Senin, 05 November 2012

Ms Vampire




             Ms. Vampire! Itu julukan Vina di sekolah. Temen-temennya waktu SD yang promoin, sebutan itu. Gara-garanya, waktu SD cewek berambut sebahu, hidung mancung dan mata belok itu, selain punya dua gigi menyerupai taring,  Vina juga cungkring banget.  Bahkan, ada yang nyebut dia, orang-orangan sawah. Sadis emang.  Doi kan pernah keluar masuk rumah sakit, so beratnya turun drastis dan susah buat naikinnya, lagi. Tapi itu kan 7 tahun lalu. Long, long time ago.

 
            But sayangnya, trauma masa kecilnya waktu dibully ama genk Santi, Rita dan Wanda terekam banget, sampai detik ini. Gimana diteriakin vampire, cungkring, jalangkung, tiap jalan di lorong kelas, di depan anak-anak kelas lain. Kalo jalan, mereka suka nabrak-nabrak, sampai barang-barangnya Vina, jatuh berhamburan. Giliran ada temen yang negor, ngebelain Vina, mereka ngeles. Katanya, “Soriiii, abis nggak kelihatan…Namanya juga vampire, makhluk jadi-jadian.”
            “Udahlah, Den. Nggak usah dibahas. Toh, aku juga nggak apa-apa, kok,” kata Vina, sambil menarik tangan Denny, menyingkir dari situ. Cowok berambut ikal yang jago matematika itu, satu-satunya orang yang always ngebelain Vina. Meski Denny sendiri juga sering dibully. Abis, sama cungkringnya, sih! Bahkan cewek-cewek yang doyan ngerumpi, seperti genknya Netha, ngejulukin dia cowok nerd. Secara dia pake kacamata dengan frame tebal.   
            Waktu cepet banget,  berjalan ya… Vina udah menjadi gadis cantik. Kulit putih bersih, kayak kulit bayi. Nggak ada jerawat berani nempel. Tanpa lipgloss, bibirnya sudah merah seperti snowwhite. Rambutnya lurus, hitam, berkilau, mirip rambutnya bintang iklan shampoo. Bodinya tinggi. Tapi mimpi buruknya belum berakhir.. Soalnya Vina yang baru pindah sekolah, karena dulunya nemenin neneknya yang sebatangkara di Surabaya, ketemu lagi dengan genk Rita di SMP. Satu kelas pula…
            Rita sendiri, makin bete ngeliat Vina yang tiap hari  nggak perlu direpotin sama catokan atau bolak balik bonding ke salon kayak Rita, karena rambutnya kriwel abis.  Vina juga nggak perlu maskeran, luluran, sampai memakai bermacam obat dari dokter, seperti Rita yang jerawatnya suka nongol kalo nggak dijaga banget.  
            Wanda, apalagi. Bodinya kan tambun, meski dia udah nyobain berbagai macam obat diet, dari kapsul sampai yang rebusan, dari tusuk jarum sampai disetrum, hasilnya saja aja. Dia masih nggak bisa pake baju modis, soalnya ukurannya musti XL. Trio ini ngerasa,  munculnya Vina  di sekolah membawa musibah. Cowok-cowok yang dulunya, rajin deketin mereka, spontan pada suka ngerumpiin Vina, meski kalo ada Rita mereka sok suka gitu deh sama Rita.
            Ya iyalah. Cowok-cowok itu kan nempel mlulu, karena traktirannya trio heboh ini. Mereka memang anak-anak orang kaya yang terbiasa dimanja sama harta, tapi jauh dari perhatian orangtua. Sampai-sampai, sarapan pagi aja yang nemenin pembantu. Pulang sekolah, tidur malam, lagi-lagi pembantu doang yang ada. Mama dan papa mereka sibuk meeting, arisan, lobi sana-sini, mengentertain klien di klub etc. Wanda, Rita dan Santi biasa diajarkan, uang bisa ngatasin segalanya. 
            Vina memang masih slim,  sampe kalo cari baju ke mall, bareng teman-temannya, dia paling lamaan milihnya. Susah cari ukuran pas.  Kalo nggak kedodoran ya…kependekan tuh baju atau celana, sampe ngegantung. 
            Sahabat Vina di SMP, Vanessa dan Vanya.   Bersama dua sahabatnya ini, Vina baru bisa tertawa. Mereka biasa ngabisin waktu dengan baca novel, entah di rumah atau di toko buku,  sampai petugasnya mondar-mandir melototin. Mereka juga suka  mereka ngutak atik blog yang mereka isi bertiga. Ya, Vina kan jago desain, pinter bikin sket orang dan baju, kayak komik-komik juga okey. Kalo Vanessa dan Vanya jago bikin cerita dan puisi.  Trio ini juga gemar nonton DVD romantis. Kalo udah gitu, masing-masing curcol soal khayalannya. Vaness ngebayangin punya cowok yang kayak di drama-drama Korea. Cool, putih, suka kasih kejutan romantis, tapi nggak banyak bicara. Wanda pengennya cowok atletis yang bodinya kebentuk kayak instruktur di gym, katanya sih biar bisa ngelindungin dia. Vina sih tidak pernah nyebutin cowok impiannya. Soalnya dia ngerasa, nggak pede bisa ngedapetin cowok sesuai kriterianya. Ada yang suka aja udah boro-boro.
            Kasihan Vina. Gara-gara trauma sama celaan itu dari kecil, dia sampe minderwardeh, alias nggak pede ama dirinya sendiri. Hal itu kebaca dari cara dia jalan, biasa nunduk, nggak berani toleh kanan kiri. Apalagi pas masuk “kawasan” orang-orang reseh itu. Kalo makan di kantin, dia pasti pilih tempat paling pojok, paling tersembunyi. Sebisa mungkin, nggak sampe diketahui orang lain dia ada di situ. Pas mau pulang pun, dia suka keluar paling akhir. Sambil nungguin Vaness dan Vanya yang beda kelas,  Vina baca-baca teenlith, kesukaannya. 
            Ekskul dia pilih yang pesertanya paling sedikit dan tidak banyak bikin dia ditonton orang. Kayak basket, volley, dance atau cheers pasti kan bakalan banyak yang ngeliatin. Makanya, dia pilih ekskul jurnalistik dan melukis. Udah sepi, nggak boleh berisik di kelas, masing-masing juga fokus sama pekerjaannya sendiri. Pilihan sempurna.
            But thanks God, mimpi buruknya berakhir. Lulus SMP, mereka yang suka sirik malah nggak diterima di sekolah yang Vina pilih. Cewek kalem ini juga udah berusaha ngelupain,  cerita buruknya  itu. Secara sekolahnya yang berstatus nasional plus sekarang,  ekskul dan tugas-tugas harian, banyak bener. Nyaris, nggak ada waktu buat pemilik kaki indah ini buat mikirin masa lalu.  Temen-temennya juga jauh berbeda.  Mungkin, karena sama-sama udah dewasa kali ya.   Asyikan ngerumpiin film yang lagi tayang, baju-baju lucu dan sale di mall, ketimbang ngisengin orang.
            Nightmare banget hidup lo, but itu kan dulu, Vin.  Katanya pengen move on?” protes  Naning sambil berusaha nyamain langkahnya Vina yang kelihatannya buru-buru banget. Gila emang! Semalem, cewek ini lupa nyalain alarm.  Tidurnya emang kelewat larut, karena ngerjain paper.  Kebayang dong. pagi tadi dia bangun kesiangan,  sampai nggak sempet sarapan saking takutnya kejebak macet di jalan.
            “Udah, ah.  Keputusan gue sama!  Nggak bisa dan nggak mau! Jelas? Kalo lo mau ikutan, kan masih banyak tuh anak-anak lain. Ngapain musti sama gue sih?”
            Naning tertegun. Dia merandek, keder ngeliat Vina  bete, beneran. Biasanya tuh anak masih bisa dibecandain dan dibujukin. Mereka kan  udah kayak sodara saja, soulmate gitu lah. Kedua ortu mereka saling kenal. Naning juga sering nginep di rumah Vina atau sebaliknya, kalo weekend.
            Naning manyun, dia narik-narik  seragam Vina, tapi tuh cewek tetap nggak bergeming. Malah, begitu masuk kelas, Vina langsung ngeluarin buku  catatannya, tanpa menghiraukan Naning yang pasang tampang memelas,  sambil duduk di sampingnya.
            “Bener nih? Lo tega, ngebiarin gue jalan sendiri? Ntar kalo ada cowok-cowok unyu, nyesel lho? “
            Vina yang tadinya pasang tampang kenceng, jadi senyum. “Ambil semua deh, cowok-cowok unyu lo itu.  Bukannya selera kita beda bener? “
            Naning nyengir. Iya juga. Dia paling speechless kalo ngeliat tipe-tipenya  Rain atau Tim Hwang, gitu. Sebaliknya sobatnya itu bisa tertidur-tidur, kalo diajakin ngeliat idolanya itu. 
            “Psstt… pokoknya, ntar kita lanjutin lagi ya, ngomongin masalah ini. Ntar gue traktir slurpee deh di sevel, pulang sekolah…” kata Naning, setengah berbisik. Soalnya Bu Citra yang kalo ngajar kacamatanya suka mlorot-mlorot itu, sudah datang.
*****
            Keukeuh. Kepala batu! Ya, itulah Naning. Biar badai menghadang, kalo kata lagunya Ada Band, tidak ada kata menyerah.  Buktinya, begitu jam pelajaran usai, dia langsung mepet Vina lagi, sampai nih cewek gerah.
            “Jadi, kita minum slurpee di sevel depan? Gue yang bayarin deh?”
            Vina menggeleng. Dia menghempaskan diri, di bangku depan kelas, sambil ngeliat jam di pergelangan tangannya. Ntar lagi, dia mau ngeberesin naskah, buat majalah sekolahnya. Yup! Penyuka buku-bukunya Raditya Dika dan Dewi Lestari itu, memang udah setahun ini dipercaya jadi salah satu redaksi majalah sekolahnya.
            “Nggak, ah. Gue mau ngecek naskah yang masuk, bentar lagi.   Paling juga, cari makan di kantin depan. Beli roti dan minuman dingin, seperti biasa.  Lagian, Ning. Gue kan bilang, paling ogah denger, baca, atau nonton acara spooky-spooky. Takut kebayang aja, kebawa sampe tidur. Eh, malah ngajakin ke acara Halloween… apa untungnya, coba?”
            “Jelas untung! Banyak cowok unyu, loh! Tipe kamu juga pasti ada, cool-cool gitu. Bilang deh, mau yang seperti apa? Gue denger, temen-temennya Marcel  dari sekolah lain, banyak. Lumayan kan, nambah best friend?” 
            “Cowok, againnn!”
            “Iya, iyaaa, bukan cowoknya ajaaah! But, you know what? Therapy buat lho, juga tuh. Ngilangin phobia denger yang serem-serem. Masa pesta kostum aja, keder sih lo? Ayolah, gaul dikittt. Have fun, lagian weekend ini. Mau pacaran ama laptop dan tablet di rumah?”
            We’ll see… But nggak janji, yaaa? Gue beresin deadline majalah dulu…”  Naning mengerjapkan mata, girang. “Sumpeh, loo??”  Vina ngangguk, sambil ngacungin jari telunjuk dan jari manisnya. 
            Yess! Setidaknya, lo udah mengiyakan, udah cukup buat gue…” Naning spontan noyor bahu Vina, trus nyamber tasnya yang tadi dia letakkan gitu aja di bangku, samping tempat dia duduk.
            “Gue duluan, yaaaa!”
            Vina hanya bisa senyum, sambil geleng kepala.
*****
            Sore ini, kalo ada yang berbeda dari Vina ya, dandanannya. Nggak biasanya tuh cewek pake hitam-hitam. Mini skirt, asesoris, sampai make up tipis yang dia kenakan, gothic abis.   Jujur, dia sendiri ngerasa gerah. Nggak pede, ngeliat undangan yang datang, dandannya spektakuler semua. Gothic tapi glamour, cool, keren.  Naning, kemana lagi? Tuh anak, katanya mau ngambil minuman, malah nggak balik-balik.
            Trick or threattt!! “ Buukkk!!!
            “Wattaaaaaaa….Sakitttt!!!”  Jantung Vina mau copot. Dia melongo, ngeliat orang di depannya, ngusap jidatnya yang kena pukul tas Vina, sambil ngebuka topengnya. Cowok jangkung, bermata coklat kebiruan dengan alis tebal  dan dagu belah itu, sejenak bikin Vina tergagap. Speechless.
            “Sooo…sorriiiiii!! Maaf, sakit ya?? Abis, ngagetin! “
            Cowok itu menggeleng, sambil meringis. Kayaknya masih sakit tuh jidat. Abis, Vina mukulnya dengan sekuat tenaga. Siapa suruh, ngagetin? Topengnya serem pula! Vina yang lagi duduk sendiri di pojokan, tempatnya agak remang gitu ya takutlahhh!
            It’s okey! Gue juga salah… too excited, sampai bikin kamu stress…” Cowok itu mengangsurkan tangannya.  “Vina..” kata cewek ini, sambil menjabat tangan tuh cowok. Cowok ini tersenyum lebar. “Maksud gue, kita ke sana yuk? Temenin gue cari snack, sambil ngobrol. Nggak baik, mojok gelap-gelap… Hiiiiihh, ntar kesambet beneran!”
            Deggg! Vina menggeleng. Baru kenal, sksd banget sehh! Mau nakut-nakutin, pula. Vina  clingak clinguk. Hadeeeeh, Naningggg! Di mana sih, kamu? “Nungguin Naning, ya? Dia lagi di depan tuh… “ Vina mengeryitkan dahi. Kok tau?
            “Ms Vampire,  gigi taringnya udah dicabut ya?” Doenggg! Buukkk! Lagi-lagi cowok itu mringis, kena gebuk Vina yang kaget bin stress. “Siapa kamu!! Ngeledek!! Mau ngerjain gue lagi?? Inget yaaa, gue bukan Vina yang dulu bisa diinjek-injek seenaknya…”
            Cewek ini langsung berdiri, sebelumnya sempet nginjek kaki tuh cowok. Doengg! Cowok itu mau ngejar, jadi melompat-lompat, meringis kesakitan. “Vinnnn! Tungguuuu!”
            Mata Vina udah basah. Terlalu! Luka lamanya jadi kebuka lagi! Dia langsung keluar dari café, nggak peduli lagi, Naning ada di mana. Sreettt! Sebuah tangan kokoh, menarik lengannya, tiba-tiba. Vina berusaha berontak, tapi cekalannya makin kuat. “Vin, tungguuu! Gue jelasin.. Soriii…”
            Cowok itu lagi?!
            Vina nggak butuh menunggu lama. Naning yang muncul, tergopoh-gopoh di belakangnya,  cengar cengir, ngeliatin tuh cowok. “Denn, lo sih… pake shock therapy gitu.. Vin, lupa ya?” Vina menggeleng, nggak ngerti. Cowok ganteng di depannya itu, menatapnya dalam-dalam. Mata itu, kayaknya dia pernah inget… di mana, ya?
            “Denny… Inget???” tanyanya, sambil nyodorin tissue, buat menghapus air matanya.
            OMG! Denny? Cowok nerd yang dulu selalu ngebelain dia waktu SD? Vina nggak bisa berkata apa-apa, waktu Denny narik dia menghindar dari Naning. “Tau nggak, Vin! Gue cariin lo, ke mana-mana!  Kamu banyak berubah, lebih cantikkk! Gue  hampir nggak ngenalin, waktu ngebaca data lo di Facebook. But bagi gue, lo tetap ms Vampire. Kita kan mirip-mirip pasangan Kirsten Steward dan Edward Cullen di Eclipse?” Buuuukk!!  Kali ini, Denny kena gebuk Vina lagi. Tapi tuh cowok malah ngakak, sambil ngacak rambut Vina dengan tatapan yang sulit diartikan.  (sudah dimuat di Tabloid Keren Beken No. 22/2012)

Tidak ada komentar: