dia menginap di rumah mereka, buat ngerjain tugas kelompok atau sekedar ngabisin, weekend sama-sama, pasti ke mana saja, nempel kayak perangko. Bahkan, malam-malam, Maya musti rela dibangunin, buat nemenin Netha ke toilet.
          “Yaellahhh, Net. Udah biasa main ke rumah gue aja, masih keder sih? Lagian, lampunya juga terang banget!” protes Maya, sambil ngucek matanya yang masih kriyep-kriyep. Ngantuk. Netha nggak bergeming. Tetap saja, dia menarik-narik baju tidur, Maya, sampai tuh cewek nyaris nyusruk, kejedot tembok.
           Mereka bertiga, sama-sama centil, suka warna pink, bertubuh mungil dan gadjet mania.  Yah, mirip-mirip genk Cherry Belle atau Blink, gitu. Sore itu, mereka nongkrong bareng di Sevel, deket rumah Maya, dengan  mengenakan baju serba pink. Stylish abis, dah!  Maya emosi berat denger curhatan Netha yang abis dikerjain Dante, sampai-sampai gelas slurpeenya yang udah kosong, penyet, dia remes-remes.
          “Awas aja, Dante dan Wina! Gue doain, kesambet beneran!”
          “Husss! May! Kok nyumpahin orang gitu, sih? Kita doain aja, sama-sama. Biar mereka dapat balasan setimpal,” kata Dara yang emang tulalit. Loadingnya suka lama! Netha dan Maya yang tadinya tegang, jadi ngakak. “Lolaaa, lola! Loading Lama, emang repot!” kata Netha, sambil ngebuka BB-nya, diikuti Maya. 
          Mereka langsung terdiam, konsentrasi sama gadjet masing-masing.  But belum ada lima menit, konsentrasi Netha dan Dara, buyar seketika begitu denger Maya screaming.
            “Yess! Iyesss! Follower gue nambah 50  orang!!”  Dara dan Netha, langsung lemas. “Nambah follower kok bangga. Nambah cowok, baruuu… ,” Netha komen, sebelum dia nyeruput ice cappucinonya.  Wajar sih, soalnya selama ini mereka bertiga dikenal belum punya pacar.   Tiga cewek ini emang paling doyan, ngerumpi di jejaring sosial.  Belakangan, mereka bertiga   adu banyak-banyakan follower.  
“Bukannya lo udah punya secret admire?” ledek Dara, sambil noyor bahu Netha. Cewek itu mengeryitkan dahi, “Siapa??”
“Dante?” Doenggg! Detik berikutnya, Dara habis dicubitin dan dikelitikin sama Netha dan Maya.  Tanpa mereka sadari,  seorang cowok yang duduk di pojokan,  memperhatikan tiga cewek ini dengan ekor matanya. Sementara tangannya mengutak-atik, gadjet. Sebuah situs pertemanan juga yang tengah dia buka.

*****
Malam ini, Netha masih mengutak-atik peernya di kamar. Wajahnya manyun, sesekali mengacak rambutnya atau mengetuk-ngetukkan bolpoin di atas meja, sambil geleng kepala. Errrggg, biasanya ngerjain tugas fisika nggak seribet ini deh. Bolak balik dihitung dan dimasukin ke rumus, kok  hasilnya beda-beda.
Net, besok datang pagian ya.. Gue mau nyontek peer fisika, lo. Netha meringis, ngebaca pesan dari Maya di BB-nya. Hiih! Nggak tau, kali ya, dia juga kelimpungan.  Padahal nggak pernah lho, dia sampai sepusing ini ngadepin fisika. Ya, karena Dante suka ngebantuin, ngejelasin rumus-rumusnya enak banget. Dia juga sabar, nungguin dan ngebenerin kalo jawabannya salah.
Huh! Sayang aja, kelakuannya kemarin ngerjain dia, norak banget. Penyuka Muse dan Taylor Swift ini, ngedadak jadi ilfeel. Mau ngelanjutin ngerjain peer, nggak konsen. Dia ngeraih BB-nya yang barusan bergetar. Dia baca pesannya, mmm.. dari Sinta.
Halloween Party? Jreenggg! Netha tertegun, baca undangan dari temen sekelasnya itu. Dia ngeliat kalender di meja. Yess! Perfect banget, pas mau halloween pula. Bulu kuduk Netha ngedadak merinding. Sebel! Apalagi, pas ngebuka internet, eh… gambar-gambarnya pernik halloween semua. Cewek ini menggeleng, dia mau matiin internet. Tapi matanya ngedadak tertuju sama satu artikel, dia jadi penasaran. Akhirnya, bukannya ditutup, Netha malah ngeklik dan browsing macam-macam.
“Lucu juga pesta kostumnya… Ngapain juga, gue musti takut ya? Lagian, gue juga beriman dan udah gede. Jangan-jangan Maya dan Dara nganggep gue kayak kecil. Chicken! Tapi mereka diem, demi ngejaga perasaan gue. Hadeeehh!”
Netha senyum sendiri, sambil membuka situs yang lain.
******

Perpus, pagi-pagi sudah rame. Biasa! Jelang midtest, anak-anak jadi rajin, minjem buku.  Netha lagi kesal, dia lemparin tuh plastik bekas camilan yang sudah dia remas-remas ke arah tempat sampah. Plakkkk! OMG, pas banget nemplok di bahu seorang cowok! Dante?  Cowok atletis dengan alis tebal dan dagu belah itu, malah senyum. Nggak marah. Dia ambil plastiknya, lantas masukin ke tong sampah. Netha blingsatan sendiri. Jujur, dia nggak bisa ngelupain ulah iseng Dante, nakut-nakutin dia di kelas. Tapi sisi lain, tatapan matanya itu loh, selalu bikin dia speechless! 
“Sori ya, gue keterlaluan kemarin.”
Cewek ini diam, nunduk, sambil mainin gadjet di tangannya. Dante ngedeket, berdiri tepat di depannya. “Masih marah??”
Netha nggak ngejawab, dia langsung ninggalin Dante yang masih berusaha mengejarnya, mensejajari langkahnya. “Tungguuu!!”
“Sori, gue buru-buru, ada janji sama kakak kelas!”
Dante tertegun, ngeliat cewek itu pergi. Dia nepok jidatnya sendiri. Kesal.  Apalagi, waktu inget kata-kata Wina. “Inget, dia tuh penakut banget. Ngapain lagi, pake shock therapy segala dengan alesan ngebantu dia ngilangin phobianya. Bukannya kebiasaan takutnya hilang, tapi respect-nya dia sama lo selama ini, berubah jadi benci!  Lo nggak mau kan, kehilangan dia?”   
****
Malam ini, langit cerah banget.  Sayang, tidak secerah hati Dante yang masih tertegun sendiri, di teras depan rumahnya. BB-nya sejak tadi bunyi, tapi dicuekin. Paling juga telpon atau BBM dari Wina, ngingetin dia supaya dateng ke acara halloween party di rumah Sinta, temen sekelas mereka.
Andai saja, dia nggak ngerjain Netha waktu itu, pasti mereka bisa seru-seruan bareng sekarang. Mereka memang temenan sejak SMP. Waktu itu, cowok berambut kriwel ini ngeliat ada cewek imut  hampir saja ketimpa billboard pengumuman di sekolah yang ketiup angin kenceng.  Untung  dia buru-buru narik dia. Mereka pun deket, sahabatan. Sayangnya, masuk SMA, cewek itu lebih banyak ngabisin waktunya dengan genknya, Dara dan Maya, padahal Dante nggak bisa mengingkari hati kecilnya, kalo ternyata dia  bener-bener love at the first sight.
Nyadar atau nggak, tiap dibutuhin, cowok yang  fasih berbahasa Inggris dan Sunda ini, selalu ada. Like a guardian angel, dah. Hingga dia tiba-tiba punya ide, kasih shock therapy, biar Netha nggak tersiksa dengan phobianya lagi. Eh, malah hasilnya sebaliknya…
Dante menggeleng. Dia menyambar BB-nya, sambil berdiri, mau masuk ke dalam rumah. Iseng, dia lihat BBM yang masuk. Matanya terbelalak, waktu nyadar ada BBM dari Netha?! 
Lagi di mana, Dante? Gue tunggu ya, Halloween Party di sini nggak seru, tanpa kamu.. Gue udah denger semuanya dari Wina, kok. Thanks, ya! Gue nggak se-chicken dulu lagi. Pssstt, temen-temen yang dateng, dandannya serem-serem niiih.. Buruan, sini!
             Cowok ini melongo, setengah nggak percaya. Dia toyor sendiri kepalanya, cubit pipinya. Dia nggak mimpi.  “Tunggu gue, Netha!!” (Cerpen ini sudah dimuat di Aneka Yess! Magz edisi 22/2012)

Tidak ada komentar: