Kamis, 05 April 2012

ketulah jeng Kunti...



            Wangi dupa lagi?  Pasti kerjaan Sakti, cowok yang tinggal di  lantai bawah, ujung sono. Padahal tuh anak sudah diingetin, kalau pengen ruangannya wangi, jangan menggunakan dupa atau hio. Cari saja pengharum ruangan, kan banyak dijual di pasaran. Kalau nggak ya, lilin atau semacam hio tapi khusus buat aromaterapi. Beda kan dengan dupa… karena identik buat sembahyang atau beribadah. Tapi ya..itulah, Sakti. Nggak bisa dibilangin… Seenaknya sendiri. Kita-kita, satu kost’an juga tau, dia dapatnya dupa juga bukan beli, tapi ngembat milik Harlan yang tinggal di kamar depan. Pegawai bank swasta itu memang sering beribadah dengan menggunakan dupa. Masalahnya, suka kaget saja..ketika Harlan tugas keluar kota sekian lama, kok tiba-tiba kecium wangi dupa.
            Keisengan Sakti memang nggak hanya sebatas main-main dengan dupa saja. Tapi dia juga sering ngerjain kami, penghuni kost dengan becandaannya yang tidak lucu. Gimana mau lucu…dia suka pura-pura jadi pocong, memakai kain sprei buat menutupi sebagian tubuhnya, ntar malem-malem pas kami ke kamar kecil atau jalan di koridor kost, dia bisa tiba-tiba muncul, ngagetin. Pernah tuh, sekali dia kena tonjok, temen anak kost di sini. 
            Gara-garanya, mereka nginap semalam buat ngerjain tugas. Pas tengah malam, salah satu di antara mereka ke kamar kecil. Sakti ternyata nungguin, di belokan dekat taman. Begitu cowok itu lewat, jreenggg… Sakti nongolin diri dengan kostum pocongnya. Harapan Sakti, mahasiswa asal Lampung itu bakal tunggang langgang, lari ketakutan atau malah, pingsan. Nyatanya? Laki-laki yang bisa taekwondo itu, malah ngeluarin jurus andalannya. Buuuukk! Gubraakkkk… Sakti langsung nyungsep. Gigi depannya tanggal satu!
            Antara kasihan dan nyukurin, kejadian itu kami pikir bakal membuatnya jera. Nyatanya, nggak tuh… Seperti malam itu, pas anak-anak lagi males keluar kamar, karena hujan sejak sore tadi deras banget. Dingin, lagi. Enaknya memang ngeringkel di kamar, masing-masing.
            Rini, anak baru, pindahan dari Yogya, baru saja selesai mandi. Dia memang paling sering mandi malam-malam, tiba-tiba… ketika dia melewati taman, dekat belokan kamar...doengg! Sakti muncul dengan mengenakan make up serem. Wajahnya putih, berdarah-darah dengan kedua matanya menghitam..
            Shock! Rini bener-bener shock dan ketakutan. Dia langsung melempar semua perlengkapan mandinya, lantas lari masuk ke kamarnya, sambil menangis histeris dan nyebut nama Gusti Allah, berulangkali. Kasihan. Rini sampai shock dan bener-bener beberapa hari berikutnya, dia nggak pernah berani keluar kamar malam-malam sendiri. Padahal kami udah ngejelasin, itu kelakuan Sakti. Bukan hantu beneran…
            Ridho, anak Fakultas Teknik Industri yang suka ngeband itu sampai ngancam. Katanya, kalo Sakti bikin ulah lagi, dia nggak segan rontokin semua giginya sekalian. Nggak hanya satu…
             “Kapan sih, kamu sadar. Nggak main-main dengan begituan.. Ntar suatu saat, disamperin beneran baru tau rasa…” kata Mega, anak yang tinggal di lantai dua, ngingetin. Ya, kost’an kami memang campur, cowok cewek, dua lantai. Bedanya, cowok bagian tengah ke depan, cewek bagian dalam. Selama ini sih, kami bisa hidup berdampingan… alias nggak ada yang kurang ajar  cowoknya. Sebaliknya, ceweknya juga nggak kecentilan, tebar pesona atau nggodain cowok-cowoknya.
            “Nggak mungkinlah… Hari gini ada hantu-hantuan, segala. Lagian, Pocong, Genderuwo, Kuntilanak, Jin atau apa pun itu namanya, udah pada keder sama gue..  Nyantai aja lagiiii.. Mereka yang kabur, ngeliat gue. Bukan sebaliknya!” Pede banget, Sakti ngebalikin teguran dari kami. Kalo sudah debat sama anak ini, emang susah. Nggak bakalan, memang.
            Sejak awal, dia masuk ke kost ini, kami langsung bisa ngebaca tabiatnya yang keras kepala. Maklum, anak tunggal. Pemilik perkebunan tembakau dan show room di daerah, pula. Mantap kan? Tapi ya , gitu deh.. Bukannya disyukuri dan dimanfaatkan positif kelebihannya, malah buat main-main. Kuliah bolong-bolong.  Biasa nongkrong di teras atau di koridor depan kamarnya, trus iseng nggodain cewek-cewek  atau ya..itu main hantu-hantuan. Efek positifnya, kami jadi kebal soal kuntilanak, jin dan sebangsanya. Soalnya, tiap kali kejadian, pasti kerjaannya Sakti.
*****
            Malam ini, pas malam Jum’at Kliwon. Kami semua sudah ngeringkuk di kamar masing-masing. Hanya kedengaran suara genjreng-genjreng gitar dari kamar Ridho. Nggak terlalu kenceng sih. Biar anak band, tapi Ridho tau juga jaga volume kalau udah malam begini… 
            Kulihat,  Sakti cengar cengir masuk ke kamarku. Tanpa menungguku , mempersilahkan dia duduk, dia langsung lompat di kasurku sambil ngeliatin aku yang masih ngetik, nyelesaiin tugas.
            “Den, lo tau nggak, anak baru yang datang dari Garut tadi pagi? Cantik lho! Gila! Sandra Dewi, Nikita Willy, lewat semua dah.. “
            Aku menghentikan ketikanku, ngeliat wajahnya yang jahil bin kurang ajar itu dengan tatapan bete. Dia sadar itu, tapi cuek aja. Malah dilanjutin ceritanya..
            “Lo tau nggak, dia kan orangnya cemen.. Penakut. Gue lihat tadi, dianter orangtuanya aja nangis-nangis. Kayak mau kemana aja…padahal Garut Jakarta deket banget..”
            “Udah deh, Saktiiii! Kan sudah diinget Ridho, jangan usil lagi main begituan. Aku juga sama dengannya.. Makhluk halus, jangan dibuat mainan. Ntar mereka marah beneran, hati-hati lho.. Kesambet, kita semua nggak bisa nolongin kamu..”
            Sakti ngakak, dia menoyorku dengan buku yang ada di meja. Lantas dia ngeliat tumpukan buku agamis yang ada di mejaku. Dia ketawa. “Ya ampun, teorinya banyak bener… Nggak ngaruh kali, lo doa seharian, pagi siang sore, malem.. toh namanya jin iprit itu nggak ada. Mereka takut sama gue, kalo mau lewat kost’an ini…”
            Glondang! Tiba-tiba terdengar suara kaleng, ngegelinding di depan kamarku. Aku terkesiap, kaget. Sakti kulihat juga kaget, tapi lantas kembali ngakak..
            “Parno, lho! Denger gitu aja, pucat!” katanya, sambil berdiri dan ninggalin aku sendiri di kamar. “Gue balik ke kamar. Ntar ya, liat aja, ntar anak Garut itu bakal termehek-mehek sama gue…”
            Aku melotot, mau nimpuk dia dengan buku, tapi Sakti keburu lari, keluar kamar dan membanting pintuku dengan suara gaduh. Buset. Kurang ajar tuh bocah. Malem-malem, main banting pintu…
            Aku ngelanjutin lagi, ngerjain pekerjaanku. Banyak angka-angka yang belum match, musti dihitung ulang. Pegal. Lamat-lamat kudengar senandung lirih, kayak tembang Jawa. Tapi suaranya jauhhh banget..
            Aku mengeryitkan dahi. Siapa lagi, ada cewek malem-malem nembang. Aku nggak perduliin suara itu lagi. Mataku terlanjur berat, capek banget. Buktinya, begitu naik kasur, aku langsung terlelap.

******
            Pagi-pagi, kost’an gaduh. Aku ngeliat, beberapa teman lagi ngumpul di depan kamar Sakti. Sebagian ada yang menutup mulutnya dengan tissue atau saputangan. Semuanya sih, cowok. Cewek-ceweknya malah duduk di kursi, koridor kamar. Wajah mereka tegang campur shock… Ada apaan sih?
            Penasaran, aku samperin mereka. Kulihat, kamar Sakti terbuka.. darah ada di mana-mana… Astagaaa?! Sementara pembantu kost, berusaha ngebersihin lantai dan mencopot korden serta sprei yang kena percikan darah.
            “Dho, ada apaan nih? Sakti kenapa?”
            Ridho yang juga tengah berdiri di dekat kamar Sakti, geleng-geleng kepala. Sesekali dia ngebantuin, menyingkirkan barang-barang bersih, biar tempat itu gampang dirapiinnya.
            Masalah Sakti, masih tandatanya besar di kepala. Soalnya, pagi itu tidak ada satu teman pun yang bisa cerita. Mereka hanya bilang, Sakti ditemukan pingsan, berdarah-darah di kamarnya.
            Jangan-jangan, anak kost yang kesal, menghajar dia sampai babak belur? Sadis banget?!
            Sore itu, sepulang dari kantor kulihat kamar Sakti terkunci dari luar. Gemboknya menggantung di luar, tanpa di dalam nggak ada orang. Masih belum pulang dari dokter kali ya? Sakitnya segitu parahnya?
            Kulihat Rini, jalan melipir di depanku. Rini kaget, melihatku masih bengong di situ.
            “Rin, Sakti kemana? Belum pulang dari pagi?”
            Rini menggeleng. Baru kutau darinya, Sakti memang ditemuin berdarah-darah di kamar. Gara-garanya, semalam dia mau ngegangguin anak baru yang dari Garut itu. Entah gimana, kayaknya dia beneran ketemu kuntilanak.. Pantes saja, aku dengar senandung lirih yang jauh banget suaranya. Kan katanya, kalau senandungnya keras, deket, malah Kuntilanaknya jauh. Tapi kalau senandungnya seperti sayup-sayup, dia malah udah deket sama kita. Hihhhh! Mungkin memang sudah waktunya, Sakti diberi pelajaran. Karena apa pun namanya, kalo diusik pasti juga marah…

Tidak ada komentar: