Minggu, 05 Februari 2012

sang pemimpi



            Batok kelapa yang diikat dengan sebilah bambu itu, mulai bergoyang. Awalnya lambat, hanya ke kiri dan ke kanan, tapi lama-lama makin kencang dan berat. Gila! Aku dan Sandy, berpandang-pandangan. Tangan kami yang sejak tadi memegangi bambu itu, bergetar hebat. Rasanya batok kepala ini beratnya ribuan kilogram, sampai-sampai tulang-tulang tanganku seperti mau copot dari engselnya.  Keringat kami mengucur deras, bersamaan dengan petir yang menyambar di luar sana. Hujan, ditumpahkan dari langit…
            Blarrr! Bersamaan dengan suara gledek menyambar, lampu mati. Kami berdua panik… nggak sedikitpun melepaskan pegangan bambunya, meski aku dan Sandy sama-sama nggak bisa ngeliat satu sama lain. Bener-bener gelap, pekat….
            “Wo, gue udah nggak kuat lagi niiih.. “
            Sandy suaranya kayak orang putus asa. Lemes. Aku sendiri juga takut, nggak kuat, tapi masa mau dilepasin.. Kata orang, main jalangkung medianya musti dipegang kenceng, sebelum roh yang ada di dalamnya, beneran sudah pulang. Lha, ini… dianya masih goyang, malah makin kenceng, gimana?
            “Wo!! Lo tidur ya?”
            “Enak aja nuduh tidur.. Gimana mau tidur? Memang lo kira, sanggup megangin ini sendirian?”
            Aku mikir, gimana caranya balikin ini roh. Bandel banget. Sejak tadi kami sudah berusaha dengan berbagai cara, nggak bisa. Salah Sandy juga sih. Dia kan sudah tahu, aku ini penakut. Trus, rumah kontrakan kami tetanggaan sama satu keluarga yang  barusan ditemukan tewas, karena dibantai perampok.
            “Udah ah, lepasin aja…gue nggak kuat, sumpah… bisa keseleo kalo gini caranya!” Sandy nggak menunggu jawabanku. Dia langsung saja melepaskan tangannya dari boneka batok kelapa yang kami pegang. Aku kaget. Secara, kekuatanku langsung berkurang separohnya…
            Batok kelapa itu melepas, tanganku akhirnya lepas juga. Badan ini sampai terjengkang ke belakang, kepalaku membentur kursi, bersamaan dengan suara guntur menggelegar. Blarrrr! Gelap.
******
            Hahh! Jam enam pagi?? Aku kaget, begitu melihat jam di samping tempat tidur.  Tanpa peduli, sendalku nyelip di mana, langsung saja aku lompat dengan telanjang kaki ke kamar mandi. Baju tidurku basah kuyub, keringat.
            Gubrakkk! Aku terpeleset, karena lantai licin… Badanku mencium lantai. Masih untung, kepala masih bisa ditahan jadi nggak langsung menghantam ubin. Bisa-bisa gegar otak… Parah!  Ketukan di pintu, mengejutkan. Mama muncul dengan ekspresi panik. Rupanya beliau denger suaraku jatuh, berisik..
            “Dewo?? Jatuh lagi? Semalam kamu mimpi apalagi, Nak? Hati-hati dong, kalo jalan… Lama-lama kepala bisa bocor tuh. Mama kok serem melihat kamu akhir-akhir ini…”
            Aku senyum. Sambil mengusap kepalaku yang masih aman-aman saja.
            “Nggak apa-apa, Ma. Kepleset saja, karena tadi nggak pakai sendal, licin lantainya… Dewo nggak mimpi apa-apa kok…” kataku, berbohong. Ya, andai Mama tau aku mimpi buruk  lagi, pasti beliau malah stress.
            Jujur. Aku sendiri nggak tau, gimana asalnya hingga sering banget dihantui mimpi yang rasanya seperti nyata banget. Nggak jarang, aku sampai jatuh terbanting ke lantai dari atas tempat tidur, menangis hebat sampai bantalku basah, atau melempar semua bantal dan gulingku ke mana-mana, hingga membuat kamarku porak poranda.
            Mimpi buruk biasa? Nggak juga… Karena pasti, setelah dihantui mimpi itu, entah sehari, seminggu, kemudian, mimpiku itu kejadian. Nyata. Beneran! Inget banget, waktu mimpi lagi main  bersama anak-anak di kampung ini. Secara aku masih bujangan… bocah-bocah itu seneng banget, main ke rumah, lantas ngajakin aku main bola.
            Tumben banget, lumayan lama nggak main bola bareng mereka, tiba-tiba saja malah dimimpiin. Aku ngeliat, anak-anak itu girang banget main bola meski hujan lebat. Bahkan beberapa kali, aku musti teriak ngingetin. Soalnya serem, ketika kudengar suara gemuruh. Bakalan disusul gledek, sebentar lagi.
            Blarrrr!Kejadiannya begitu cepat. Aku sampai nggak sempet bicara apa-apa, hanya melihat  kilau yang menyilaukan tiba-tiba saja menyambar, tepat  sekian centimeter saja di depanku. Wusss! Mataku terpaksa kupejamkan, karena pedih, karena terpapar cahaya yang begitu terang. Nggak lama, kudengar bocah-bocah itu menangis histeris. Mereka berlarian, bubar, meninggalkan aku yang masih belum sadar apa yang terjadi.
            Waktu mata ini membuka kembali… Astaga! Seorang anak kecil yang tadinya main bola rame-rame, tertelungkup tepat di depanku. Sebagian tubuhnya legam. Hitam. Aku mau menolongnya, ketika tiba-tiba sebuah tangan kekar menyentakkan badanku …
            Glondanggg! Busyet! Kepalaku sakit banget, terbentur ujung tempat tidur. Mimpi!  Anak kecil yang tersambar petir di depanku itu sudah nggak ada. Ternyata aku hanya bermimpi. Syukur ya, Tuhan… Batinku. Nggak beneran kejadian yang kulihat semalam itu. Karena nyatanya, aku masih ada di tempat tidur… Nggak di taman, deket rumah.
            Pas berangkat ke kampus, aku masih melihat bocah-bocah yang ada dalam mimpiku semalam masih main-main di depan rumah. Mereka memang nggak seberuntung anak-anak sebayanya yang bisa sekolah. . Amri, Udin, Udjo, trus..siapa lagi ya? Mereka  seperti keponakan-keponakanku saja, saking deketnya.
            “Kak, ntar main bola lagi ya… Pulang cepet ya?” kata si Udjo yang badannya tambun dengan tompel di pipi kanannya itu, lucu.
            Aku mengangkat ibu jari kananku, tanda setuju. “Ntar ya, moga-moga kakak bisa cepetan pulang. Nggak ada acara di kampus…”
            “Horeeee…. “ teriak mereka kompakan, sambil melambaikan tangan. Si Udjo kasih hormat ala tentara. Tuh bocah memang paling bandel, berani, tapi lucu… Kasihan banget, sejak balita sudah ditinggalkan oleh kedua orangtuanya yang menjadi TKI. Dia dirawat oleh kakek dan bibinya yang nggak married.
*******
           
            Entah kenapa, perasaanku nggak enak hari ini. Dosen menerangkan apa pun, nggak ada yang masuk dalam otak. Bahkan, buat mencatat pun asal-asalan. Padahal biasanya, aku paling seneng bikin catatan ringkas dari apa yang sudah dijelasin di depan. Biar gampang, ntar pas ujiannya.
            Bukk! Sandy nimpuk aku pake kertas yang dibuat bulatan, kayak bola. Dia nyengir, pas  Bu Santi, dosen yang lagi mengajar melotot. Untungnya, beliau nggak negur, tapi langsung melanjutkan menerangkan mata kuliahnya..
            “Ngelamunin apa sih, lo?! Kayak orang abis jatuh cinta aja, bengong dari tadi. Tuh bolpen juga corat coret nggak jelas…” kata Sandy, setengah berbisik .
            “Huss!” Aku melotot, dia malah nyengir. Seolah di depan, nggak ada dosen… Gokil juga tuh cowok.
            “Wo, ntar nonton yuk.. Gue ketinggalan nih, belum lihat Ghost Protocol…nggak ada acara kan? Balik kuliah, langsung ya…” katanya, setengah berbisik.
            “Emang masih main ya? Bukannya dah lama banget?”
            “Udahlah,.. kalo abis ya cari film lain aja.  Hantu Ngesot, Pocong Kesamber Petir,  Kunti Hangus vs Pocong, juga boleh… Intinya, bosen maksimal  nih. Butuh hiburan!”
            Hampir aja aku ngakak denger omongan Sandy. Masa dari Ghost Protocol-nya Tom Cruise tiba-tiba pindah ke Pocong. Judulnya aneh-aneh lagi. Jauh lebih aneh dari yang sudah tayang sekarang… Bisa-bisanya Pocong disamber petir…
            Blaaarrr! Pas banget suara petir menggelegar, kenceng sampai kami semua yang di ruang kuliah kaget. Bahkan si Rindu yang biasa latah, kumat latahnya. Ampunnn, bentar lagi hujan gede pasti. Pantesan saja, tadi berangkat kuliah langit udah agak gelap.   Seperti mendung, pekat banget langitnya…
            “Tuh denger sendiri kan? Gledek?! Kayaknya hujan gede ntar…Kita balik aja buru-buru malah, ngapain ke mall, nonton. Takutnya hujan badai lagi, kayak kapan tuh yang papan reklame dan pohon pada rubuh…” kataku, ketika Bu Santi mengakhiri mata kuliahnya pagi ini. 
            Sandy nggak komen, dia kelihatan kecewa. Tapi alasanku dia terima, tanpa membantah lagi seperti biasa. “Gue kapok, kejebak kayak kemarin waktu hujan badai. Dua jam di jalan, mobil nggak bisa gerak sama sekali. Macet.”
            “Betulll!” kataku, sambil mengemasi barang-barangku. Sebuah buku jatuh, pas aku mau mengambilnya, gledek kembali terdengar. Kenceng banget. Sampai rasanya, kaca-kaca di ruang kuliah ini berderak…bergetar.. Buru-buru kuambil buku yang ada di bawah kursi, srettttt! Wadowww… Ujung jariku berdarah, kena  sebuah peniti yang masih dalam posisi terbuka… Apes banget sih. Ada apa ya? Perasaanku kembali nggak enak.
            Mahasiswa yang masih ngerumpi  satu ruangan denganku juga suaranya kayak mendengung, nggak jelas. Tiba-tiba perasaanku gamang. Seperti nggak berada dalam ruangan ini…
            “Wooiii! Tuh kan ngelamun lagi! Pulang nggak? Mau hujan gede nih!” Sandy membuyarkan lamunanku. Ah, moga saja semuanya baik-baik saja.  Mama juga sekarang udah nggak  pernah kambuh lagi asmanya..
             Kegelisahanku terjawab juga akhirnya. Pas aku baru sampai di depan rumah, kulihat ibu-ibu tetangga berkumpul di rumah  Udjo. Mungkin ada arisan,  ibu-ibu kampung sini..  Pas aku mau masuk, Mama malah keluar dengan pakaian rapi, hitam-hitam dan membawa pasmina…
            “Ma, mau hujan… Mama mau kemana?? Mau dianterin?”  Mama menatapku dengan tatapan sedih. Instink ini mengatakan, pasti ada yang nggak beres. 
            “Udjo,  anak tetangga yang biasa main bola sama kamu… “ Mama menghela nafas, berat banget. “Dia meninggal pagi tadi, pas kamu masih di kampus.  Gara-gara lagi main bola pas banyak gledek. Dia kesamber petir…”
            Wusss! Kepalaku langsung pusing. Ingatanku akan mimpi semalam, begitu jelas. Petir, anak-anak main bola dan…. Ternyata korbannya, Udjo. Mama mengira, aku shock sampai terjajar di pintu, karena selama ini begitu dekat dengan Udjo. Mama nggak tau, kejadian ini sudah terbaca jelas dalam mimpiku…
*****
            Mungkin, sebuah kebetulan saja, aku mimpi Udjo disamber gledek. Kuanggap, kejadian itu nggak perlu dipikirin lagi. Nyatanya, nggak!  Entah gimana, tiba-tiba aku mimpi kampusku kebakaran. Api menyambar begitu dahsyatnya, sampai-sampai atap-atap eternit kampus pada berjatuhan… Kami lagi mengikuti perkuliahan, nggak sempat menyelamatkan diri.
            Kulihat banyak teman-temanku terperangkat api di ruang kelas lain, tepatnya samping kelasku. Sementara sebagian petugas berusaha memadamkan api, aku mencari-cari Sandy. Kemana tuh anak? Bener-bener membuatku cemas. Karena terakhir kulihat dia di belakangku, dia malah yang mendorongku sampai terlempar ke luar kelas.. Moga-moga, dia juga berhasil keluar…
            Kami semua berkumpul di halaman, menyaksikan petugas pemadam kebakaran menyisir bangunan yang dilalap api. Kulihat, Sandy berlari-larian ke arahku. Wajahnya kusut masai, bajunya basah dan kotor…
            “Rindu… Rindu, Wo!!!” Dia langsung menarik kerah bajuku, saking paniknya sampai kami jatuh terduduk berdua di rumput. “Rindu masih di dalam.. Aku nggak bisa narik dia keluar!”
            Doengg! Aku pucat. Ya ampun, Rindu masih di dalam? Sementara api sudah menyambar, hampir seluruh bagian gedung??  Spontan, entah kenapa aku tiba-tiba saja lari, balik ke ruang kuliah kami tadi. Nggak kuperdulikan suara teriakan orang-orang, bahkan ketika Sandy menarik badanku pun, aku dorong dengan kekuatan yang aku sendiri nggak tau, darimana asalnya. Sampai Sandy terjerembab, jatuh…
            Rindu. Ya, aku harus menyelamatkan cewek itu. Bukannya dia yang selama ini begitu baik dan kutahu, diam-diam juga mencintaiku? Hanya sayangnya saja, aku nggak pernah bisa membalas cintanya… Kasian, cewek mungil berambut sebahu yang ceria dan latahan itu…
            “Rinduuuu??!” teriakku, pas sampai di depan ruang kuliah. Nafasku mulai sesak, karena asap begitu tebal. Aku nggak peduli, api terasa begitu dekat dan panas. Pas kulihat satu sosok di antara bangunan yang roboh, seorang cewek tertelungkup di sana… Rindu?
Aku nekad ingin menerobos masuk, pas atas eternit bangunan benar-benar jebol seluruhnya. Brukkkk!  Sebuah balok yang jatuh, menghantam kepalaku. Gelap.
            Aku terbangun dengan badan basah kuyub. Bajuku lepek, bantal dan guling sudah berhamburan di lantai. Lagi-lagi Mama datang dengan tergopoh-gopoh, panik. Kata Mama, dia mendengar aku teriak seperti orang kesetanan. Ffiuhhh! Capek juga, tiap mimpi musti begini.
            Mimpi itu berusaha aku lupain. Apalagi kulihat di kampus, semuanya terlihat baik-baik saja. Sandy malah pagi-pagi sudah ngisengin beberapa teman cewek. Dasar. Bakatnya memang tebar pesona.  Kuliah belum juga dimulai. Tumben, Bu Danti yang biasanya on time kali ini nggak tepat waktu… Rindu juga nih, nggak muncul-muncul. Jangan-jangan dia bolos? Kan dia cerita dapat pesanan banyak kue. Selama ini mamanya memang melayani pesanan kue kering, seperti castengels dan nastar.  Meski sudah memiliki satu asisten, Rindu masih suka membantu kalau pesanannya banyak.
            “Maaf, saya terlambat, soalnya pagi-pagi banget saya melayat dulu, baru ke sini..  Sekalian saya mau mengabarkan, kabar duka. Teman kita, Rindu  subuh tadi meninggal dunia. Mari kita doakan….”
            Omongan Bu Danti selanjutnya, nggak kudengar jelas. Kepalaku pusing. Rasanya mimpi semalam, seperti film yang diputar ulang. Rindu… Rindu meninggal? Tapi kenapa? Perasaan kemarin sehat-sehat saja…
            “Gue denger, Rindu mau nyalain kompor, ketika tabung elpijinya meledak,” kata Sandy, ketika kami tengah menuju ke rumah Rindu, buat melayat. Aku menghela nafas. Terjawab sudah. Mimpiku, kebakaran hebat dan Rindu…
            Nggak berhenti sampai di situ. Sering aku bermimpi tentang orang-orang terdekatku. Seperti aku bisa merasakan, apa yang bakal terjadi kemudian. Kata Eyang, mustinya disyukuri. Kita lebih hati-hati. Tapi tetap saja kan, kalau sudah takdir, kita nggak bisa lari kemana-mana. Sandy sahabat terdekatku yang mendengar ceritaku, mengerti benar gimana nggak enaknya posisiku. Tau bakal kejadian, tapi nggak bisa ngelakuin apa-apa. 
******
            Kampus sudah rame, pagi ini. Jelang semesteran, banyak dosen yang suka kasih tugas dadakan soalnya. Kulihat, Sandy tengah duduk membaca di depan kelas. Haruskah kuceritain mimpiku semalam?  Aku ragu… Gimana Sandy ntar nggak stress, dia pasti langsung menduga-duga bakal mengalami musibah…
            “Heiii Wo… ssst, gue punya mainan baru. Ntar malem, kita mainin ya…Lo nggak penakut kan??” tanyanya, sambil nunjukin bawaanya, satu tas plastik hitam. Tumben, dia bawa tas gitu… 
            “Apaan? Jangan yang aneh-aneh ya!”
            “Nggak kok.. Cuma ini, batok kelapa dan bambu, buat main jalangkung. Gue penasaran, suka baca ceritanya tapi beneran nggak sih, kalo…”
            Omongan Sandy, belum selesai. Wajahku pucat. Astaga, bukannya itu mimpiku semalam? Jangan-jangan?
            “Buang aja, San! Awas lho ya, kalo mainin gituan!!!” Aku langsung ngamuk. Sandy terheran-heran, melihat ekspresiku seperti orang marah dan ketakutan.
            “Enak aja buang… Aku dapatnya susah, tauuu! Ini pemberian…” Dia belum menyelesaikan ucapannya, tapi aku sudah menyambar plastik yang dia bawa itu.  Buru-buru aku mau buang ke tempat sampah,  di pojokan lorong kelas…
            Sandy bengong. Dia buru-buru berdiri, mau mencegahku. Aku mempercepat langkahku, nggak peduli kulihat Sandy marah.. daripada dia celaka? Pas sampai depan tempat sampah, aku masukin plastik yang kata Sandy berisi batok kelapa dan bambu buat bikin jalangkung. Tiba-tiba, sebuah balok kayu penyangga atap, roboh. Aku nggak sempat menghindar, hanya kudengar orang-orang teriak, lantas…. Buuukkk! Semuanya gelap. Sayang, aku terlambat nyadar, kalau ternyata kali ini mimpiku itu pertanda buat aku sendiri. (ft: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: